Makan Enak di Manado, Dalam 24 Jam!

Kalau kamu berkunjung ke Manado dan hanya punya waktu 24 jam di Manado, mau kulineran dimana hayo? Gue bantu ya, sama list tempat makan pagi siang sore malem yang recommended banget pastinya. Semua tempat ini udah gue cobain sendiri semua. Kebetulan sekitar 3 bulan lalu gue baru aja dari Manado, dan lumayan ngabisin waktu beberapa hari disana. Hope lidah kalian cocok ama rekomendasi makan enak di Manado dalam 24 jam versi gue ini ya Guys.

Here’s we go:

Makan Pagi. Nasi Kuning Saroja

Makan pagi di Manado pilihannya ada banyak! Tapi yang paling wajib ialah makan Nasi Kuning! Percayalah, nasi kuning di Manado ialah nasi kuning jenis paling enak di Indonesia (menurut gue ya hehehe).

Salah satu tempat makan nasi kuning yang rame pengunjung di Manado ialah Nasi Kuning Saroja. Tempatnya kecil tapi selalu rame apalagi di pagi hari. Waktu gue kesini, gue juga harus bersaing dapetin kursi, padahal lagi masa pandemi.

Yang jaga, si Tante-nya, galak banget!! Hahaha Tapi nasi kuningnya emang enak. Kalau kalian take away atau pesan pakai aplikasi, nasi kuningnya akan datang terbungkus dalam daun lontar. Tradisional banget. A must try in Manado!

Me and my Nasi Kuning in the morning… baru ngeh kalo kuku gue warnanya janjian sama nasi hahaha

 

Sambal untuk nasi kuning di Seroja. MANTAP

 

 

Nyemil Menjelang Siang. Es Tjie Mei

Untuk kalian yang doyan nyemil menjelang siang, gue saranin datanglah ke Resto Es Tjie Mei yang sudah berdiri dari tahun 1957. Disini tersedia beberapa menu makanan/minuman yang KHAS MANADO BANGET, yaitu GOHU, Es Kacang Merah Durian dan Pisang Goreng Sambal Bakasang.

Trust me, it does not get more Manadonese than this ! HAHAHA. Nyokap gue orang Manado Guys, so I know quite a lot. Gue juga dulu pernah menghabiskan beberapa tahun masa kecil tinggal di Manado. Cemilan yang selalu gue kangenin ya tiga hal itu tadi, dan semua ada disini.

Buat kalian yang nggak pernah tau sebelumnya, ini adalah GOHU

 

makan enak di manado

Gohunya enak, Es Kacang Merahnya udah pasti juara, dan Pisang Goreng Sambal Bakasangnya, membawa gue ke memori masa lalu. Hampir nangis gue makannya, asli! Sambal Bakasang adalah sejenis sambal terasi tapi terbuat dari fermentasi perut ikan.

Baunya lebih kejam dari terasi, tapi rasanya luar biasa nikmat.

Entah kapan terakhir gue makan Sambal Bakasang. Jadi waktu nemu di Es Tjie Mei, I was so so so happy, I cannot even explain how I felt.

TAPI anyway, buat kalian yang bukan orang Manado, ada kemungkinan besar kalian nggak akan suka rasa dari Gohu dan Bakasang. Gue kasih peringatan aja dari sekarang ya hehehe. Suami gue contohnya, nyobain sesendok aja udah kapok terus langsung kumur-kumur pake teh panas wkwkwkwkw.

makan enak di manado
MY SAMBAL BAKASANG.. lafff banget sama sambal yang satu ini!

 

Makan Siang. Tuna House

Makan siang di Manado menurut gue, HARUS BANGET DINIKMATI DI PINGGIR PANTAI. Sambil menikmati deburan ombak, lalu kita makan seafood. AH, tiada duanya sudah! Ada satu resto yang terkenal di Manado, namanya Tuna House. Mereka ada beberapa cabang, salah satunya ada persis di pinggir pantai, di kawasan Mega Mas Manado.

Waktu gue dan suami datang kesini, kita duduk di kursi yang persis menghadap ke laut dan gue memesan satu porsi Dada Tuna yang dibakar tipis, yang datang dengan nasi putih, sayur kangkung khas Manado dan sambal. OMG, ini enak sekali!

Gue juga memesan Tuna dimasak bumbu RW* dan TUNA SASHIMI segar yang disajikan dengan singkong rebus. (Di Manado banyak kuliner yang dinikmati sama singkong). Oh oh oh… dimakan dengan ucapan syukur sambil memandang lautan. Terimakasih Tuhan! Gue pilihin resto yang satu untuk kalian di tulisan ini, bukan cuma karena lokasi dan rasa, tapi juga harganya yang terjangkau.

*Apa itu RW? Buat kalian yang nggak tau bumbu RW itu apa, RW adalah bumbu khas Manado, singkatan dari ‘Rintek Wuuk’ (Bahasa Manado yang artinya ‘bulu halus’). RW mengacu pada daging yang penuh bumbu seperti kunyit, cabe dan jahe, dan lain-lain yang dihaluskan. Biasanya bumbu RW dipakai khusus untuk mengolah daging anj***. Tapi sekarang sudah sering dipakai untuk berbagai olahan daging lain seperti ayam, ikan, babi dan kelinci. Gue sendiri nyaris nggak pernah makan RW karena identik dengan daging anj*** itu tadi Guys, karena gue pastinya nggak mengkonsumsi anj***. Rasa bumbu ini ternyata enak banget nih dipake untuk ikan tuna.

Dada tuna… ENAK BANGET!

 

makan enak di manado
ini Tuna BUMBU RW.. so yum!

 

makan enak di manado
This is Tuna SASHIMI

 

makan enak di manado

 

Ngopi Sore. Rumah Kopi K8

Ini adalah salah satu tempat nongkrong untuk ngopi sore yang hits di Manado, penuh dengan orang lokal. Letaknya juga di tengah kota, dan selalu banyak pengunjung. Parkir aja susah dapetnya loh disini. Gue, suami, dan kakak, ngabisin banyak waktu ngobrol sambil mimum teh, kopi makan jagung rebus, pisang Goroho* goreng, kacang goreng, onde-onde, dan lainnya. Nggak kelar-kelar mesen. Berbagai jenis cemilan Manado berupa kue-kue kecil, mie, roti dan sebagainya nya pun lengkap ada semua. Nggak heran, orang-orang pada kesini semua.

*Pisang Goroho adalah jenis pisang yang mungkin hanya bisa ditemukan di Pulau Sulawesi dan sangat ngetop di Sulawesi Utara. Tampilannya beda dengan pisang pada umumnya, dengan bentuk batang yang lebih kecil. Kalau lagi ke Manado, puas-puasin deh makan Pisang Goroho ini karena susah dapetnya di tempat lain.

Penampakan K8, rumah yang disulap jadi tempat nongkrong

 

makan enak di manado
Jagung/milu dikasih rica/sambal… ah sedap!

 

Pisang Goroho goreng tipis

 

Me, my Husband, and my eldest Brother at K8

 

Alternatif Ngopi Sore. Second Chance with Kopi Seru.

Ini tempat hits untuk buat kamu yang carinya nongkrong sambil ngopi dengan bonus PEMANDANGAN pantai ya Guys. Mulai beroperasi akhir tahun 2020, tempat kopi yang satu ini bukan tempat kopi biasa. Ada beberapa hal istimewa yang lo musti tau.

Pertama, tempat ini adalah bagian dari sentra industri kecil menengah (IKM) yang digagas pemerintah. Artinya warga yang punya usaha UMKM bisa nitip jualan mereka disini. Pastinya dipilih yang berkualitas ya, nggak sembarangan. 

Kedua, karyawan yang bekerja disini semua adalah ex-con atau mantan narapidana Guys. Nyambung ama nama tempat kopinya, mereka ngasih kesempatan kedua untuk para mantan napi untuk bekerja. Soalnya menurut data penelitian, mantan napi tuh 80% biasanya balik lagi ke penjara simply because banyak dari mereka nggak bisa dapat kerjaan karena ditolak masyarakat.

Di Second Chance, mereka dilatih untuk jadi barista-barista yang berkualitas secara skill dan mental, supaya ketika “lulus” dari sini, mereka bisa mendapat pekerjaan di tempat-tempat lain di Manado atau bahkan di kota-kota lain. Bisa ada yang begini di Manado karena Second Chance ini dibuka oleh sebuah organisasi yang fokus pada pengembangan muda lewat sepakbola, INSPIRE namanya.

Inspire mengembangkan salah satu program yang dinamakan Second Chance Academy, dan program ini fokus pada perubahan kehidupan para penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas). Mangkanya kepikiranlah mereka untuk buka cafe yang bisa mempekerjakan para mantan napi di Manado. Keren yah. Inspire sendiri bisa kalian cek profil-nya di SINI (KLIK).

Ketiga, kopinya enak! Inspire membuka Second Chance tuh kerjasama dengan Kopi Seru! (pusatnya di Bandung) yang udah terkenal dengan kopinya yang enak bangetttttt. Bisa kalian buktiin sendiri nanti kalo kesini yahh.

Keempat, ya pastinya pemandangannya. Nongkrong disini kece banget pokoknya. Banyak spot buat foto-foto. Mangkanya sekarang di Manado banyak komunitas yang sering bikin acara disini, termasuk komunitas Kpop Manado. Nggak di kasih charge khusus loh ama mereka untuk bikin acara, cuma musti beli kopi aja. Kalo mau kesini pas sunset, musti rebutan tempat karena udah pasti rameee. Jadi pilih aja waktu yang tepat buat kalian dari jam 11 siang sampe 10 malam. Lokasi mereka persis di pinggir pantai kawasan Megamas Manado. 

Suami sebelum ngopi, main gitar dulu.. hehehe

 

 

Makan Malam. Raja Oci.

Untuk makan malam, langsung hajar ke Raja Oci. (Makan siang sebenernya juga enak disini). Ini salah satu resto favorit semua orang di Manado, baik turis maupun lokal. Kita bisa pilih sendiri jenis ikan segar atau seafood yang tersedia untuk dimasak sesuai selera kita. Waktu kemaren makan disini, pas sambil ketemuan ama kakak kandung yang kebetulan lagi kerja di Manado. Gue suka makan, dia juga doyan banget kulineran. So, kita pesan banyak banget sampe nggak habis dan harus bungkus bawa pulang.

Semua yang kita pesan ENAK, nggak ada yang gagal. Kuah Ikan Woku-nya kental dan sangat flavorful (Woku adalah salah satu menu tradisional di Menado), dan RAHANG TUNA-nya GuysOMG, harus pesan! It’s so good !

makan enak di manado
Penampakan resto Raja Oci di jalan AA Maramis Manado – Tempat makan enak di manado

 

Ini Ikan Garoupa dimasak woku …yummy

 

makan enak di manado
I present to you : RAHANG TUNA!! SO YUM!

 

“OCI” sendiri yang adalah nama resto ini adalah versi besar dari ikan kembung berukuran besar, salah satu jenis ikan yang bisa kalian harus coba kalau lagi ke Raja Oci.

Oya, salah satu yang gue nggak lupa ketika terakhir makan di Raja Oci Cabang Jalan A.A Maramis, ialah pas gue masuk resto, mereka nggak sengaja pas lagi muterin lagu-lagu jazz yang gue nyanyiin di speaker mereka! Gue sampe kaget sendiri. Kirain cuma bakal muterin selagu doang, eh ternyata se-album diputer semua! Norak banget deh rasanya gue bisa makan di iringin sama suara gue sendiri, di Kota Manado pula. Hehehe video

 

makan enak di manado

Okay Guys, hopefully ide kuliner tempat makan enak di Manado dari gue bisa berguna buat kalian kalau pas lagi jalan-jalan ke Manado ya… Sengaja nggak mau banyak-banyak kasih tempat takut kalian bingung. Intinya, di Manado banyak banget tempat makan enak, so enjoy them all you can !

Next gue kasih tempat info tempat-tempat makan enak lainnya ya. Jangan lupa follow Blog gue, dan buat kalian yang udah baca, jangan lupa juga untuk tinggalin komentar di bawah tulisan ini ya! Thanks teman-teman!

FOLLOW Blog ini via email untuk update cerita dan tips traveling.

write your email here.

As long as you have food in your mouth in the time being, YOU ARE OKAY

– olivelatuputty.com/blog @shiningliv

(8) Comments

  1. Ino says:

    oliv bisa balogat? kita dr manado juga ini kapan ya ke manadonya? nanti saya infokan ke kamu juga tempat makan yang lain termasuk b2

    1. hahaha iyo no… kita pe mamak manado… hehehe siappp!!!

  2. aku penasaran banget sama Gohu, apakah doi semacam rujak? keknya seger gitu ya, semoga nggak salah ya perkiraan aku 😛

    1. Kartika makasi komennya… lebih ke asinan kali ya bukan rujak.. walau ada manisnya juga dan pedes juga dari jahe hehehe smoga kalo nanti ketemu gehu, kamu suka ya

  3. kezia says:

    kakak orang mnd juga? baru tau kak

    1. campur ambon! heheheh

  4. Matias says:

    Paling best saat makan rahang tuna lalu denger istri nyanyi di background… nikmatnya double …

    1. awww thank u love!

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You