Cerita Manggung Bareng Parkdrive di Jazz Gunung Ijen Banyuwangi

jazzbanyuwangi

“Begitu giliran kita naik, hujan mulai turun! Penonton ada satu dua yang pake payung, sebagian mulai memakai jas hujan, dan sebagian lagi ya basah aja gitu kena ujan… Kasian penontonnya….Gue sempet mikir wah bisa bubar nih mereka semua!!! Gini toh rasanya manggung bareng Parkdrive di Jazz Gunung Ijen….”

 


 

Guys, gue baru sadar kalo gue nyaris nggak pernah nulis cerita tentang kerjaan gue sebagai penyanyi, salah satunya pas manggung ke luar kota, di blog gue ini. Padahal banyak banget pengalaman manggung di luar Jakarta tapi kok selalu ngerasa kalo itu adalah kerjaan, bukan murni traveling

Tapi setelah gue pikir-pikir, boleh lah ya sekali kali gue tulis tentang aktivitas manggung. Smoga kalian mau baca yaaa… mau ya…hehehe Apalagi gue nulis ini kala pandemi Covid. Udah lama nggak manggung….. Kangennya minta ampun. 

jazzbanyuwangi

Kali ini gue akan nulis cerita manggung bareng band gue, Parkdrive namanya, di sebuah kota di Jawa Timur, Banyuwangi. Kita waktu itu masuk dalam daftar pengisi acara JAZZ GUNUNG IJEN 2019.

Untuk perkenalan, band gue tuh genre-nya pop jazz gitu dan di tahun 2019 tuh kita rilis album baru berjudul “Make It Last”, setelah vakum lebih dari 10 tahun. (Hampir) semua lagu di album ini kita bikin bareng-bareng, musik maupun liriknya. Seneng banget liat karya kita akhirnya bisa di nikmatin orang lain.

jazzbanyuwangi

Lanjut cerita ya.

Jujur udah lama pengen tau rasanya manggung di Jazz Gunung Ijen, ya karena gue belom pernah ke Ijen. Gue penasaran Gunung Ijen tuh kek apa bentuknya. Mangkanya begitu kesempatan ini datang, excited-nya minta ampun.

Ada 4 hal di kepala gue. Pertama, musti nyiapin baju kayak apa untuk manggung, soalnya dingin kan. Kedua, musti kulineran dimana, soalnya Banyuwangi katanya banyak makanan enak kan. Ketiga, haruskah sekalian mendaki Gunung Ijen? soalnya nanggung kan udah disana. Dan keempat, extend tinggal nggak ya? kan biar bisa sekalian jalan-jalan.

 

DAY 1.

Hari berangkat pun tiba. Baju udah ada, yang penting anget tapi jangan ketebelan juga karena gue gampang keringetan di panggung. Kuliner daftarnya udah siap di henpon hasil kepoin blog dan vlog orang-orang yang udah sering ke Banyuwangi. Bakal mendaki-kah?, YES, kemungkinan besar jadi mendaki abis manggung bareng temen-temen band, dan gue putuskan untuk nggak jadi extend tinggal di Banyuwangi karena satu dan lain hal.

Ok, Let’s go !

Kita mendarat di Banyuwangi pagi banget sekitar jam 7. Nyawa belom kumpul woy jam segini!

Gue sangat kurang tidur, dan temen-temen bahkan ada yang belom tidur dari kemarennya. Set dah. Gue pake masker menyembunyikan muka bengep gue.

I am NOT a morning person, jadi paling bete dapet flight pagi. Eh tapi ya, walau bukan pertama kali terbang ke Banyuwangi, gue selalu kagum sama betapa oke nya Bandara Banyuwangi. Keren loh. Konsepnya terbuka gitu dengan aliran udara dari mana-mana, dan ada kolam besar di depan Bandara dengan ikan-ikan berenang kesana kemari. Bagus deh. Nggak gede, tapi bersih dan rapih.

Untuk menaikkan mood kita, panitia penjemputan langsung bawa kita makan enak!

Pertama, ke RM PECEL AYU. Ini restoran nyediain salah satu makanan andalan di Banyuwangi yaitu Pecel Rawon. Pecel gue doyan, rawon apalagi. Kalo digabungin? Ah, I am happy woman. ENDES!!  Rumah Makan nya udah buka dari tahun 1988 dan selalu rame pengunjung. Pagi ini, rombongan kita yang ikut ngeramein.

jazzbanyuwangi

jazzbanyuwangi

Habis makan enak, mood jadi ok, eh dikasih kabar buruk, yaitu kita belom boleh cek in ke hotel kita karena masih pagi dan nggak ada early check in. Kebayang dong, udah mana pada masih ngantuk, musti nunggu lama di mobil sambil mati gaya. Smua langsung manyun lagi. Hehehe Untung ada solusi yang didapatkan, yaitu kita disewain kamar seadanya, supaya bisa merem satu dua jam sebelum check in ke hotel aslinya. Lega.

Dari habis rebahan bentar di kamar sewa dadakan, kita dibawa makan lagi sebelum check in. Gue padalah masih cukup kenyang loh, tapi nggak mau keilangan momen kuliner apapun. Kali ini kita di giring kesatu tempat yang katanya oke di Banyuwangi bernama CAFE OSING NDELES.

Ekspetasi gue nggak tinggi sih karena biasanya tempat kayak cafe-cafe gitu makanannya kurang bener. Eh tapi begitu pesenan gue nyampe di meja, gue cukup terkejoed, karena ternyata enak!

DAN SAMBEL NYA.. JUARA UMUM PEDESNYA! Sadis. Enak deh, highly recommended.

jazzbanyuwangi

Perut kenyang, lalu kita pun berhasil check in ke hotel kita. AKHIRNYA. Soalnya salah satu musisi kita lagi nggak enak badan jadi dia butuh banget nih bisa istirahat yang tenang tanpa keganggu.

Oiya, gara-gara temen gue itu sakit, semua heboh bantuin ngasih obat dan minyak oles untuk bantuin dia. Dan pertama kalilah disini gue ngeliat saktinya Minyak Ku*** – **tus. Si temen gue itu dikasih minyak ini biar cepet sembuh dan dia beneran dia instan ngerasa baikan loh, bahkan bisa ikut manggung dengan baik kek udah sehat aja gitu… Canggih ya kan? Gegara kemakan iklan tersebut, pulang dari Banyuwangi, gue langsung nyetok si minyak itu di rumah dan rutin pake ampe sekarang.

Oh, another thing. Di lobi hotel tempat kita nginep, gue menemukan satu spanduk bertuliskan “Majestic Banyuwangi”. Spanduk ini berisi daftar festival apa aja yang digelar di Banyuwangi sepanjang tahun.

Dan gue kaget banget…. ini kota beneran punya puluhan festival, dari yang masuk akal sampe yang menurut gue agak ajaib, sepanjang tahun. Bayangin guys, dari “Festival Jazz” sampe ke “Festival Toilet” dan “Festival Anak Soleh” ada smua!

Hebat bener Bupati Banyuwangi yah, bisa kreatif menjadikan kotanya kota wisata yang selalu ada kegiatan yang bisa dinikmatin wisatawan maupun warga lokal. Salut gue! Semoga pas pandemi berlalu dan hidup kembali normal, semua festival ini bakal bisa digelar lagi oleh pemerintah.

jazzbanyuwangi

Sore itu, abis tidur-tiduran bentar, gue dan beberapa teman lanjut menikmati Banyuwangi dengan nongkrong di hotel paling HITS tahun ini di Banyuwangi, bernama Hotel Dialoog. Ini hotel wajib tinggal sih kalo lain kali ke Banyuwangi lagi. Cakep hotelnya. Pulau Bali di sebrang lautan keliatan jelas dari hotel ini. Kita ngopi-ngopi disitu selama beberapa jam sambil dihibur live music band lokal.

Menyenangkan deh.

jazzbanyuwangi
Suasana malam di Dialoog.. sooo soothing…

 

Dari situ kita dijemput untuk lanjut dibawa MAKAN LAGI. 

Ini band mau manggung apa mau kulineran doang sik?

Hehehe maap ya emang kita lapar mulu kalo lagi di luar kota.

Tempat ketiga yang kita datengin ini adalah GONG dari semua makanan enak yang kita coba hari ini. Tempatnya bernama SEGO TEMPONG MBOK WAH. Enak banget tiada tara. Gue menemukan PARU GORENG terenak dalam sejarah per-paru goreng-an. Ini gue mewakili para pecinta paru ya. Top banget pokoknya. A MUST VISIT in Banyuwangi. Catet deh!

jazzbanyuwangi
ini penampakan paru goreng-nya ya guys.

 

Kelar makan malam kita langsung lanjut manggung-kah? Enggak. Kita lanjut bobo di hotel karena manggungnya baru besokannya. Hehehe

Gue juga nggak inget kenapa kita harus berangkat sehari sebelum kita manggung. But it’s okay, I enjoyed our culinary journey today.

 

DAY 2.

Hari ini manggung! Hore! 

Pagi-pagi kita udah berangkat ke lokasi untuk check sound. Panggungnya keren, lokasinya pun keren yaitu di Jiwa Jawa Resort. Gue awalnya pikir kita bakal manggung di atas gunung beneran. Ternyata enggak.

Resort ini tuh ditengah sawah yang asri dan berlokasi di kaki gunung, kira-kira 40 menitan naik mobil dari pusat kota Banyuwangi dan sekitar 20 menitan menuju lokasi awal pendakian gunung.

Here are some photos from our check sound:

jazzbanyuwangi

jazzbanyuwangi
sawah sekitar resort.. cakep ya

 

jazzbanyuwangi

jazzbanyuwangi
ini kena filter kaki gue jadi putih banget ya wkwkw

 

jazzbanyuwangi
Me and Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

 

Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

jazzbanyuwangi
PARKDRIVE aslinya ya cuma kita ber4 (ki-ka : Mikuni, Juno, Rayendra, Olive)

 

jazzbanyuwangi

jazzbanyuwangi
FULL TEAM yang berangkat ke Banyuwangi – Parkdrive, Additional Musicians, Crew, Photographer, Sound Engineer and Manager

 

Sekitar jam 6 sore kita udah siap untuk naik panggung, kursi-kursi penonton sudah penuh, dan guess what, langit mendung sodara-sodara.

Btw penonton yang hadir tuh banyak yang niat loh….karena mereka sebagian besar bukan orang Banyuwangi. Ada yang dari Surabaya, Bali bahkan Jakarta. Pada effort kemari untuk bisa menikmati jazz gunung. Sebagai penampil, gue juga merasa harus ngasih yang terbaik untuk mereka.

Diantara para penonton, hadir juga Pak Bupati Banyuwangi bersama istrinya. Malam ini kita akan manggung persis sesudah Yura Yunita, dan sebelum Tompi. Setelah itu ada Djaduk Ferianto yang akan menutup malam ini nge-bawain lagu-lagunya Didi Kempot. Pecah sih pasti. 

Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

jazzbanyuwangi

Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

jazzbanyuwangi

Begitu giliran kita naik, hujan mulai turun….. o oww….

Gue sih nggak kena air karena panggung kita ketutup atap. Tapiii penonton kan nggak ada atapnya. Ada satu dua yang pake payung. Sebagian mulai memakai jas hujan yang kayaknya sudah mereka siapkan, dan sebagian lagi ya basah aja gitu kena ujan. Kasian penontonnya….

Udara nggak sedingin yang gue kira memang. Tapi kan tetep aja kita di kaki gunung dan kalo kena air kan makin dingin yakan.

Gue sempet mikir wah bisa bubar nih mereka semua. Tapi kenyataanya, mungkin karena nggak bisa kemana-mana juga merekanya, mereka stay di tempat masing-masing. Pasrah diguyur hujan, sambil menikmati musik.

Dan Parkdrive pun terus beraksi (ciye bahasa gue.. beraksi wkwkwkw)

Malam itu gue menikmati ada di panggung. Walau penonton banyak yang belum kenal dengan kita, keujanan pula, gue appreciate mereka terlihat sangat menghargai musik kita. They sang along and moved with our rhythm. Ah, gini toh rasanya manggung di Jazz Gunung Ijen….SERU!!

Thank u banget panitia Jazz Gunung Ijen yang udah ngundang kita. Semoga kita lain kali dapet kesempatan untuk manggung di Jazz Gunung lagi.

Parkdrive di Jazz Gunung Ijen
Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

 

jazzbanyuwangi

Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

jazzbanyuwangi

Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

jazzbanyuwangi

Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

Selesai manggung, kita semua pulang ke hotel. Tapi kali ini bukan untuk tidur kayak semalam, tapi untuk ganti baju dan bersiap untuk mendaki Gunung Ijen. Yak, jam 12 malam kita rencananya akan dijemput mobil untuk naik gunung!! BENERAN NIH? Iyes, beneran.

Gimana rasanya mendaki gunung subuh-subuh tanpa tidur sehabis manggung bareng di Parkdrive di Jazz Gunung Ijen? Ceritanya menyusul ya… kalo gue tulis sekarang nanti pasti kepanjangan. Kalian jangan lupa follow blog gue ini, supaya nggak ketinggalan dan ceritanya langsung masuk ke email kalian:

FOLLOW SEKARANG yuk!

write your email and you will get ALOT of traveling info! It's super easy and it's FREE

Talk to you soon guys! Makasih yang udah baca cerita gue sebagai anak band kali ini.

Jangan lupa tinggalin komentar di bawah ya. Thank you!

Parkdrive di Jazz Gunung Ijen
Parkdrive di Jazz Gunung Ijen

 

There’s nothing else that makes you feel more ALIVE than performing for a LIVE audience

– Olivelatuputty.com/blog @shiningliv

(4) Comments

  1. Fitri says:

    keren kk sepanggung sama idolaku teh yura

    1. iya beruntung banget bisa se panggung… she’s awesome! thanks for reading Fitri:)

  2. Langsung pengen ke banyuwangi .. wow

    1. yesss…many good places and good food!

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You