10 Things I Did in London – Bisa Ngapain Aja di London?

Sebelum mulai cerita tentang ngapain aja di London, gue harus cerita dulu tentang visa. Bayangin deh, visa ke Inggris baru gue dapat di tangan kurang lebih 12 jam sebelum keberangkatan.

Gila! Deg-degan banget.

Tiket udah dibeli dari lama karena kebetulan dapet promo SQ yang ok banget, dan gue udah tulis di aplikasi visa kapan akan berangkat. Tiga minggu waktu yang gue kasih. Gue pikir cukup tapi ternyata nyaris kurang untuk pengurusan. Fiuh. Untung visa keluar ‘tepat waktu’ (setelah doa puasa dan memohon ama Tuhan). HA!

Anyway, setelah menempuh belasan jam diatas pesawat, akhirnya sampai juga kita di London. Terimakasih Tuhan. I am beyond grateful. SO, what to do here?

Bisa ngapain aja di London?

1.      Nonton Bola Liga Inggris, LIVE

Sudah di Inggris, kalau suka bola, maka WAJIB hukumnya nonton bola live. Kebetulan klub bola favorit adalah Tottenham Hotspur, yang stadionnya ada di kota London, nggak perlu travel jauh-jauh lagi ke daerah lain. Pas ada jadwal mainnya di waktu yang kita bisa dan pas pula main di kandang yaitu White Hart Lane. Aw, jodoh memang.

Baca cerita seru gue nonton bola Inggris Live KLIK disini.

 

2.     Museum Time

Museum yang ada di London tuh gokil sih. Saking banyaknya sampe pusing rasanya atur waktu untuk bisa ngunjungin satu-satu.

Museumnya ada yang gratis, tapi banyak juga yang bayar dengan harga variatif. Gratis bukan berarti jelek loh. Justru yang gratis adalah museum-museum utama di London yang luar biasa besar dan keren! Biasanya didalam Museum mereka akan minta donasi se-iklas-nya kalau mau ngasih.

Detail tentang museum yang gue kunjungin, kalian bisa baca disini tulisan gue “21 Pilihan Tempat Wisata Gratisan di London

 

 

3.      Nonton West End Musikal

Salah satu aktifitas wajib turis di London ialah nonton teater musikal. Kalau di New York namanya BROADWAY, sedangkan tempat teater komersial papan atas di Inggris namanya West End

Di samping kanan kiri tangga jalan di kereta bawah tanah London, sudah sengaja di iklan-in semua judul Musikal yang paling hip di London. Tinggal pilih mau yang mana. Banyak banget gue sampe harus gigit jari karena ya nggak bisa ditonton semua…

Di suatu kamis malam, kedinginan dan sendirian, gue berangkat ke Apollo Victoria Theatre London untuk nonton musikal pilihan gue yaitu WICKED. Kenapa Wicked? Karena ini musikal udah terkenal sebagai pemegang rekor musikal paling laku sejak penampilan perdana di London di bulan September 2006. Gue pun familiar sama banyak lagu di dalamnya. (Fyi, album original kumpulan lagu-lagu di Wicked adalah pemenang Grammy Awards, ‘Best Musical Show Album’).

Mustinya kalau niat gue bisa pesan tiket online atau beli duluan di booth tiket yang tersebar di seluruh kota. Tapi kemaren gue go show langsung dateng ke tempat penjualan tiket satu jam sebelum mulai.

And guess what, pas gue sampe, tiket yang dijual di loket untuk malam itu sisa SATU di harga yang gue mau! Seolah-olah disiapin khusus untuk diriku. Yup, I am a blessed girl indeed! Gue pun segera masuk sebelum acara mulai biar bisa santai dan ngangetin badan didalam.

Hampir 2,5 jam show berlangsung, cuma bisa bergumam “bagus banget ya ampuunnn”. Sebagai seorang penyanyi, gue terhibur lahir batin. Suaranya, teknik vokalnya, aktingnya, kocaknya, properti-nya. Ahhhhhhh pengen tepok tangan terooss!

Gila nih orang-orang…sangat all out performance-nya. 100%. Latihannya gimana ya? Keren abis.

 

4.      Ke Lokasi Pembuatan Harry Potter

Gue emang udah niat masukin agenda dari dulu-dulu untuk ngeliat langsung lokasi pembuatan Harry Potter di Warnes Bros Inggris. Keren banget deh!! Gue beli paket dan berangkat sendiri kesana.

Gimana rasanya travel sendirian kesana dan gimana detail cerita lengkapnya? Langsung baca KLIK disini.

 

5.      Menikmati Taman

Biar nggak bingung mau ngapain aja di London, langsung aja melipir ke salah satu taman yang ada. Gue suka taman, karena warna favorit ialah hijau. Dan jangan ditanya taman-taman di London kayak gimana bagusnya. Menghabiskan waktu di taman adalah salah satu kegiatan yang nggak pernah basi di London. Pilihan tamannya banyaaakkkkkk banget; Luas-luas dan keren-keren semua, apalagi pas musim semi. Dari Tulip sampe Sakura semua ada disini.

Ada 8 taman utama di London yang super cantik, dikenal dengan sebutan Royal Parks.

ngapain aja di London

ngapain aja di London

ngapain aja di London

Karena London langitnya selalu abu-abu dan jarang ada matahari, jadi begitu ada sinar matahari dikit plus langit biru, orang-orang langsung janjian kumpul di taman untuk duduk-duduk manja. Hehehe.

Main gitar, lari, yoga, baca buku, bengong, tidur, berjemur atau main sama angsa dan berbagai jenis bebek di kolam taman dengan bebas. London Parks are my idea of heaven’s yard on earth. I Love it!

ngapain aja di London

aku dan suami di salah satu taman di London

 

ngapain aja di London

ngapain aja di London
aku, mejeng 😀

 

sore di salah satu taman di London

 

Suatu kali, gue juga sempet ketemu beberapa ekor tupai dan gue sempetin berbagi makanan sama meraka, yaitu buah strawberry yang emang lagi gue bawa di tas.

Asli gemes banget mereka ampe naik-naik ke kaki. 

ngapain aja di London

 

6.      Churches in London

Ada 4 Gereja yang gue datengin di London, dengan kepentingan beda-beda. 

Pertama, Westminster Abbey.

Why ? Karena ini adalah Gereja tempat pernikahan paling terkenal di dunia di bulan April 2011 yaitu pernikahan Pangeran William & Kate Middleton.

ngapain aja di London

ngapain aja di London

Kedua, Westminster Cathedral.

Why ? Karena gue bisa naik ke bagian lonceng atas Gereja dan ngeliat kota London dari ketinggian. Gratis pula. Naik dan turunnya disini musti dianter satu-satu oleh Pastor yang bertugas tapi. Waktu itu Pastor yang nganter gue baik banget orangnya. Sabar dan niat ngebuka beberapa pintu yang digembok supaya gue bisa ngeliat pemandangan maksimal.

ngapain aja di London

ngapain aja di London

Ketiga, St Paul’s Cathedral.

Why ? Karena ini adalah salah satu Gereja terbesar di dunia, tempat nikahan Pangeran Charles & Lady Di. Ini juga lokasi pembuatan banyak film ngetop. Gue sendiri ikut misa suatu sore karena penasaran pengen ngedenger nyanyian paduan suara anak / boys choir yang sangat terkenal disini.

Bagus banget loh, bikin merinding sepanjang misa ngedengerin mereka nyanyi.

ngapain aja di London

ngapain aja di London

Oya, Gereja ini bisa dilihat towernya dari gedung sebelahnya. Asli keren banget foto-foto digedung seberang dengan pemandangan dome dari St. Paul.

ngapain aja di London
me and St Paul Cathedral’s Dome – view dari gedung seberang

 

Keempat, Hillsong London.

Why ? Karena gue dan suami memang niat untuk ibadah hari Minggu disini. Hillsong London berlokasi di Dominion Theater di London, persis di sebrang Underground Tottenham Court Road.

And as we know it, praise and worhip in Hillsong is always amazing.

Waktu kita dateng, kita kebagian duduk agak di atas dan musti naik tangga yang cukup banyak. Sementara, kita kesini waktu suami baru aja kelar lari 42 km di London Marathon. Jadi sepanjang naik tangga suami ngeluarin suara “aw… aw…” karena kakinya masih pegel abis. Kacian.

ngapain aja di London

Bubaran Hillsong London

 

7.       London Marathon

Nah, mumpung gue mention ‘London Marathon’ barusan, sekalian gue masukin di list Nomor 7 ya.

Hanya ada satu kata untuk London Marathon: AWESOME!

Gue disini pastinya bukan ikut lari tapi ikut support suami yang pertama kalinya dapet kesempatan untuk lari di London Marathon. Kayak gimana persiapan suami untuk bisa lari London Marathon? Dan gimana suasana marathon yang menurut gue adalah marathon yang terseru di dunia ini?  (baca/klik disini to read the story of London Marathon).

London
me and suami, si London Marathon finisher, dengan Personal Best Time juga!

     

8. Ngedatengin Beberapa Lokasi Wajib

Ada beberapa lokasi wajib yang harus disamperin di London sebagai tanda sah ‘Olive was in London’. Hehehe

Beberapa diantaranya ialah BIG BEN, Tower Bridge, Tower of London, Buckingham Palace dan London Eye. Semua berlokasi di tengah kota dan masuk zona 1 dan zona 2 London, dan bisa dibilang saling berdekatan satu sama lain. Mungkin banget didatengin dengan naik kereta bawah tanah, naik bus, atau bahkan jalan kaki sambil menyusuri Sungai Thames yang ikonik. Selain itu ada beberapa “benda” juga yang wajib diajak foto bareng untuk tanda sah lainnya kayak double decker bus, booth telepon merah khas London dll.

Ya ampun London, cakep amat siiikkk.

ngapain aja di London

ngapain aja di London

 

9.      Layar Tancep Shakespeare

Sangat beruntung karena waktu gue kesana pas Inggris lagi merayakan 400 tahun kematian Shakespeare. Jadi, di 18 lokasi berbeda, serentak ditayangin 37 film Shakespeare berdurasi 10 menit per film, nonstop, dari siang sampai malam selama 2 hari di akhir minggu. Cukup bawa diri, pilih spot paling oke, dan duduk manis nonton film gratisan.

Sore-sore pas langit lagi biru, gue bawa strawberry dan yogurt sebagai cemilan, pergi ke sebuah taman persis di depan London Eye, tiduran manis pake kacamata item di atas rumput dan menikmati layar tancep versi London.

It doesn’t get better than this.

ngapain aja di London

ngapain aja di London

ngapain aja di London

Kelar dari situ, langsung jalan menyusuri Thames yang kebetulan lagi rame banget sama pertunjukan musik, komidi putar, sulap, dan segala jenis atraksi lain. Sore yang sempurna.

ngapain aja di London

ngapain aja di London

ngapain aja di London

 

10. Abbey Road

Yang suka The Beatles, ya harus mampir kesini. 

Hati gue agak retak dikit tapinya, karena begitu sampai di Abbey Road, zebra cross ikonik tempat mereka nyebrang lagi dibenerin jalannya!!!!! jadi ngga bisa foto disitu.

Whatttt???? Are uu serious???

Suami gue ketawa kenceng banget karena karena dia tau gue kesitu sengaja mau foto nyebrang ala Beatles. “Ah kasiannnn kamu”, katanya. Gagal misi nya. Nggak bisa pose the Beatles nyebrang.

But you know, menurut gue ini tanda. Tanda bahwa harus balik ke London lagi – dan pas balik nanti musti balik disini untuk foto, moga-moga jalannya udah selesai dibenerin. Hehehe.

ngapain aja di London

ngapain aja di London

ngapain aja di London

Oya, untuk belanja barang-barang The Beatles, bisa juga ke toko khususnya di Baker Street, persis sebelahan sama Museum Sherlock Holmes.

Ekstra ngapain aja di London :

#KULINERAN!!! (Baca cerita kuliner London – klik disini)

ngapain aja di London

Untuk cerita banyak hal seru lain yang gue lakuin di London, silahkan di follow blog-nya ya… gratis dan nggak akan spam kok. 

follow me with your email!

write your email here.

Yang udah selesai baca, please tinggalin komentar kalian dibawah ya guys… thank you !

London. How could one ever be tired of it? –

olivelatuputty.com/blog @shiningliv

(8) Comments

  1. Wow!! Tulisannya keren, tertata, dan spesifik bangeeet. I am learning a lot from you kak! Moga2 suatu saat kesampaian bisa ke London bareng keluarga.
    Mampir ya ke websiteku: http://www.chindycerita.com

    1. hi Chindy thank u for the compliment! amin pasti bisa ke London juga:) sure thing akan mampir ke blogmu ya! Thank u

  2. indra says:

    Mbak ol, andai aku bisa rajin nulis spertindirimu! Bawaannya males terus soalnya Mbak ol

    1. hei Ndra.. thanks for reading… ayo semangat Ndra hehehe. kalo ditunda biasanya aku bisa lupa ceritanya, jadi mending langsung di tulis hehehe

  3. Lianasari says:

    Mba Olive tulisannya membuat makin rajin nabung nih Mba untuk keliling Eropa salah satunya pasti ke London juga Mba. Doakan ya Mba

    1. Hi Liana thank u udah mampir blogku.. yes semangat nabung supaya bisa puas travel nanti ya pas udah back to normal semuanya:)

  4. Kim dan tjuk says:

    Wow, i like london

    1. hi KIM, thanks for reading. YES, i like London too… a lot!

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please click "CONFIRM FOLLOW" in your email

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You