Main Jetski di Jakarta Yuk!

Hi Guys! Siapa yang mau nyobain main Jetski di Jakarta? Beberapa waktu lalu gue dapat kesempatan main jetski ke Kepulauan Seribu bareng tripwe.com dan Jetski Jakarta. It sounds like so much fun, right? Let’s go

Sampai di markas jetski di pantai mutiara Pluit, gue langsung kenalan sama beberapa kru yang nanti akan mendampingi kita jetski. Beberapa teman yang udah janjian mau jetski bareng hari ini juga udah hadir. Pada makan pagi dulu nih kita, biar kuat diterpa angin laut seharian.

Sebelum beragkat, kita di briefing dulu ama Kapten Jetski kita hari ini. Dia mengajarkan beberapa istilah standar untuk berkomunikasi antar jetski di lautan lepas. Soalnya kan posisi kadang berjauhan dan suara kita nggak bisa kedengaran jelas kalau lagi ngobrol. So, musti ngerti aba-aba dan tanda yang diberi kapten supaya aman semua. Tanda jetski harus dimatikan, tanda untuk berkumpul dan membentuk satu garis lurus, tanda yang nunjukin bahwa kita dalam keadaan baik, dan lain-lain. This is something new of course, jadi harus bener-bener pay attention.

 

Main Jetski di Jakarta

 

To be honest, ini adalah pengalaman jetski pertama gue. Some of you maybe already know bahwa gue tuh sangat takut air dulunya. Boro-boro main jetski…. masuk kaki se dengkul ke lautan aja udah panik, soalnya nggak bisa berenang. Thanks to my wonderful husband yang pecinta air, sejak nikah ama dia gue emang jadi super pemberani dan sudah pernah masuk ke berbagai jenis lautan dalam untuk kayaking, snorkeling, “berenang” (gue masih belom bisa ngapung lama tapi udah berani sok-sok berenang.. hehehe), dan lain-lain.

Sehabis briefing, kita bebas milih jetski masing-masing dan langsung cabut all the way ke Pulau Ponco, yang jadi destinasi jetski kita hari ini. Gue pikir pulaunya deket ya 10 atau 15 menitan… Eh ternyata perjalanan hampir 1,5 jam!! Eh buset jauh dan lama juga ya!!! Gue awalnya pun berpikir kita semua akan naik kapal lalu main jetski nanti di Pulau Ponco. Ternyata ditawarin naik jetski-nya langsung dari Pluit ke pulau. GILA!!

 

Main Jetski di Jakarta

Pulau Ponco

Pulau Ponco gue denger adalah pulau pribadi milik sebuah keluarga yang bernama Ponco. Tapi pulau ini sepertinya memang terbuka untuk umum. Gue melihat selain rombongan jetski kita, ada pula beberapa kapal yang lagi melancong ke pulau ini. Ada kapal pesiar berbagai ukuran juga yang mampir. Hm, orang Jakarta tuh banyak loh yang ternyata punya kapal pribadi Guys

 

Main Jetski di Jakarta
photoshoot ala-ala dulu pake filter di pulau Ponco on our boat… heheheh

 

 

Air di Pulau Ponco ketika kita sampai sekitar jam 09.30 terlihat sangat sangat jernih dengan warna biru yang super cantik mirip kek di kepulauan Bahamas. Beneran… sama sekali nggak nyangka kalo kita tuh lagi ada di perairan Kepulauan Seribu Jakarta. Kita mulai santai-santai.. Ada yang di kapal, ada yang berenang, ada yang stay on their Jetskis.

 

Main Jetski di Jakarta

 

Gue foto-foto di kapal dan abis itu bareng suami nyobain boncengan jetski disini. Rasanya dibonceng serem juga ternyata, apalagi kalau lagi ngebut banget. Kalo nyetir jetski sendiri kan kita bisa atur kecepatan sesuai dengan nyamannya kita. Tapi kalo dibonceng tuh serem-serem sedap… ada rasa takut jatohnya hahahaha. I trust you, Husband!

Cukup lama kita nangkring di Pulau Ponco. I love it!!!!!

 

Main Jetski di Jakarta

air di pulau Ponco

 

Main Jetski di Jakarta
my goodfriends and me

 

Parkiran di pulau Ponco

Pulau Pramuka

Waktunya makan siang, kita pindah ke pulau kecil yang hanya 10 menit dari Pulau Ponco bernama Pulau Pramuka. Di depan Pulau Pramuka ada sebuah resto apung yang sudah di booked untuk makan siang kita  bareng-bareng. 

 

Main Jetski di Jakarta

Main Jetski di Jakarta
Parkiran di resto apung – main jetski di Jakarta

 

Me and husband, sebelum parkir di resto apung


Unik juga makan nyobain makan seafood di restoran apung di tengah laut Kepulauan Seribu! Makanan kita terdiri dari ikan, udang, cumi, sayur, dan TAHU!! FYI, tahu gorengnya disini enak banget!! Seafoodnya enak sih udah pasti karena segar… tapi tahu-nya harus gue mention!! Hahahaha. Kalo ada kesempatan kalian makan disini, jangan lupa pesen tahu ya!

Back to Jakarta

Ketika sore tiba, kita memutuskan untuk bersegera balik ke Jakarta karena ombak mulai terlihat tinggi di lautan. Beberapa teman memilih nggak naik jetski karena capek. Tapi yang milih naik jetski balik ke Pluit, ngalamin yang namanya ngebut naik jetski di tengah ombak super tinggi!! SADIS!

Seorang temen gue di tengah jalan kelempar ke tengah lautan. Kita sempet panik, tapi para kru biasa aja. Ternyata kelempar dari jetski adalah satu hal lumrah yang biasa terjadi dan nggak perlu dikuatirkan. Cukup dibantu naik lagi ke atas jetski dan aman sudah. Padahal horor banget keliatannya loh.

 

 

Beberapa hal yang perlu gue ceritain nih Guys

Pertama, kalo lagi naik jetski ternyata lebih baik kita pake peralatan lengkap. Maksudnya ialah wetsuit panjang yang melindungi tangan dan kaki. Kecuali kalian suka tangan/kaki kebakar matahari. Gue nggak bawa tuh atasan lengan panjang wetsuit… padahal ada loh di rumah. Suami juga nggak bawa. Akibatnya ya kita gosong dan belang… huhuhu… Mustinya malah pakai tutupan kepala kayak ninja sekalian biar muka juga terjaga.

Peralatan lain ialah kacamata goggles yang menutup setengah wajah dan terikat di kepala. Kalau pake kaca mata biasa, bisa aja sih, tapi ya resikonya ialah nyemplung dan hilang ditengah laut. Beberapa teman ada yang tidak pakai sama sekali kacamata maupun goggles, and you know what... sehabis jetski mata mereka menjadi merah total karena keciprat air, sampai kayak zombie bentuknya. So better prepare. Kalau memungkinkan, siapin juga sarung tangan dan sepatu air.

 

 

Kedua, di tengah laut, sebisa mungkin kendarai jetski dengan tetap beriringan sama rombongan. Jangan pernah mendului kapten atau memisahkan diri. Karena kalau lagi ngebut dan seru, mudah banget untuk bisa kabur sendiri dan tanpa sadar terpisah dari yang lain. Kalau sudah di tengah lautaaann, percayalah… nyari nya susaahh kalo nyasar! Nggak kayak nyari orang ilang didaratan. Walau bawa HP dan dapat sinyal sekalipun, kita tidak akan bisa kasih tau dimana posisi kita persisnya. Mending jangan ngerepotin dah.

Di hari H kita main jetski, malamnya kita dengar kabar ada tim jetski lain yang salah satu pesertanya hilang di laut. Dicari patroli nggak ketemu dan nomornya nggak bisa dihubungi. What? Serem amat ya…Kabar terakhir kami dengar, dia kehabisan bensin di tengah laut, kehabisan batre HP, dan akhirnya ditemukan nelayan, lalu nebeng pulang dengan meninggalkan jetski-nya di laut lepas begitu saja!!! Gila ya…jetski tuh harganya sama ama mobil… Nggak tau deh ujungnya pertanggungjawabannya gimana.

 

 

Ketiga, di tengah laut harus mengikuti banyak aturan kayak tidak memotong jalur laju kapal apalagi speedboat yang sama-sama ngebut. Lalu harus memperhatikan adanya laut dangkal yang berkarang, dan harus hati-hati terhadap SAMPAH! Yak, namanya juga perairan Jakarta ya… banyak sampah Bu! Kadang sampah nongol gitu aja ngagetin. Kita nggak boleh mendadak ngerem karena bisa kelempar dari jetski tapi juga kalo nabrak ada resiko jetski-nya akan berkendala. Kalau mesin jetski sudah kena sampah, harus dibenerin dan diberesin dulu baru bisa jalan lagi dengan baik. So, harus selalu hati-hati dan juga aware sama aba-aba kapten.

Keempat, saat lagi ber-jetski, gue baru tau kalau kita bisa saling tabrakan (ini ngeri sih amit-amit banget jangan sampai terjadi) dan bisa juga nabrak IKAN! Yak ini dialami ama suami gue yang lagi ngebut dan nabrak IKAN besar yang lagi naik dan loncat ke permukaan. Yah jatohnya tabrak lari karena nggak bisa ngecek apakah si ikan baik-baik aja.  Cuma ya sangat shocking waktu itu terjadi. Sampe sekarang suami gue gak bisa lupa liat muka si ikan.

Kelima, ngomongin soal ikan, ternyata di perairan Kepulauan Seribu masih banyak ikan Lumba-lumba yang kadang (kalo kita lagi beruntung) bisa nemenin kita jetski, di samping atau didepan kita. Kemaren sih kita nggak ketemu lumba-lumba sayangnya… tapi kita liat video dari kru yang ketemu sama lumba-lumba. Seru banget keknya loh. Dan bukan cuma lumba-lumba, ikan whale shark atau hiu paus juga kadang masih sering nyasar di perairan Jakarta dan suka ada saat lagi main jetski ditengah laut. (Ini juga kita liat video milik kru, bukan pengalaman pribadi).

 

 

At the end of the day, gue bersyukur banget nih dapat pengalaman travel di jakarta yang nggak biasa aja. Kegiatan di Jakarta, tapi berasa lagi plesiran jauh banget. NEW and EXCITING! Gue pastikan ini bukan pertama dan terakhir buat gue, karena gue menikmati banget dan sudah kangen mau jetski-an lagi. Thank you buat temen gue Frans yang udah ngajakin gue dan suami to have fun together

Untuk kalian yang mau coba juga, kepo sama harga dan pengen mau main jetski di Jakarta ama temen kalian, silahkan loh bisa langsung cek ombak ke lapaknya langsung, di IG dan website tripwe.com dan Jetski Jakarta ya! Happy jetski-ing! 

Let’s enjoy life, one jetski ride at a time

Olivelatuputty.com/blog @shiningliv

(4) Comments

  1. Mau banget kak

    1. Hi Lani.. thank u for reading! langsung cek aja web atau IG nya mereka ya:)

  2. Whoaah, perairan jakarta bisa bening gitu ya, nice !!!

    1. Hi Harry! Thanks for reading. Iya cakep yaaa

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You