Main ke Pantai Nunggalan Bali, Sepi Banget dan Ada Kapal Karamnya!

Mau ke Bali dan cari pantai yang bagus? Dibaca aja tulisan gue ya Guys! Siapa tau kalian belum pernah kesini… Yuk gue bawa main ke Pantai Nunggalan Bali, sepi banget, dan kece banget, ASELI! Eh tapi lumayan PR ya turun ke pantainya, musti ekstra hati-hati.

Hari kedua di tahun 2021, gue dan suami yang emang lagi di Bali, sibuk cari pantai yang oke. Pengen kena ombak.. pengen injek pasir….pengen kena matahari…Lalu ketemulah sebuah nama : Pantai Nunggalan, yang kita sama-sama belom pernah datengin. Kesana ah!

Sebenarnya kurang ideal karena kita baru berangkat jam 11 siang, dan prakiraan cuaca bilang akan turun hujan. Gapapa deh, tetep berangkat, karena gue udah siap main air. Sampai di daerah Uluwatu, beneran langit berwarna abu-abu. Hiks… nggak seru nih kalau hujan di pantai. Tapi udah nanggung disini, kita terusin aja.

 

HOW TO GET THERE

Untuk ke pantai ini, cukup ketik “Villa Plenilunio” di google maps/waze dan ikutin arahan yang ada. Begitu belok masuk ke jalan kecil kearah villa, kita agak kaget berpapasan dengan beberapa mobil. Soalnya jalannya kecil banget, hanya pas satu mobil sehingga harus saling mengalah. Mobil kita atau dia yang mundur.

Begitu ketemu villa, tukang parkir hanya meminta 10 ribu saja dan segera mengarahkan kita untuk jalan di sebuah jalan setapak kecil di samping villa yang menuju bibir pantai.

Main ke Pantai Nunggalan

Main di Pantai Nunggalan

Tak disangka, perjalanan ke pantai cukup menguras tenaga dan konsentrasi. Soalnya, jalanan habis hujan semalam, sehingga licinnya minta ampun. Kita berdua pake sendal jepit pula! Gak cerdas banget. Mana kita tau kalo musti usaha menuju pantai yekan.. kirain buka pintu mobil, jalan bentar, langsung sampe. Hehehe

Kita ngelewatin pepohonan rimbun dan batu karang menuju ke bawah. Beneran kudu hati-hati ya Guys… nggak ada sinyal soalnya sepanjang turunan ini, dan super sepi pula. Males aja kalo kenapa-kenapa kan.

Kurang lebih dibutuhkan waktu sekitar 20-25 menit untuk bisa sampai dibawah. Ada beberapa warung kecil sebenarnya di jalan, termasuk satu yang jual gelato segala, tapi lagi pada tutup waktu kita lewat.

Sekitar 10 menit menuruni bukit, gue nengok ke arah pantai… wah kok kayaknya masih jauh ya?

Main di Pantai Nunggalan

Main di Pantai Nunggalan

Turun.. turun dan turun.. sampai juga kita akhirnya dibawah… dan guess what ? Cuma kita berdua yang ada di pantai yang luas dan panjang ini. Buset, beneran nih nggak ada orang lain? Asik banget.

Nggak lama, nongol di belakang kita seorang ibu yang bawa gembolan, nawarin dagangannya. Wah, dia bawa kelapa muda dan bir dingin dan pop mie. Mau dong dua buah kelapa mudanya Bu…

 

PANTAI CANTIK DENGAN KAPAL KARAM

Kita pun mulai menelusuri pantai. Asli, pantai ini cantik banget, apalagi kalau sesepi ini.

Di tengah pantai, ada sebuah sisa kapal karam kecil yang sudah di penuhi grafiti, yang bisa jadi objek foto yang menarik.

pantai nunggalan yang sepi

Main di Pantai Nunggalan
Main ke Pantai Nunggalan Bali yang sepi…..

 

Main di Pantai Nunggalan

Main ke Pantai Nunggalan

Selain itu, kita juga ketemu sebuah tanah lapang yang sepertinya merupakan spot berkemah di pantai ini. Wah, next time good idea banget untuk bisa camping disini. Pantainya sendiri berpasir putih bersih dengan ombak yang cukup besar. Kayaknya nggak cocok untuk berenang, apalagi nggak ada pengawasan penjaga pantai. Pasnya buat leyeh-leyeh aja.

Beberapa jam kita habiskan disini, melipir di pinggir pantai yang ada shade-nya, cuma tidur-tiduran dan main air plus foto-foto.

Yang paling gue syukuri selain kosongnya pantai ini ialah langit biru cerah sepanjang kita disana. Makasih banyak Tuhan Yesus. Gue udah mikir kita bakal nongkrong pas ujan atau dapet langit gelap yang nggak kece… eh ternyata Tuhan baik dikasih biru campuran awan putih yang cerah ceria, berlawanan dari suasana langit yang gue liat sebelumnya tadi di jalan, bahkan bertentangan dengan ramalan cuaca. God is good !

Main ke Pantai Nunggalan

Main ke Pantai Nunggalan

Main ke Pantai Nunggalan

Main ke Pantai Nunggalan

Main ke Pantai Nunggalan

maap karena cahaya mataharinya bagus, jadi selfie terusss tanpa henti, dan gue post di blog aja yaaa hehehe

 

Main ke Pantai Nunggalan

 

CURHATAN SI IBU PENJUAL KELAPA

Puas di pantai, kita memutuskan untuk balik. Sudah ada beberapa pasangan lain yang hadir sore ini. Kita mampir untuk ngobrol bentar sama si Ibu penjual sebelum bayar.

“Bu, emang selalu sepi gini ya?”.

Si Ibu menjawab “Sebenarnya udah rame.. tapi ya semenjak Covid jadi sepi banget. Kita jualan juga susah” lanjutnya.

“Ibu bawa cemilan lain nggak selain pop mie?” Tanya suamiku yang udah mulai lapar.

“Biasanya saya bawa banyak cemilan.. tapi karena nggak ada orang, makanan saya malah dimakan monyet-monyet hutan. Jadi mending bawa yang gampang aja, nggak usah masak”, kata si Ibu. “Sering bahkan sama sekali nggak ada pengunjung. Saya kesini seharian nggak ada satu orangpun”, tambahnya dengan muka sedih.

Main ke Pantai Nunggalan

Main ke Pantai Nunggalan

Ah, Ibu.. semangat ya. Semoga wabah segera selesai, bisa banyak wisatawan kemari.

Si Ibu lanjut bercerita ini itu, termasuk bahwa jika surut bagian kanan pantai tuh bisa nyambung dengan pantai-pantai lain. Dia juga banyak tanya: tentang vaksin, tentang PCR, tentang bagian lain di Pulau Bali apakah ramai atau tidak, dan lain-lain.

We left, after promising her to tell more people to come here. Sehat-sehat ya Bu.

 

CLIMBING UP IS BETTER THAN DOWN

Perjalanan ke atas melelahkan tapi lebih gue suka ketimbang turun waktu datang tadi. Karena undakannya berupa batu dan karang, jadi terasa lebih mudah. Keringat mengucur deras sampai basah kuyup.

Kalau kalian bawa orang tua yang sudah berusia lanjut, sama sekali tidak disarankan untuk kemari. Mereka yang berpenyakit jantung atau ayan menurut gue juga jangan kesini. Masih banyak pantai lain yang lebih mudah aksesnya. Kalau bawa anak, selama orang tuanya PD menggendong atau membantu, gue rasa sih gapapa ya.

Oya, hati-hati juga karena ada beberapa karang yang penuh hewan sejenis kaki seribu. Lihat-lihat kalau misalnya mau nyender atau pegangan. Takutnya kaget megang hewan dan malah kehilangan keseimbangan.

Main ke Pantai Nunggalan

Main ke Pantai Nunggalan

Sampai di parkiran, ada beberapa pasangan lain yang baru datang padahal langit sudah tak cerah lagi. Ah, hope you have fun Guys ! Rasanya beruntung banget kita datang di waktu yang tepat tadi.

Oh satu lagi yang penting, untuk kalian yang mau kesini, tolong sampah plastiknya dibawa naik ke atas ya… jangan di buang dibawah. Kita nemu cukup banyak botol plastik soalnya di pantai maupun di pepohonan. Semoga kesadaran pengunjung untuk menjaga alam dan kebersihan bisa lebih baik lagi.

Thanks for reading Guys… silahkan tinggalin komentar kalian di bawah:) Yang mau ke Bali jangan lupa main ke Pantai Nunggalan Bali ini ya! 

Untuk kalian yang mau dapetin cerita, info dan tips travel lainnya, silahkan follow blog gue via email ya:

Follow me with your email!

write your email here.

Life is so much better with sunshine, sand, and waves

– olivelatuputty.com/blog @shiningliv

(4) Comments

  1. Yasmine says:

    Bagus ya Liv pantainya… Sayang bgt sepi karena covid ya. Mudah2an segera membaik lagi ya pariwisata

    1. Iyes Min.. bagus banget… amin semoga back to normal soon!

  2. cantik sekali pantainya

    1. yes so pretty Na.. thank u for leaving your comment:)

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You