21 Pilihan Tempat Wisata Gratisan di London

 

Iya emang mahal London tuh, semua gara-gara kurs Poundsterling yang tinggi. Tapi jangan sedih, di kota ini kita masih tetep bisa wisata gratisan, dapet foto-foto cakeup tanpa keluar biaya sepeser pun! Gue mau ke share ke kalian list 21 pilihan Tempat Wisata Gratisan di London yang kece yang pastinya sempet gue datengin, karena berbagi itu indah hehehe

Kita mulai ya:

1. The British Museum

Di London WAJIB ke Museum, terlepas dari kalian penggemar sejarah ataupun bukan. IS A MUST pokoknya. British Museum adalah yang pertama yang harus dikunjungi, and YES, it’s free.

Dibuka tahun 1759, ini adalah Museum Nasional pertama di dunia yang dibuka untuk umum. Koleksinya ada 8 juta benda lebih – dan dari segitu banyak ada 50 ribu benda bersejarah yang dipamerkan. Banyak buanggettt kann? 

Pamerannya terbagi atas lokasi dan periode dalam sejarah. Lengkap Bos! Pulang dari sini mendadak ber-ilmu deh pokoknya. Ada sebuah kantin juga didalam, kalau mulai capek dan pengen ngopi sebentar bisa banget, sebelum lanjut muterin museum lagi.

tempat wisata gratisan di London

tempat wisata gratisan di London

tempat wisata gratisan di London

tempat wisata gratisan di London

2. Stasiun Kereta King’s Cross 

Kalau kalian penggemar Serial Harry Potter, ya musti “sungkem” ke sini. Soalnya ini adalah lokasi syuting Platform 9 3/4, tempat kereta berangkat ke Hogwarts. Gak mungkin nyasar kok, tinggal masuk, cari platform 4 dan pasti bakal ngeliat antrian orang orang yang mau foto sama dinding dengan sebuah troli yang nempel disitu. 

Untuk foto disini gratis, ada mas-mas nya yang bakal bantuin kita foto, lengkap dengan properti yang mereka siapin. 

Kalau bukan penggemar Harry Potter, tetap bisa main kesini karena stasiun nya super besar dengan banyak pub dan resto keren di sekitarnya. The British Library yang menyimpan Portfolio pertama dari Shakespeare juga berlokasi persis di sebelahnya, dan gratis juga!

tempat wisata gratisan di London

3. Harrods

Cuci mata gratis bisa dilakukan di Harrods! Bukan kayak mall biasa, Harrods tuh semacam departemen store mewah kebanggan orang Inggris. Udah buka dari tahun 1849, Harrods yang awalnya cuma jual buah doang dengan 2 karyawan (yaiyalaahh tahun 1800-an juga ya kann), sekarang menjadi depstor raksasa, terbesar di Eropa.

tempat wisata gratisan di London

4. London Parks

Ahhh where do I begin? 

Di tulisan gue sebelumnya tentang London, taman-taman di London juga udah gue mention. Parks di London memang adalah wisata gratis favorit aku pribadi. Tinggal pilih dari sekian banyak taman cantik yang pastinya gratis, lalu silahkan nangkring seharian.

Ditemani pasangan, atau kalo nggak ada ya ditemani pepohonan, ditemani bunga, burung, chipmunks, bahkan bebek dan angsa cantik. Seneeennng banget muter-muter di taman-taman kota London. Never ever gets bored! EVER!

tempat wisata gratisan di London

tempat wisata gratisan di London

5. St. Paul Cathedral

Gereja St. Paul adalah tempat menikahnya Lady Di dan Pangeran Charles tahun 1981. Masuk ke Gereja St. Paul gratis kalau mau ikut misa / ibadah. Tapi yang mau gue bahas disini bukan ngeliat Gereja ini dari dalam melainkan melihat Gereja ini dari luar.   

Tampak luar terutama bagian atap/Dome dari St Paul Cathedral yang super keren ini sudah menghiasi langit London selama lebih dari 300 tahun. Untuk menikmatinya secara gratis dan maksimal, kita bisa ke satu bangunan persis di sebrangnya dan naik ke lantai paling atas. Dari situ kita bisa ngeliat megahnya dome St. Paul Cathedral. Nggak siang, nggak malem, cantiknya nggak berubah. Gue kesini sampe beberapa kali.

Bagus banget and of course, gratis.

tempat wisata gratisan di London

tempat wisata gratisan di London

6. Borough market

Borough Market adalah tempat GO TO untuk foodies di London. Jadi gue nggak nyaranin kalau mau kesini pas lagi bokek atau nggak bawa duit, karena pasti merana jadinya. Makanannya soalnya menarik banget semua disini. Sumpah! Tapi karena judul artikelnya wisata gratis, ya bisa banget kesini memang untuk sekedar hunting foto makanan atau untuk nyoba-nyobain sample makanan yang banyak dibagiin secara gratis!! Hehehe

Baca Tulisan gue tentang makanan enak di London, klik disini.

7. Buckingham Palace

Ini adalah kediaman resmi Ratu Elizabeth. Nggak bisa masuk kedalam seenaknya pastinya kecuali di bulan tertentu ketika Sang Ratu lagi nggak tinggal situ. Tapi kita bisa wisata gratisan bersama massa, dengan cara nongkrong di depan pager nya. Tenang, nggak kayak orang susah kok, karena semua turis ke London rata-rata akan melakukan hal yang sama.

Setiap hari kira-kira di jam 10 pagi, turis sudah ngumpul nunggu kesempatan ngeliat ‘atraksi’ seremonial pergantian penjaga istana yang sangat amat terkenal. Gue waktu itu cukup tepat waktu dan menjadi salah satu turis yang nonton pergantian penjaga itu.

MENARIK!

tempat wisata gratisan di London

gaya-gayaan di dépan gerbang Palace

8. Tower bridge

Tower Bridge adalah salah satu landmark paling terkenal di London, menjembatani Sungai Thames. Kita bisa jalan kaki melintasi jembatan ini, atau kita bisa juga jadiin jembatan ini sebagai pemandangan untuk di foto dari jauh. Tower Bridge dibangun di tahun 1894 jadi sudah cukup tua usianya. Oya, banyak yang nggak bisa bedain Tower Bridge dan LONDON Bridge. Itu dua tempat berbeda ya….

Info tambahan tentang Tower Bridge, sehari dua kali ketika kapal besar melintas di Sungai Thames, maka jembatan ini akan terbuka keatas gitu, semacam “terbelah dua”. Keren deh! Momen ini juga di jadikan sasaran wisatawan untuk foto-foto. 

Niat banget waktu itu gue juga ikutan nyari jadwal kapan jembatannya terbuka, terus nungguin sampe momen nya tiba. Padahal angin lagi dingin dan pake gerimis pula… bela belain banget dah! Gapapa kedinginan dan basah yang penting nggak kehilangan pengalaman. 

9. Westminster Cathedral

Beda sama Westminster Abbey tempat Pangeran Williams dan Kate Middleton menikah, Westminster Cathedral adalah Gereja dimana kita bisa naik ke atas menaranya untuk menikmati salah satu sudut kota London dari ketinggian, secara gratis! 

Gue sih doyan ya liat pemandangan kota dari ketinggian. 

Waktu gue kesini, Pastor yang nganterin gue naik lift ke atas baikkkkk banget. Kita gak boleh naik turun sendirian soalnya – musti ditemenin. Tapi diatas dia gak nungguin ya… kalo udah kelar tinggal bel untuk panggil lagi si Pastornya dan beliau akan jemput lagi ke atas. Gue satu-satunya pengunjung waktu itu, nggak ada orang lain. Jadi bebas ambil waktu bengong dari atas menara….

10. BIG BEN

Nggak mungkin deh ke London nggak mampir ke Big Ben untuk mejeng. Belom sah aja kayaknya ke London, ye kan. 

Apaan sih Big Ben tuh sebenernya?

Big Ben adalah nama panggilan dari sebuah lonceng besar di tengah menara jam di Istana Westminster, London. Nama aslinya Big Ben ialah the Great Bell. Jadi Big Ben tuh bukan menara jam nya yaaa tapi lonceng di dalamnya. 

11. Portabello Road Market

Okay, kita tadi bisa cuci mata di Harrods untuk barang mahal, di Borough Market untuk makanan enak, dan sekarang bisa cuci mata ke Portabello Road Market untuk barang antik!

Katanya sih market di jalanan didaerah Notting Hill ini adalah salah satu pasar barang antik dan barang second terbesar dan terbaik di dunia. Ada lebih dari 1000 penjual akan bersaing merebut hati kamuhh kalo kesini.  Btw, gue kesini karena gue pecinta film Notting Hill. Jadi kesini ya sekalian liat lokasi pembuatan film favoritkuuu. Happy deh! (BACA CERITANYA DISINI)

Alright, mash lanjut di 21 Pilihan Tempat Wisata Gratisan di London ya…..

12. South Bank London

Persis di sebelah Sungai Thames yang adalah sungai utama di jantung kota London, terdapat satu area terbaik untuk jalan kaki menikmati kota dengan view juara. Beneran deh, jalan disini tuh menyegarkan mati, hati dan pikiran banget. Kalo lagi suntuk, silahkan menyusuri daerah South Bank. Pasti terhibur! 

Ada banyak resto, street art, pertunjukan seni, pameran, dan segala macemnya dan pastinya pemandangan pusat kota London. I super love it!

Nothing screams London more than the South Bank, I think.

13. 10 Downing Street

Kalau kalian ngerti politik atau minimal suka ngikutin berita di TV, pasti tau apa itu ‘10 Downing Street’. 

Singkatnya (buat kalian yang nggak tau), Downing Street Nomor 10 itu adalah tempat tinggal dan kantor Perdana Mentri Inggris – setara White House kalau di Amerika. Dari dalam pintu berwarna hitam ini segala jenis keputusan politik Inggris yang berpengaruh pada dunia dibuat selama 275 tahun terakhir, termasuk saat Perang Dunia I dan Perang Dunia II.

Disini juga tempat diterimanya tamu-tamu negara dari seluruh dunia untuk meeting kenegaraan. Dari luar bentuknya nggak megah kayak White House ya.. cuma sebuah pintu biasa di jalan kecil. Tapi didalemnya luas dan pastinya ya super duper penting. 

Waktu gue sampe sini nggak bisa foto di depannya persis karena dijaga polisi banyak banget – mungkin lagi ada orang penting didalam. Tapi sebagai anak lulusan FISIP Jurusan Hubungan Internasional, seneng banget rasanya bisa mempir kesini.

14. Piccadilly Circus

Ini adalah sebuah persimpangan di daerah West End London. Banyak banget billbords gede disini mirip Times Square di New York. Eh btw nggak ada sirkus yah disini walau namanya ada kata ‘Circus’-nya. Circus disini diambil dari bahasa latin dengan arti ‘Square’.

Di tahun 2002, ada billboard gede terkenal bertuliskan lirik lagu John Lennon, “Imagine all the people living life in peace,” yang ternyata dipasang oleh jandanya, Yoko Ono. Untuk memasangnya, Yoko Ono harus membayar 150,000 Poundsterling. Btw, Coca Cola udah pasang billboard disini dari tahun 1955 loh, sampe sekarang masih awet.

This image is taken from google

15. Millenium Bridge

Ini adalah jembatan khusus pejalan kaki pertama di London. Jalan nyebrang disini tuh pemandangannya oke banget. Sebelah kanan kiri Sungai Thames, sebelah depan ada Dome-nya St.Paul Cathedral dan di belakang ada Museum Tate Modern. Cakep deh!!!

  1. Tate Modern

Tate Modern sendiri adalah museum seni kontemporer dan modern. Yak, masuknya gratis tapi keren abis isinya. Kayaknya museum ini belakangan lagi jadi primadona yang paling di incar semua orang kalo ke London deh. Di bagian atas Tate, baik dari cafetaria maupun dari teras atas, keliatan deh semua pemandangan London termasuk si Millenial Bridge.

17. Natural History Museum

Ada tulang dinosaurus raksasa yang akan menyambut kita begitu masuk ke dalam Museum ini. Arsitektur di dalamnya juga sangat klasik dan cenderung terkesan sedikit lebih tua ketimbang museum lain yang seumuran. Don’t know why.

It’s so worth to see tho.

18.  National Gallery & National Portrait Gallery

Namanya mirip, tapi dua tempat yang berbeda. National Gallery adalah museum seni yang majang ribuan lukisan dari abad 13 sampai abad 19. Sedangkan National Portrait Gallery adalah museum seni yang memajang foto ribuan orang-orang Inggris yang terkenal. Dari foto Shakespeare sampai foto John Lennon dan Yoko Ono tanpa busana bisa ditemukan disini. Wow.

Dua museum seni yang keren ini pun sama sama tempat wisata gratisan di London dan deketan banget lokasinya.

Enak ya tinggal di Inggris.. banyak tempat oke yang gratis. Asli, masih ada puluhan pilihan museum gratis di London. Next time ke London lagi, akan gue coba jabanin satu-satu.

Aku blur ya.. I prefer no nudity content in my blog ✌🏼

19. Paddington!!!!

Pernah tau Paddington donggg… It’s the talking bear! Ada filmnya segala bahkan. Paddington sebenarnya ya tokoh fiksi dari buku bacaan anak-anak berjudul A Bear Called Paddington.

Ceritanya Si beruang ini datang dari Peru, bawa koper jelek, pake tudung kepala merah dan jaket biru, sangat sangat sopan, plus pastinya BISA NGOMONG! Dia ditemukan oleh sebuah keluarga di Stasiun Paddington London lalu dibawa pulang dan diadopsi sama keluarga ini. Terus dikasih nama sesuai nama stasiunnya – Paddington Brown (Brown adalah nama keluarganya). 

Untuk tau cerita detailnya, silahkan baca buku atau tonton filmnya dan untuk foto sama Paddington, kalian bisa langsung cari dia di Stasiun Paddington London, like I did.

Nice to meet you Mr. Paddington!

20. Little Venice

Ada Little Venice di London? Ada dong. Letaknya di Regent’s Canal. Mayan buat  liat liat pemandangan serupa di Venice atao mirip juga sama kanal di Amsterdam. Gak banyak hiruk pikuk, tenang, adem and gratis pastinya.

21. Abbey Road

Siapa yang nggak kenal Abbey Road? Tempat ikonik album The Beatles. Walau bukan penggila The Beatles, ya berdosa aja kalo nggak mampir kalau udah di London. 

By the way, jangan ketawain ya..

Tapi ceritanya waktu gue kesini, si zebra cross iconic tempat The Beatles nyebrang lagi diperbaiki cobak!! Jadi gagal deh foto ala-ala nyebrang macam The Beatles. Bt bener… bisa pas gue kesitu banget dibenerin jalannya…

Ya udahlah akhirnya gue mampir ke studio rekamannya aja and foto-foto disekitarnya. Udah dateng tapi gak ada bukti konrit nyebrang tuh rasanya…nanggung!!!! Tapi ini pastinya bisa jadi pilihan tempat wisata gratisan di London buat kalian di tulisan kali ini.

pilihan tempat wisata gratisan di London

pilihan tempat wisata gratisan di London

Okeh, beres sudah tulisan gue kali ini, 21 pilihan tempat wisata gratisan di London. Cihuy banget kan… Semoga buat kalian yang emang lagi brencana liburan ke London, tulisan gue ini bisa membantu nyusun itenerary kalian. Kalau ada tempat-tempat lain yang belom masuk dan pengen kalian tambahin, silahkan kasih tau ya… siapa tau lain waktu ada rejeki lebih bisa ke London lagi, gue akan mampir kesana.

Mau tanya-nanya boleh banget, ninggalin komentar juga boleh banget dibawah tulisan ini. Kalau mau dapat info lebih banyak tentang London stau kota lainya, silahkan di follow blog gue via email. Nggak akan spam kok, dan gampang banget caranya:

FOLLOW me NOW!

write down your email and I will give you free updates and many more

THANK YOU GUYS, and ENJOY LONDON!

 

Wherever you go, remember it and let it remembers you – www.olivelatuputty.com/blog – @shiningliv

Tags:  ,

12 comments to 21 Pilihan Tempat Wisata Gratisan di London

  • Justin Larissa  says:

    Kayaknya semua yang di London itu memang cakep ya! Gratisan aja cakep cakep gini. Pas ke sana, aku gak datengin semua yg gratis ini, padahal banyak banget hahahaha. Thanks ceritanya~

    • Olive  says:

      hei Justin.. iya ya London emang keren banget, berbayar ataupun gratisan. hehehe Next kesana lagi moga2 bisa dimampirin ya yg gratis2 versi aku hehehe thanks for stopping by di blog aku ya..

  • Astrid G  says:

    Foto paling atas dan foto yang di Abbey keren mba! Minta kirim itenerary di London via email boleh mba?

    • Olive  says:

      halo Astrid… ok aku kirim itinerary ke email yang kamu pake buat comment di blog aku ini ya… dan makasih for the compliment on my photos! and thanks juga for stopping by to my blog ya..

  • fisna  says:

    Salam kenal Mba, artikel nya sudah saya simpan untuk referensi kalau ada rezeki ke London

    • Olive  says:

      halo mb Fisna… salam kenal juga.. ahh makasih banyak sudah simpen artikelku.. semoga berguna nanti di London ya mba..

  • Anonymous  says:

    nice one … !!! loving all those spots

    • Olive  says:

      thank uuu!!

  • nana bogor  says:

    Sukaaaakk kakkkkkkkkk

    • Shimi Sunn  says:

      Tempat-tempatnya menarik ya. Semoga ada kesempatan ke sana

      • Olive  says:

        hi… thank u udah mampir dan Baca ya… AMIN AMIN smoga ada kesempatan kesana ya:)

    • Olive  says:

      makasih Nana….hehehe thanks for reading ya

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.