Masak Kalkun, Ngerayain Thanksgiving di Amerika..Let’s Eat!

Happy Thanksgiving! Sebelum mulai, gue mau bilang kalo ini adalah tulisan / post gue yang ke 200 di blog travel ini! Weks, mayan banyak juga ya! Hahahaha… Anyways gengs, hari ini gue mau cerita tentang pengalaman gue ngerayain Thanksgiving di Amerika Serikat, negara asalnya.

The story begins with kunjungan gue ke rumah baru kakak gue di Eugene Oregon AS, persis beberapa bulan sebelum pandemi Covid. Dulu waktu mereka masih tinggal dirumah lama dan ponakan masih pada kecil, gue sempet datang beberapa kali. Sekarang bertahun-tahun kemudian gue baru bisa kesini lagi. Dalam jeda waktu tersebut kita biasanya ketemuan di Bali pas mereka liburan ke Indo. Di kunjungan gue kali ini, ponakan udah gede-gede.

Ponakan kalo umur abege tuh udah mulai susah diajak ngobrol, apalagi di unyel-unyel. Mereka udah males-malesan.. bahkan cenderung ogah. HIKS. Gapapa deh, yang penting kita bisa ketemuan. Btw ini pertama kali juga loh gue bawa suami untuk main ke Eugene Oregon sejak kita nikah.

Karena ada kehadiran kita, kakak gue langsung punya ide:

“Mumpung sekarang lagi Bulan November, gimana kalau kita bikin early Thanksgiving dinner? Soalnya kalau misalnya nunggu thanksgiving beneran, kalian udah keburu cabut pulang ke Indo”, Kata si Kakak antusias.

Kita pun setuju. AH, so excited bisa thanksgiving bareng keluarga.

ngerayain Thanksgiving di Amerika
Me and my Big Sister, Irene

 

ngerayain Thanksgiving di Amerika
Brother in Law, Matt, and me

 

Thanksgiving atau “Hari Ucapan Syukur” merupakan hari libur di Amerika yang dirayakan di bulan November, tepatnya di hari kamis ke-empat di bulan itu. Thanksgiving merupakan tradisi perayaan ucapan syukur di akhir musim panen sejak tahun 1863, yang disahkan oleh Presiden Abraham Lincoln. Hari libur yang satu ini identik dengan makan malam keluarga dengan hidangan utama: kalkun.

Kenapa kalkun? Ya unggas besar ini dianggap paling pas aja untuk menjadi menu yang disantap seluruh keluarga. Sejak awal, kalkun sudah menjadi simbol Thanksgiving, dan berlanjut hingga sekarang.

Sehari sebelum our early thanksgiving, kita pergi belanja di supermaket langganan mereka. Bahan dasar yang kita cari ya pastinya si kalkun atau TURKEY, yang pastinya wajib ada saat perayaan thanksgiving. Tanpa turkey ya no thanksgiving basically !! 

Nyari kalkun yang agak kecil ternyata susah banget ya ampun. Mereka jual turkey-nya semua yang super gede! Bukan cuma susah ngabisinnya kalo kegedean… turkey super besar tuh masaknya butuh waktu yang lama banget. Mangkanya kita nyari yang masuk akal aja ukurannya. Akhirnya setelah ngubek-ngubek freezer, kita nemu satu ekor paling kecil dengan berat sekitar 10-12 pounds atau kurang lebih 5 kg.

Selain turkey, kita juga beli buah cranberries untuk nanti dibikin jadi saos, beberapa jenis sayuran untuk side dish, bahan untuk stuffing atau isian kalkun, dan labu atau pumpkin yang akan diolah menjadi pie. Ini adalah beberapa menu wajib yang memang kudu ada di meja saat Thanksgiving.

Gue sukaaa banget momen belanja di sini karena ngeliat sayur-sayurannya kok seger-seger dan gede-gede bener. Beda ama kalo ke supermarket di Indo. Saking cakep-nya sayuran yang ada, gue mendadak pengen jadi vegetarian rasanya hahahahaha

ngerayain Thanksgiving di Amerika

ngerayain Thanksgiving di Amerika

ngerayain Thanksgiving di Amerika

Kakak gue yang nomor 2 ini jago masak btw. Dia sempet punya usaha pesanan kue home made di Amerika, tapi berhenti sejak mereka sekeluarga memutuskan untuk mengadopsi dan memelihara seekor anjing bernama Oreo.

Kalau mau punya usaha kuliner rumahan di AS, dilarang punya binatang peliharaan. Nggak kayak kita di Indo yang bebas seenaknya, di Amerika harus ada ijin khusus kalau mau bikin usaha makanan di rumah.

Beberapa kali akan ada inspeksi khusus yang datang ke rumah, ngeliat apakah tempat tinggal tersebut layak untuk dipakai memasak. Begitu tau di dalam rumah itu ada anjing, langsung nggak akan lolos dapetin ijin usaha. Gitu deh kira-kira.

ngerayain Thanksgiving di Amerika
Ini penampakan Oreo the Dog and me

 

Husband and Oreo the Dog

 

Ngajak jalan Oreo the Dog bareng salah satu Ponakanku, Joseph

 

Kembali ke cerita thanksgiving ya.

Si kalkun yang kita beli tuh dalam keadaan frozen. Jadi semalaman mereka sengaja merendam si kalkun yang masih kebungkus di dalam air supaya gak beku lagi. Kemudian habis itu baru deh bisa diolah.

Kalkun yang sudah bersuhu ruangan kemudian dikasih bumbu yang banyak dan di’jejel’in stuffing, lalu dipanggang di oven sekitar 4 jam lebih. Musti dicek juga temperaturnya supaya pasti dalam keadaan mateng di luar dan didalam. 

ngerayain Thanksgiving di Amerika
Kalkun direndem air

 

ngerayain Thanksgiving di Amerika
Kalkun dalam proses pengolahan

 

Kakak gue hari ini kebagian ngurusin kalkun dan dessert, sementara suaminya yang jago masak juga, dapet jatah untuk bikin stuffing, masak sayuran dan cranberry sauce.

Dapur baunya haruuummmm banget ya ampun…..

ngerayain Thanksgiving di Amerika
Cranhberry Sauce in the making.. YUMMY

 

ngerayain Thanksgiving di Amerika
Turkey almost ready.. lagi di cek temperatur dan tingkat kematangannya // Cerita ngerayain thanksgiving di Amerika

 

Gue dan suami gak kebagian tugas masak apa-apa. Kita dapet bagian makan doang karena kita kan tamu. Ya iyalah. Hehehe. Mau nawarin cuci piring juga nggak bisa karena mereka pake dishwasher elektronik. Terima nasib aja. Duduk-duduk nonton TV sambil main ama Oreo menunggu makanan siap.

Selain menu standar thanksgiving, kakak gue juga masakin sop buntut spesial pake pressure cooker yang dagingnya meleleh di mulut untuk menu alternatif, siapa tau kita kangen makanan Indonesia. AH, SEDAP!

Saatnya makan bersama!

ngerayain Thanksgiving di Amerika

Kami pastinya berdoa dulu mensyukuri berkat Tuhan di Early Thansgiving kali ini.

Setelah itu, kakak ipar gue yang jago ‘carving the turkey’ alias motong turkey, mulai beraksi. Nggak sembarangan loh, ada seninya tersendiri katanya. Dimulain dari bagian dada lalu pelan-pelan sayatan berpindah ke paha. Paha tuh bagian yang paling juicy, dibanding bagian dada yang dagingnya lean banget. Gue of course ambil paha-nya. Begitu masuk mulut, aaaaa ENAK BANGET TURKEY-nya asli gak boong. Ada tekniknya kata kakak gue sehingga bisa seenak gitu. Bertaun-taun mereka coba berbagai cara sampe nemu resep yang paling ok! Lucky me bisa nyobain!

Pie yang kakak gue buat juga UENAK NAK NAK… disajikan sama es krim dan buah raspberry segar. Kalap gue makannya saking enaknya. Gendut gendut dah biarin… kapan lagi cobak makan menu kek gini di negara asalnya yekaann.

ngerayain Thanksgiving di Amerika
Pas bagian paha gak perlu iris pake piso.. langsung tarriiiikkkk manggg, taro di piring gue heheheh // Cerita ngeranyain thanksgiving di Amerika

 

ngerayain Thanksgiving di Amerika
Super delicious pumpkin pie // cerita ngerayain thanksgiving di America

 

Ah, gue sangat bersyukur bisa ngerasain Thanksgiving Dinner bareng keluarga tahun ini. Semenjak gue dan suami nikah, sebenarnya kita juga selalu merayakan thanksgiving berdua di Jakarta. Kita biasanya pergi dinner di resto favorit kita di Kemang Jakarta, atau makan all you can eat di salah satu hotel di Senayan yang menyajikan menu thanksgiving.

TAPI se-enak-enaknya makanan thanksgiving yang pernah kita coba di Jakarta, baru kali ini kita berdua bisa ngerasin home cooked thanksgiving meals dan dimakan sama keluarga, di Amerika pula. Banyak berkat yang harus di syukuri dalam hidup kita memang.

Count your blessing” tuh wajib banget dilakukan setiap hari dimanapun kapanpun, apalagi saat momen spesial kayak gini. Setiap suap diiringin dengan ucapan syukur dalam hati. God is good.

Oya sebelum kelar tulisan ini, gue numpang pajang foto-foto gue mejeng di komplek depan rumah kakak gue ya Gengs… mumpung lagi bagus banget warna pohon-pohonnya di musim gugur. Gak ada di Jakarta soalnya:

ngerayain Thanksgiving di Amerika

ngerayain Thanksgiving di Amerika

 

Thank you to my Sister Irene, my Bro in law Matt and my Nephews Zach and Joe, also Oreo the smart dog for having me and my husband in their lovely home, and even cooked us such beautiful thanksgiving meals. Makasih buat pengalamannya bisa ngerayain Thanksgiving di Amerika bareng kalian. Me and my husband are grateful beyond measure! Love you, fam!

& one more time, Happy Thanksgiving! 

 

It’s not what’s on the table that matters, but the people around the table

olivelatuputty.com/blog @shiningliv

(6) Comments

  1. So so so good to have the turkey there… YUM

    1. Indeed Babe, hehehe

  2. Angela says:

    happy thanksgiving juga kk olive!!”

    1. sama2, happy thanksgiving Angel!

  3. Irene Koenig says:

    We miss you guys, come and visit us again next year.

    1. HUGS!!! hope next year bisa kesana ya:)

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You