LENGKAP! Tempat Nongkrong di Kota BATU Malang (Part 1)

Hey it’s 2022! Ini adalah post pertama gue di tahun 2022. Dan karena tahun baru kemarin gue habiskan di Batu Malang, jadi di post pertama ini, gue mau ngasih list pilihan lengkap tempat nongkrong di kota Batu Malang khusus buat kalian yang emang mau jalan-jalan ke Kota Batu, Jawa Timur.

Suamiku kan asli cah Batu. Dia lahir dan besar di Batu Malang sebelum akhirnya melalangbuana kesana kemari. Orang tuanya sih nggak kemana-mana, tetep di Batu. Mangkanya gue sangat sering pulang ke Batu, ngunjungin mertua. Ini kota juga bersejarah banget buat gue karena tempat pertama kali kenal sang suami sekitar 20 tahun yang lalu jaman kita berdua masih piyik. Full of memories. 

But fyi, gue hanya ngasih tempat nongkrong di kota Batu aja ya, nggak sampe ke area kota Malang. Tempatnya pun variatif, ada yang disukain orang lokal, maupun turis. Cukup banyak nih! Mangkanya gue bikin 2 parts terpisah. Part 1 ini aja ada 12 tempat!!

Semua tempat ini hanya sekitar 5-20 menit dari rumah gue, karena memang Batu kota kecil. Cuma ya kadang suka rada macet aja kalo pas wiken ketika para turis berdatangan.

Oke langsung silahkan dipilih ya mau nongkrong dimana:

 

#MONSTERA CAFE

View: Pengunungan

Satu-satunya tempat di Batu yang pas gue sampe, langsung dicegat Mas-mas-nya dan bilang: “Maaf mbak, cafenya penuh, masuk waiting list ya”. Padahal gue dateng di hari Rabu, dan bukan musim liburan. Cafe Monstera ini tergolong cukup baru dibanding tempat-tempat lain dan memang lagi hits pas gue datang.

Emang bagus sih view-nya. Kita berada cukup tinggi sehingga pepohonan ada di bawah kita dan pemandangan ke arah Gunung Panderman dan sekitarnya tuh tak terganggu sama sekali. Bagus!

Cocok buat bengong bego sebenernya, apalagi menjelang matahari terbenam.

Tapi gue agak terganggu karena rame banget orang, sehingga bukannya bengong kita malah harus aware terus dengan datang perginya tamu. Oya, untuk mesen makanan, kita juga harus antri di kasir depan dan ninggalin kursi atau tempat duduk kita. Agak PR jadinya. Semoga pas kalian kesini pas lagi sepi ya, jadi bisa maksimal menikmati waktu.

Btw buat yang bukan orang Batu, untuk kesini di peta carinya ke Jalan Mbah Joyo ya, lalu tinggal ikuti petunjuk dari situ. Agak masuk-masuk jalan kecil soalnya, resiko nyasar sangat tinggi.

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

 

#KOPI LETEK

View: Kota dan alun-alun

Kayaknya ini tempat mulai banyak yang tau sejak tahun 2018 deh. Spotnya tepat aja, menghadap alun-alun kota Batu dengan Gunung Kawi di kejauhan. Keren sih. Katanya paling ok kalo difoto dari lantai 3, pojokan luar.

Waktu kita pertama kali kesini, agak kaget, karena ya ampun tempatnya kecil banget. Naik tangga nya aja musti ati-ati karena mepet bener. Bangunan TIPIS yang nyempil diantara 2 bangunan lain. Unik banget. Dan RAME! Musti datang di waktu yang pas untuk bisa duduk di lantai 3 pojokan luar itu tadi. Telat dikit, maka tempat itu sudah akan padet ama cowo-cowo yang akan nongkrong disitu sampe gondrong.

Lama banget gak cabut-cabut aslii. *sigh

Anyway, di tahun 2022 ini Cafe ini sudah punya tandeman 2 tempat kopi serupa yang lebih gede persis di sebelahnya dan pastinya menawarkan pemandangan yang sama. So, bisa ada pilihan buat kita mau nongkrong di yang mana.

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

 

#KOPI SONTOLOYO

View: Pegunungan

Sedikit PR untuk bisa menemukan tempat ini. Tapi tenang, ada di peta – jadi pasti sampai. Tempatnya sangat tradisional, karena katanya yang punya memang koleksi benda-benda antik. Jadi jangan harap kursi empuk yang nyaman ya. Yang dijual, sudah pasti pemandangan dan suasana nya yang klasik.

Bukanya jam 3 sore, jadi jangan kepagian kesini – karena walau tempat duduknya boleh di duduki, nggak akan ada kopi sontoloyo yang tersaji.

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

 

#15 CELCIUS CAFE

View: Pegunungan dan kota Batu

Ini cafe yang terletak di sebuah hotel mewah di bagian atas tempat wisata Agrowisata.

Pemandangannya bagus banget, bikin betah duduk seharian. Kopinya pun rasanya enak, nggak ngecewain. Waktu kita kesanapun, nggak ada siapa-siapa lagi selain kita berdua, jadi serasa milik sendiri. Huehehe

Satu hal aja yang bikin bete. Tempat ini dibangun di daerah yang dikenal anak muda lokal Batu sebagai “HOLLYWOOD” Batu. Dulu waktu hotel ini belum dibangun, anak-anak muda (termasuk gue dan suami) akan nyetir ke jalanan di atas sini dan nongkrong gratis memandang lampu kota Batu dan bintang-bintang di angkasa. Indah luar biasa. Tempat bawa gebetan sekaligus tempat nongrong rame-rame. Special banget. Romantis. Di atas gelap, dibawah dan atas terang. Cakep deh! Banyak pasangan yang jadian disini.

Semenjak hotel ini ada, pemandangan dari jalanan Hollywood yang ikonik itu hilang dan berganti dengan bangunan ini. Memori pun tak sama lagi. Huhuhu.

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

 

#YOENOES

View: Jalanan Kota

Yak, ini tempat nongkrong pinggir jalan yang buka sore sampe jam 2 pagi dan selalu jadi primadona orang lokal sejak dulu kala. Entah kenapa. Mungkin dukunnya kenceng hehehe. Tapi yang jelas si Yoenoes (baca: Yunus) orangnya memang sangat supel dan baik hati sama semua pelanggan sehingga bikin betah.

Jualannya sih standar aja ya, kayak STMJ, jagung bakar, indom** dan roti bakar. Gue sendiri sering jalan kesini bareng suami kalo lagi gabut, karena deket banget dari rumah kita dan bukanya sampai tengah malam.

Kalau janjian ama teman sering pilihannya: “Yunus aja yuk!”. 

Tempat Nongkrong di BATU

 

#COKELAT KLASIK

View: Pegunungan

Ini cafe yang terletak di perumahan Panorama kota Batu. Letaknya terbuka di pojokan dengan panorama indah, 180 derajat. Kalau kita ada di lantai paling atas, maka kemana mata memandang, akan ada pemandangan cantik menunggu. Bagus deh pokoknya.

Semua gunung yang mengelilingi kota Batu kelihatan dari sini. Gunung Banyak, Gunung Welirang, Gunung Panderman, Gunung Arjuna dan Gunung Anjasmara keliatan kabeh! Dari jauh bahkan ada Gunung Semeru dan Gunung Kawi ngintip dikit.

Di lantai 1 ada tempat lapangan golf mini, menambah nilai dari bangunan ini. Kalau mau sesuatu yang fotogenik, musti coba nongkrong kesini.

Open space – Tempat Nongkrong di BATU

 

Tempat Nongkrong di BATU

 

#CAFE JUNGLE

View: Singa

Yak, ini cafe yang letaknya di area hotel Kebun Binatang Secret Zoo. Bentuk tempatnya bundar, mengelilingi kandang singa dan macan yang lagi jalan-jalan maupun tidur. Menarik sih untuk nongkrong sini sambil ngeliatin tingkah polah hewan buas yang ada. Gue selalu berpikir apakah menarik juga untuk para hewan itu ngeliatin kita lagi makan atau ngopi di dalam ruangan kaca itu.

Gue udah beberapa kali nongkrong sini karena gue suka banget Hewan! Tapi waktu terakhir kesini bulan Januari 2021, sedang masa Covid, sepinya minta ampun. Masak di hari Sabtu yang mustinya rame, tamunya cuma kita berdua doang! HIKS.

Salah satu singa yang kita liat dalam keadaan kurus dan tampaknya lagi stress karena jalan mondar mandir puluhan kali tanpa henti di jalur yang sama. Menurut Mas-mas yang jaga, dia begitu karena pasangannya si betina dikawinkan sama singa lain yang lebih muda, jadi bukan karena kelaparan atau sakit. Semoga aja info si Mas bener.

Kalau kalian ke Batu, jangan lupa mampir Secret Zoo dan nongkrong di sini ya.

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU
Penampakan si singa kurus yang jalan mondar mandir tanpa henti… kacian…

 

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

 

#DEKLEINE

View : Pepohonan hijau

Tempat yang satu ini ngetop karena ada ruangan – ruangan kaca yang bisa dijadiin tempat nongkrong. Cukup fotogenik memang. Orang pada niat bikin sejenis photoshoot dengan ribuan gaya kalo lagi kesini.

Gue sendiri datang siang hari dan begitu coba nongkrong di ruangan kaca, eh buset pengap banget. Jadi pindahlah kita ke lantai atas gedung utamanya. Santai dengan terpaan angin diwajah, jauh lebih nyaman.

Untuk duduk-duduk manis, tempat ini bolehlah dicoba.

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

Tempat Nongkrong di BATU

 

#PUPUK BAWANG

View: Pegunungan

Ini resto yang selalu ramai pengunjung terutama turis. Kayaknya iklannya cukup kencang sehingga rata-rata turis tertarik datang kesini. Di bagian belakang restoran memang ada pemandangan ke arah Gunung Arjuna yang cantik. Tempat duduknya juga di kondisikan untuk bisa makan dan nongkrong santai menikmati alam.

Kalo ada teman yang pertama kali ke Batu, bisa bawa ke sini karena lokasinya yang strategis persis satu deret dengan kantor pemerintahan pusat Kota Batu.

Tempat Nongkrong di BATU

 

#GUNUNG BANYAK

View : Kota Batu dari ketinggian

Haruslah kalo ke Batu tuh kesini. Soalnya dalam hal pemandangan, ya ini juaranya. Kita bisa ngeliat Kota Batu dari atas gunung, literally. Gunung Panderman yang berhadapan juga terlihat jelas di depan mata. Kesini juga nggak perlu jalan kaki mendaki kok. Akses terbuka untuk mobil dan motor dengan parkiran yang luas dan pilihan warung nongkrong yang banyak banget begitu kalian tiba. 

Kalian juga bisa nyobain untuk terjun paralayang dari atas gunung ini. Waktu gue nyobain pertama kali paralayang disini, betul-betul seru dan tak terlupakaaannn!! BACA CERITANYA DISINI.

 

this is me dengan pemandangan malam di Gunung Banyak – Tempat nongkrong di BATU 

 

#D’GOENDOE

View: Taman, kebun dan pengunungan

Ceritanya, Dapur Apel Goendoe atau D’Goendoe ini adalah halaman belakang rumah orang yang disulap jadi cafe. Kanan ada kebun mawar dan kiri kebun apel, dengan pegunungan di kejauhan. Ok juga sih. Suasana nya santai banget disini. Murah meriah juga karena waktu gue dan suami mesen seporsi pisang goreng, kopi dan teh, cuma habis 21 ribu aja guys.

Hanya aja, waktu gue kesini, mereka muter lagu-lagu Indonesia dengan tema putus cinta dan selingkuh diulang tanpa henti. Gak ada lagu bahagia sama sekali. Kita udah request ganti, mereka bilang nggak ada playlist lagu lain. Mana speaker-nya kenceng pula.

MOOD gue ama suami drop pas pulang abis nongkrong disini, akibat overdosis dengarin musik galau hahahahah

Tapi buat kalian yang cari tempat ngobrol woles, pas banget kok disini. Semoga pas kalian datang, playlist-nya udah ganti.

pintu masuk

 

 

#CAFE HILL HOUSE

View : Pegunungan

Ini adalah salah satu cafe anyar di Batu. Waktu gue terakhir kesini, masuk kesini kudu reservasi dulu via akun IG mereka karena sangat rame peminat. Tanpa reservasi, kayaknya nggak boleh langsung masuk deh setau gue. (Nggak tau kalau hari ini gimana policy-nya.. mungkin sudah berubah. Silahkan cek di IG mereka).  

Mereka menghidangkan pilihan makanan Jepang dan Korea yang memang jarang yang jual di kota Batu. Gue kesini JALAN KAKI dari rumah saking deketnya btw, less than 10 minutes jalan santai.

Yang bikin menarik ialah mereka ada dua bagian cafe. Yang pertama diatas ialah bagian resto, sedangkan yang dibawah tuh sejenis club house ala-ala Bali lengkap dengan kolam renang dan bar disamping kolam.

Gue mikir nggak mungkin banget sok-sok an nyemplung di dalam kolam di tengah kota Batu yang super dingin… Ternyata airnya hangat kok, jadi do-able. Walau gue sih tetep ogah ya hehe… Soalnya bayangin aja deh, sementara yang lain pake nongkrong pake jaket, trus lo bikini-an di kolam tuh rasanya ya enggak pas aja.. hahahaha Pasti diliatin semua makhluk kalo lo nekat berenang yakaan.

Oya, bagian pool side  informasinya hanya dibuka saat weekend, itupun dengan mininum spending kalau duduk di day bed.

Makanan dan minumannya menurut gue lumayan bisa dicoba. Pemandangannya pun cantik. Tapi yang gue paling suka ialah pilihan musiknya. Terakhir kesini mereka muterin nonstop playlist lagu-lagu R&B 90-an. Wah, nggak pengen pulang sih gue gara-gara musiknya enak. Hahaha

Hills House, Tempat nongkrong di BATU

 

 

Oke Guys, ini adalah Part 1 tulisan gue tentang tempat nongkrong di kota Batu Malang. Thank you udah baca ya. Kalian paling suka yang mana? Paling pengen pergi ke yang mana? Tinggalin komentar nya dibawah ya…

Untuk yang mau baca Part 2, langsung di subscribe BLOG gue ya, entar tulisan terbaru gue akan langsung masuk ke email kalian.

Follow me with your email!

write your email here.

Yuk budayakan lagi kebiasaan membaca, soalnya membaca tuh bagus banget untuk kekuatan dan kesehatan otak kita sampai di masa tua nanti. Beneran deh! That’s why I keep on writing and reading, no matter what !  Healthy brain, happy life ! 

Oke, gue tunggu kalian untuk nongkrong di kota Batu bareng-bareng yah! See u !

 

Isn’t the happiest time when you can hang out with the people you love? So.. why wait?  – Olivelatuputty.com/blog  @shiningliv

(8) Comments

  1. sianny says:

    Wah banyak sekali ternyata tempat di batu…..good one olip!

    1. tengkyu Sian… hayuk ke Batu!!

  2. Semuanya kereen
    Thanks for the review!!

    1. Thanks for reading Fel… yeayyy!!

  3. Christine says:

    always cancel to go here dunno why??!!

    1. so, let’s plan a trip soon!:)

  4. Love Batu says:

    Definetely going there

    1. hooray! thanks for reading!

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You