Urus Visa Jepang Dadakan – Last Minute!

Hi guys! Gue baru banget nih balik dari Jepang. Karena baru sekali ke Jepang, tiap kali temen-temen pada nanya: “Gimana Jepang Liv?” – biasanya gue jawab panjang banget, nggak bisa berenti cerita. Hehe. Seru soalnya. Banyak juga yang nanya gue urus visa Jepang-nya susah atau gampang. Wah pas banget karena gue mau share sedikit pengalaman urus visa Jepang dadakan a-la gue kemaren.

Btw guys,dibawah ini video singkat gue selama di Jepang kemaren.

Let’s watch: (click here)

Balik ke soal Visa, menurut gue dari sekian banyak visa yang pernah gue buat, visa Jepang adalah yang paling mudah. Asal semua syarat ada, aman deh visa untuk 15 hari jalan-jalan ke Jepang ada di tangan.

Pertama gue lurusin dulu ya soal berita bebas visa ke Jepang di tahun 2015 ini. Memang ada bebas visa untuk orang Indonesia tapi khusus untuk yang punya passport elektronik/ E-Passport. Mereka ini tinggal harus datang ke Kedutaan Jepang untuk mendaftarkan E-Passport nya (gratis dan cuma butuh 2 hari kerja – besoknya kelar). Kalau passportnya yang biasa, ya harus apply visa dulu.

urus visa jepang dadakan
beda E-Passport dan Passport biasa – image taken fr Google

 

Kemaren, keputusan untuk beneran terbang ke Jepang adalah keputusan yang cukup last minute buat gue dan suami. Tadinya mau liburan ke tempat lain, eh tapi akhirnya jadinya ke Jepang. Jadi, gue urus visa Jepang nya juga dadakan, persis satu minggu sebelum berangkat!

Sebelum urus visa Jepang, gue cari tau semua info yang harus gue tau dan gue beresin semua persyaratan yang dibutuhin:

  1. Jangan lupa bahwa proses untuk urus visa Jepang ini harus sesuai dengan wilayah yurisdiksi pembuat visa. Selain Kedubes di Jakarta, Jepang ada 4 kantor Konsulat Jenderal yaitu di Surabaya, Medan, Bali dan Makassar. Nah gue, adalah pemilik KTP Bandung, artinya gue harus buat visa di Kedubes Jepang yang di Jakarta. Kalau KTP Malang (kayak suami gue) – berarti urusnya di Konjen Surabaya. Kurang lebih begitu.
  2. Buka website Kedutaan Jepang. Klik aja http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html Semua info sudah lengkap di kasih tau disini, termasuk formulir pengajuan visa. Jenis visa yang gue pilih ialah Visa Kunjungan Sementara untuk Kunjungan Wisata dengan Biaya Sendiri , karena nggak ada teman/keluarga di Jepang yang mengundang gue untuk datang dan nggak ada teman/keluarga di Jepang yang membiayai perjalanan gue.
  3. Gue susun rapih dokumen yang gue butuhin (peletakkan dokumen harus URUT ya dari awal sampai akhir). Kemaren yang gue lampirkan adalah:

-Passport yang masih berlaku (jangan lupa minimal 6 bulan sebelum masa kadaluarsa ya!)

-Formulir pengajuan visa yang gue sebut diatas (klik disini), harus di print dan di isi dengan jelas.

-Siapin 1 buah pass foto 4,5 X 4,5 cm, yang latarnya putih polos, diambil 6 bulan terakhir, bukan hasil editan, wajah – terutama telinga – harus keliatan jelas.

-Fotocopy KTP.

-Surat keterangan kerja dari kantor gue (Kalau masih mahasiswa, fotocopy Kartu Mahasiswa).

-Print-an tiket PP Jakarta – Jepang

-Print-an booking hotel selama di Jepang

-Print jadwal Perjalanan [download disini (DOC)] dan diisi dengan jadwal kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang. (Gue kemaren nggak detail banget, cukup tulis nama kota, hotel, dan berapa hari)

-Fotocopy Kartu Keluarga dan Surat Nikah

-Fotocopy buku tabungan – gue kemaren print yang 2 bulan terakhir. Saldo akhir tabungan nggak usah besar nggak apa-apa, yang penting memenuhi kebutuhan hidup selama berada di Jepang, yang minimal 1 juta/hari.

urus visa jepang dadakan
ini tampilan dokumen Visa Application dan Jadwal Perjalanan

 

Dengan bekal yang diatas, gue berangkat ke Kedutaan Jepang di samping Plaza EX Jakarta di Kamis siang. Sampe sana, ternyata lagi ada demo di depan kedutaan; jadi kata polisi-polisi yang lagi jaga disitu, gue nggak boleh masuk! Untung aja gue ngeyel dan maksa mau masuk, karena ternyata si polisi tadi cuma gosip doang.

Walau ada demo, yang urus visa tetap bisa masuk. Walhasil gue masuk kedalam ruangan pembuatan visa jam 12 kurang 5 menit. PAS banget soalnya waktu pengurusan visa dijatah jam 08:30 – 12:00 siang. Gue ambil nomor antrian, ngantri kurang lebih 30 menit, dan jadi ORANG TERAKHIR di ruangan itu yang masukin dokumen visa. Krik.. krik….

Petugasnya cuma nanya satu hal aja: “Sama siapa ke Jepang?”, dan habis itu dia periksa dokumen gue semua dan bilang, “Visa diambil hari Selasa siang ya, jangan lupa bawa uang Rp.330 ribu nanti pas pengambilan”. Udah deh, selesai. Hari Selasa nya, 3 hari sebelum berangkat, gue ambil visa yang udah jadi. Aman semua!  Gampang dan cepat banget prosesnya. Lega banget walau urus visa Jepang dadakan, masih bisa dapet.

urus visa jepang

visaurus visa jepang dadakan

So good luck buat yang mau apply visa ya. Menurut gue sih mereka harus punya alasan yang sangat kuat untuk menolak visa wisata. Kalau alasan kuat nggak ada, pasti di approve. Dan setelah itu, silahkan persiapkan diri baik-baik to enjoy Japan ya, like I did!

OYAAA satu lagi, banyak banget yang minta nih oleh-oleh dari Jepang. Lo juga kan?

Nah, buat kalian yang baca tulisan gue ini, gue mau bagi oleh-oleh nih. Gue ada giveaway, 3 oleh-oleh dari Jepang untuk 3 orang! (giveaway berlaku sampai akhir Oktober dan untuk yang beruntung bakal gue kasih tau dan kirim oleh-olehnya tanggal 1 November ). Cara dapetinnya :

1. Follow blog gue. Caranya gampang, tinggal masukin email loe dibawah ini

follow sekarang yah!

it's super easy and it's free

2. Habis follow, tunggu email konfirmasi di email loe dan klik “confirm follow” di email itu.

2. Tinggalin comment di tulisan ini

3. Wait and see, hope you’re the lucky one!

Kalau mau tinggalin komentar-nya di tulisan “Urus visa Jepang Dadakan” gue ini, silahkan langsung SCROLL ke bawah ya guys 🙂 Thank u everyone! :)

visa
ini segambreng oleh-oleh yang gue bawa dari Jepang. Want some?

 

GIVEAWAY CLOSED
winners: Kumi, Nuniek, Matius

jepang
FISH BOWL names // winners: KUMI, NUNIEK, MATIUS. Congrats Guys! Hope you enjoy the simple giveaways I send you and keep reading!

 

The experience of being in a new place is the best souvenir. Once given, never forgotten.

Olivelatuputty.com/blog – @shiningliv

(41) Comments

  1. Hi Olive, kapan nge bahas recommended hotel di Jepang?

    1. halo… sudah ada di rencana mau nulis itu cuma belom sempat.. but i will sometime soon! thank u!

  2. nuniek says:

    Mba Olive blognya informatif banget, saya sukaa
    Mba ada share button ke facebook kah? Baru lihat share button to twitter

    1. thank u so much mba Nuniek:) ada kok share button biasanya dibagian bawah artikel, persis sebelum kolom ‘comment’, setelah ‘related posts” …one more time thank u for reading and sharing:)

    2. Dear Mba Nuniek, congrats ya, dapet simple oleh-oleh dari Jepang http://www.olivelatuputty.com/blog/urus-visa-jepang-2015-last-minute-2/ harap kirim ALAMAT RUMAH / ALAMAT pengiriman ke sini ya: http://www.olivelatuputty.com/blog/contact/ supaya bisa segera dikirim barangnya! thank you!:)

  3. Fitri rahmadani says:

    Kaaaa maunya ceritain Lagi pas ketemuuu. Ini yg ada Makin curious :’D. Mau kitkat greentea ka!

    1. hehehe penasaran ya..banyak yang seru memang! ayo ketemu kapann…semoga dapet kitkat nya ya..mau di undi dari yang komentar semua soalnya..

  4. matius says:

    kak olive kapan nyanyi di tiberias sarbini? i love your voice

    1. hai Matius thank u for following:) ahh iya nih udah lama banget nggak nyanyi di Sarbini karena memang sudah pindah, sekarang berjemaat di tempat lain…thank u again Matius:) blessings!

    2. Dear Matius, congrats ya, dapet simple oleh-oleh dari Jepang http://www.olivelatuputty.com/blog/urus-visa-jepang-2015-last-minute-2/ harap kirim ALAMAT RUMAH / ALAMAT pengiriman ke sini ya: http://www.olivelatuputty.com/blog/contact/ supaya bisa segera dikirim barangnya! thank you!:)

  5. Kirain buat visa harus jauh2 hari sblm keberangkatan, ternyata last minute juga bisa…semoga tabungan cepat terkumpul jd bisa pegi ke Jepang thn depan. Makasih infonya kak olive

    1. @Ika makasih udah follow, udah baca and comment juga:) semoga jadi ke Jepang ya taun depan and smoga bisa dpt oleh2nya:)

  6. Iya tuh liv, tambahin detil ceritanya yg seru2 doong..

    1. @Bayu thanks for subscribing n reading Bay… iyah pasti nanti ada cerita Jepang menyusul, bingung mo mulai dari mana hehehe

  7. Wah, infonya lengkap banget, Kak! Kebetulan, kalo jadi tahun depan aku pingin ke Jepang bareng pacar. 😀
    Kayaknya asyik banget ya, apalagi pas bagian makan-makan dan pake yukatanyaaa~ The food looks oishii and you look kawaii~ You seemed to have such a great fun during your Japan trip, and I wish I would too! ^^

    1. @ Sefin thank u for reading and subscribing and the compliments as well! I did have so much fun hehehehe oya nanti bakal masih post info Jepang, semoga bisa kepake infonya when u go there with ur boyfriend next year ya… dont forget to share me your stories later too!

      1. You’re welcome, Kak!
        Wah, asyik! Ditunggu info-info lainnya, ya, Kak! Semoga tripku tahun depan dengan pacar jadi dan pastinya nanti akan aku tulis di blog ^^ hihi..

        1. @Sefin amin tripnya jadi:)

  8. nena says:

    Blog kaka asik banget.. Udh baca sebagian yg di Bangkok n sekarang yg cerita ke jepang.. Waaa so inspiring ka..blog ini cocok buat aku.. Ditunggu next story ya ka.. Sapa tau aku jg bisa dpt oleh2 Dr kaka xixi

    1. aah thanks for reading Nena… i appreciate it!:)glad it inspires u to travel more! and yes, semoga dapat oleh2nya ya hehehe

  9. Elisabeth Latuputty says:

    Ceritanya kurang banyak……..!!! Ada sambungannya ya sis ?? Di tunggu

    1. hehe sambungannya banyak banngett non… thanks for waiting hehehe

  10. melissa says:

    thankyou kak olive postingannya , ngebantu bgt soalnya selama ini aku kalo urus2 visa selalu pake calo karna kurang info , postingan ini ngebantu bgt

    1. thank u for the positive feedback dear Melissa:) yes urus sendiri lebih murah dan gampang.. try it next time!:)

  11. Hallo, Kak Olive.. do you still remember me? Aku irene, bocah kalam kudus kopo permai…. Aku sekarang partner kerja Kak Nona lho…. Apa kabarnyo? Oleh2nya tiket ke Jepang kah? I want it…. Hahahaha……

    1. Hi Irene apa kabarrrr? iya nona bilang ke akuuu hehehe makasih udah subscribe and comment yaa.. amiinnnn moga2 bisa ngasih oleh2 tiket pesawat one day to the readers! 😀

  12. Selalu senang baca blog nya Olive! Sangat informatif dan bikin pede kalau kita semua bisa jalan2 ke luar negeri dengan mengurus visa dan kelengkapan lainnya secara mandiri 😀
    Setelah baca blog ini gw dan suami makin memantapkan diri tujuan wisata kami berikutnya adalah Jepang!

    1. ahhh thank u so much She… glad you guys are inspired to travel to Japan! 😀

  13. baru tahu kalo bikin visa ke jepang semudah itu. kalau udah tau kaya gini, jadi motifasi buat nabung dan liburan ke jepang. awalnya males buat liburan ke jepang yang katanya susuah bikin visa. tapi setelah baca blog ka olive whatt???!!! semudah itu kah membuat visa ke jepang. hahaha. dan gw langsung banting setir bikin agenda untuk liburan ke jepang yang tadinya mau ke thailand. hahha. tahnks sistaa… :*

    1. hehehehhe iya kumiii gampang banget… ayo nabung supaya bisa ke Jepang kitaa…:*

    2. Dear Kumi, congrats ya, dapet simple oleh-oleh dari Jepang http://www.olivelatuputty.com/blog/urus-visa-jepang-2015-last-minute-2/ harap kirim ALAMAT RUMAH / ALAMAT pengiriman ke sini ya: http://www.olivelatuputty.com/blog/contact/ supaya bisa segera dikirim barangnya! thank you!:)

  14. reinold says:

    Thanks bgt infonya Ms. Olive… ternyata bikin visa ke Jepang ga sulit spt yg dibayangkan.

    1. you’re welcome and thank you for reading and leaving your comment Mr.Wattimena:)

  15. gara gara dengerin & baca blog ka olive, gw sampe punya agenda baru untuk nabung supaya bisa ke jepang taun depann hehhe ✌❤

    1. ahh thats awesome! mari menabung supaya kita bisa ke sana bareng:)

  16. Ari ariani says:

    Thanks infonya… Udah subscribe dan komen. Thank u!

    1. thank u so much Ariani:)

  17. Marina Stevan says:

    Aku mau coklatnya please kaka..

    salam sayang dan kecup basah,
    Fans sejatimu.

    1. aw aw aw wet kisses!!!! :* :* :* putting your name in the fishbowl now :* :*

  18. icha pasaribu says:

    makasi infonya olive, mau oleh oleh nya ya makasih

    1. you’re welcome:) makasih udah subscribe and comment … hope you get it ya icha 🙂

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You