Yuk Makan Ramen Terenak di Tokyo

100 Restoran lebih yang direkomendasikan sebagai Ramen Terenak di Tokyo. Wahh, bagaimana ini? Dua minggu disini pun nggak cukup buat nyobain satu-satu yakan. Dari 100 gue mencoba mengerucutkan jadi 10, dan dari situ gue pilih random aja deh ya, tergantung mana yang sejalan ama planning gue selama ada di Tokyo. Tanpa ekspektasi apapun, berangkatlah gue mencoba 7 tempat dengan predikat “Ramen Terenak di Tokyo” di hari yang berbeda-beda.

Mana yang paling enak? Di tulisan gue kali ini akan gue rating dari no 7 (enak sih, tapi ada yang lebih enak) ke nomor 1 yang MINDBLOWING GOOD dan menurut gue pribadi bisa jadi memang ramen terenak di Tokyo. Baca semua ya. jangan langsung di skip ke nomor 1 .

7. RAMEN NAGI

Ramen yang satu ini adalah “niboshi ramen” paling popular di Tokyo. Yang dimaksud dengan niboshi ialah kuah yang terbuat dari ikan sarden kering. Jadi rasanya lebih kuat dan medok kalo kata orang Jawa. Saking ngetopnya, mereka buka cabang banyak bangetttt termasuk beberapa di Asia Tenggara. Setau gue ada di Singapore dan Filipina dan Jakarta! Ramen kuah hitam (tinta cumi) dan hijau mereka juga sangat ngetop dan bisa jadi pilihan ramen yang nggak biasa.

Gue jalan kurang lebih 10 menit dari Stasiun Shibuya untuk menuju ke salah satu cabangnya di Tokyo, dalam keadaan lapar dan kedinginan. Jadi mustinya si ramen ini akan menjadi berkali-kali lipat enaknya secara logika. Ya nggak? 

Tempat ramen ini lumayan gede kalo pake standar warung ramen Jepang yang rata-rata imut banget. Di dinding banyak tanda tangan artis-artis di Jepang yang pernah makan disini. Khas resto yang terkenal lah pokoknya. Gue dan suami memilih ramen yang kita mau (bisa custom maunya kek gimana), dan hadirlah dia di atas meja. Sruput pertama, enak banget dong pastinya! Tapi menurut gue masih dalam batas ramen enak yang memang bisa ditemui di manapun selain di Jepang. Mangkanya dia bertengger di posisis nomor 7.

Kayak gini bentukannya Guys:

 

this is me, waiting for my ramen:)

 

6. KYUSHU JANGARA RAMEN

Lokasi ramen ini ada di Harajuku, cuma 1 menit jalan kaki setelah nyebrang dari Stasiun Harajuku (Omotesando Exit). Mereka terkenal karena ada pilihan vegan yang katanya enak banget. Cuma kan gue doyan makan daging, jadi gue mesen yang standar aja. Kuah mereka karena memang terbuat dari sumsum tulang belakang babi (nggak halal pastinya), jadi bener-bener rich and creamy.

Restonya lumayan ukurannya, tapi tempat duduk yang gue pilih yaitu yang menghadap jalan, dempetan banget bentuknya, bisa kena siku tetangga kalo nggak hati-hati pas lagi nyuap ramen. Gue masukin Kyushu Jangara di nomor 6 karena enak, gue abisin semua ramen dan topping-toppingnya, (i even did a little delicious dance during meal), tapi ya masih kategori belum luar biasa.

Eh tapi gue kudu mention bahwa yang gue suka dari ramen disini ini ialah RASA BAWANG PUTIH di kuah-nya yang cukup kuat. I love anything garlicky !

 

 

5. IPPUDO RAMEN

Tau Ippudo dong?? Ini chain ramen resto yang emang ada di seluruh dunia. Nah kali ini gue nyobain di lokasi originalnya di Roppongi Tokyo. Restonya besar, muat banyak orang, tapi tetep aja nggak kebagian tempat duduk sehingga harus nunggu 15 menitan. Masalahnya, mereka nggak ijinin kita nunggu didalam. Kudu bediri di luar!! Sementara di luar lagi dingin parah disertain hujan rintik-rintik. This ramen better be GOOD!!!

Setelah akhirnya kita bisa duduk didalam, gue langsung pesen semangkok ramen pedes! Kaget banget pas dateng porsi GEDE bener… asli lebih gede dari rata-rata mangkok ramen di lokasi lain. Gue juga mesen ekstra sayuran didalam ramen gue karena lagi pengen makan sayur. The taste was not disapointing. It was really good dan mengenyangkan! Di nomor 5 cocok nih kayaknya Ippudo.

 

Baru ngeh gue nggak banyak ambil foto di sini.. selfie juga nggak ada sama sekali…mungkin karena udah kelaperan dan keujanan… hehehe. Untung ada satu foto mangkok ramen ini!

 


4. TOKYO TONKOTSU BASE (Shinagawa Station)

Salah satu tempat ramen yang tonkotsu soup-nya paling otentik di Tokyo. UMAMI banget rasanya. Antrian disini cukup panjang dan isinya orang lokal semua. Nggak ada turis sama sekali.

Nah kan seperti biasa resto ramen di Jepang, kita pesan makanan disini nggak pake menu di meja atau kasir tapi pake vending machine. Masalahnya, biasanya kan selalu ada pilihan Bahasa Inggris otomatis kan di pojokan, tapi ini tuh kek nggak ada. Gue ama suami yang emang dua-duanya nggak bisa Bahasa Jepang, super bingung dan lama nyari pilihan menu dalam Bahasa Inggris. Nggak nemu-nemu sodara-sodara! Mana udah antri.. orang-orang udah melotot kearah kita karena pada laper kan ya…Gue ama suami karena merasa terpojok akibat kelamaan nongkrong di depan mesin, jadinya ngasal aja mencet menu wkwkwkwkkw!!!! Moga-moga bener pencetan kita.

Untung pas keluar pesenan kita yang dateng normal dan ENAK!! Bener-bener enak loh, gue sampe sangat menikmati setiap suapan. Dan yang paling nagih ialah rice bowl-nya yang kita pesen belakangan pas liat meja sebelah ada yang makan itu. ENAK BANGET BANGET BANGET!!

 

INI nasinya JUARA UMUM.. ENAK banget…

 

 

3. ICHIRAN

Yes, pasti banyak yang penasaran nama yang satu ini muncul di nomor berapa. Ini ramen chain paling terkenal di Tokyo di kalangan turis, termasuk turis Indonesia. Gue hampir yakin hampir semua orang Indo ke Tokyo pasti mampir kesini. Banyak banget juga yang yakin kalo Ichiran adalah ramen terenak di Tokyo. Gue pas sebelum kesini ikut penasaran banget kek apa rasanya sampe di masuk bucket list kuliner semua orang.

Pastinya tempat ini antri (gue datang ke cabang Shibuya), dan gue pun ikut berdiri kurang lebih 35 menit sebelum dapat giliran pesan di vending machine mereka. Begitu masuk kedalam untuk diantar ke tempat duduk kita, gue langsung suka, soalnya duduknya sendiri-sendiri gitu. Cocok buat yang datang sendirian dan cocok juga untuk para introvert. Di depan masing-masing kursi ada tirai yang terhubung dengan dapur dan akan terbuka kalau makanan kita sudah siap disajikan. Mas/mbak yang ngasih ramen nya aja mukanya nggak keliatan loh.. cuma tangannya doang yang muncul. Di masing-masing meja juga ada keran air minum pribadi. Very private, I like it.

 

ramen paling enak di tokyo
Antri…antri…

 

ramen paling enak di tokyo

ramen terenak di tokyo

ramen terenak di tokyo

 

What do I think of Ichiran?

Pas untuk masuk ke deretan nomor 3. Gue jujur nggak nyangka rasanya bakal se-enak ini. Gue sempet mikir yang touristy begini rata-rata suka mengecewakan rasanya. Tapi kok yang ini enak ya? Sesuai reputasi, bener-bener sedep!

Tekstur mie-nya gue suka, kuah tonkotsu-nya gue suka, flavour-nya gue suka. Pokoknya semua PAS banget. KLASIK DAN ENAK. Usia mereka yang sudah masuk mengolah ramen selama lebih dari 50 tahun memang tidak mengecewakan.

 

ramen terenak di tokyo

ramen terenak di tokyo

 

2. AFURI RAMEN

Tadinya ini nomor 1 buat gue, sebelum gue coba ramen yang jadi nomor 1 di tulisan ini. NGGAK BIASA dan menurut gue bener-bener Jepang banget, sulit di temuin di belahan dunia lain. Mereka punya ramen yang terkenal yaitu ramen with yuzu citrus, dan inilah yang gue coba.

Dibuka tahun 2003, Afuri tuh kayak dateng dengan konsep rasa berbeda dari yang orang-orang suka di Tokyo. Mereka keukeuh dengan konsep yuzu walau jelas-jelas orang Jepang maupun turis sukanya tuh ramen klasik. Tapi terbukti, rasa yang beda ini mulai mendapat penggemar tersendiri seiring waktu, termasuk AKU!!! Hehehehe Gue suka banget eksplorasi rasa yang mereka tawarkan dan menurut gue ini unik banget dan nggak akan pernah bisa gue dapetin rasanya di Indonesia, which makes it really really special. I will be back here for sure next time in Japan!

 

ramen terenak di tokyo

ramen terenak di tokyo

ramen terenak di tokyo

ramen terenak di tokyo
We both love Afuri, walau kita mesen dua jenis ramen yang berbeda:) both are super good!

 

JENG JENG JENG…. siap-siap untuk ramen terenak di Jepang versi gue ?

It’s : 1.GINZA KAGARI

Ini ramen yang menurut gue terlalu enak untuk bisa di deskripsikan. Begitu sruput pertama gue sampe terpana. BAHKAN ini satu-satunya ramen yang gue abisin sampe titik kuah terakhir. Bener-bener nyaris gue jilat mangkoknya (soalnya sendoknya gendut jadi ada sisa dikit nanggung banget). IT’S HEAVENLY GOOD. Saking enaknya mereka pernah masuk ke Tokyo Michelin Guide beberapa tahun berturut-turut.

 

ramen terenak di tokyo

 

Ini adalah ramen yang membuat gue sadar bahwa gue lagi ada Jepang dan yang model begini hanya akan pernah gue makan di Jepang. Jadi kudu diresapi banget.

I call it “Perfection in a bowl” atau kesempurnaan dalam sebuah mangkok. Selama makan gue cuma bisa bilang “wow” berkali-kali dan rasanya beneran teringat-ingat sampe detik ini. The good news is, yang gue makan ialah ramen dengan kuah kaldu ayam (white chicken broth), bukan kuah babi, jadi bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia yang jalan-jalan ke Tokyo, tanpa pilih-pilih.

 

ramen terenak di tokyo

ramen terenak di tokyo

ramen terenak di tokyo

ramen terenak di tokyo

ramen terenak di tokyo

 

Gue ngerasa kalo si ramen ini pasti dimasak lamaaa banget deh sampe bisa nikmat begini. Gue juga mikir ini pasti sebuah resep yang sudah begitu disempurnakan bertahun-tahun lamanya, sehingga ketika gue masuk dan makan disini di tahun 2023, ramen ini sudah menjadi sebuah mahakarya. Seolah-olah tuh ya, ini makanan yang disiapin untuk kerajaan dan kita rakyat biasa, tiba-tiba di ijinin untuk menikmatinya juga. I can keep on giving compliments to this bowl of ramen!!!! Keknya lebay kan ya… tapi buat gue beneran loh, it’s THAT GOOD. 10/10 for me.

Kalau nanti kalian kesini, jangan datang ke yang cabang asli di Ginza ya, soalnya antri parah disana. Mending datang ke cabang di Roppongi yang nggak terlalu antri tapi rasanya sama aja enaknya. There, I just shared you a useful tip to enjoy Ginza Kagari ramen, my most favorite rame, ever.

I have to note, kalo urutan ramen di atas bener-bener berdasar pengalaman dan opini pribadi ya. Kalian mungkin punya versi best ramen sendiri di resto lain yang pernah kalian coba di Tokyo. Soalnya beda menu yang dipesan juga bisa membuat opini kita berubah tentang sebuah resto. Buktinya ialah suami gue! Dia punya urutan ramen terenak-nya sendiri, padahal kita ngunjungin resto yang sama. Bisa begitu ya karena kita berdua memang hampir selalu memesan jenis ramen yang berbeda tiap kali makan di satu resto.

Ada yang bisa tebak ramen nomor 1 versi suami gue yang manaaa????

Anyway Guys, dari nomor 1-7 ramen terenak di Tokyo yang gue tulis diatas, mana yang paling pengen kalian cobain kalo ke Tokyo nanti? Let me know di kolom komen di bawah ya! 

Makasih udah baca ya teman-teman. Buat yang pertama kali main ke blog ini dan mau subscribe blog gue, boleh banget loh. Post baru tentang travel gue akan langsung masuk ke email kalian.

Follow me with your email!

write your email here.

 

Eat, sleep, RAMEN, repeat.

olivelatuputty.com/blog @shiningliv

(3) Comments

  1. Wahhhhhh, wajib dicoba ini kalau ke Tokyo lagi …

    1. Thank u for reading! Yes, must visit in Tokyo!

  2. Wira wira says:

    Ramen yg ke 1 bikin makin penasaran baket list ke Jepang Kakk

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You