Makan Enak di BANGKOK Yuk!

Mari makan enak di Bangkok !

Gue pernah nulis beberapa tahun lalu tentang makan enak di Bangkok. Waktu itu cuma beberapa tempat makan aja dan kurang menantang menurut gue. Nah kali ini, gue ada cukup banyak tempat makan enak yang gue datengin terakhir kali ke Bangkok, dan cukup oke plus menurut gue bisa di rekomen ke khalayak ramai. Hehehe.. Smoga pas kalian main ke Bangkok sempet nyobain juga ya…

Oya, kalo dah pernah makan di resto/tempat makan yang sama, jangan lupa tinggalin komentar di bawah tulisan ini ya!  

#WATTANA PANICH

Bayangkan wajan super gede, isinya daging sapi yang direbus belasan jam dengan banyak rempah sehingga makin lama makin ngelotok rasanya. Oke, nggak usah bayangin, ini gue kasih fotonya langsung. Agak kaget sih waktu sampe sini, karena wajannya GEDE BANGET ada di depan rumah makan, jadi langsung bisa dilihat. Rasanya kayak apa ya?  

Wattana Panich sudah berdiri selama 60 tahun dengan makanan andalan seporsi mie kuah sapi. Saking terkenal enaknya, kritikus makanan di Thailand menganugerahkan penghargaan bernama “Shell Shuan Shim” ke resto ini. Shell Shuan Shim hanya diberikan kepada tempat makan yang sudah terbukti enak, serupa dengan penghargaan Michelin dari Perancis atau Zagat dari Amerika Serikat.  

 

Rumah makan nya sendiri keliatan udah tua, bahkan gue curiga dekorasinya nggak berubah sejak 60 tahun lalu. Kursi nya nggak banyak-banyak amat sehingga kalau makan siang, udah mulai ada antrian di depan resto. Kita memesan mie kuah sapi dan mie kuah kambing. Nunggunya cukup lama jadi kita minum air kelapa dulu sambil nunggu. Waktu makanan datang, anehnya gue dapat mie kwetiau sedangkan suami dapet mie bihun.  Kita padahal nggak milih jenis mie waktu mesen.  Tapi untung pas! Suami suka bihun banget, sementara gue memang lebih suka kwetiau. Aneh tapi nyata nih kejadian.  

Begitu di seruput, wah ENAK BANGET. Kuah tidak kental tapi flavorful, sangat beraroma, ber-rempah, dan DAGINGNYA MELELEH DI MULUT. (Beneran !!!) Mamihhh enak banget. Mie kuah daging kambing nya lebih enak lagi. Nggak ada bau kambing sama sekali. Yum yum yum! 

Pengeluaran makan berdua : Rp.250 ribu

Alamat: 336 – 338 Soi Ekkamai Bangkok

 

 

#BAMEE SAWANG

Pulang belanja dari Mall Platinum, gue jalan kaki mampir makan ke restoran ini. KATANYA ini salah satu resto bakmie yang paling enak di Bangkok. Mie telur nya bikinan sendiri – home made – sangat khas sehingga orang lokal maupun turis rela datang jauh-jauh untuk makan disini.  Waktu gue sampai, loh kok sepi? Cuma sendirian gue disini. Kemana tamu yang lain? Bener ini kan tempatnya?

Gue mesen porsi paling kecil bakmi kering (kuah pisah) dengan topping daging babi panggang, daging kepiting dan wonton udang.  Sambil menunggu, lama-lama satu persatu orang berdatangan hingga resto ini pun penuh pelanggan. Selain memesan bakmie, banyak juga yang pesan nasi dengan kaki babi kuah – yang kayaknya enak. Tapi karena gue nggak gitu suka kaki babi, jadi kurang tertarik untuk nyobain.  

 

Makanan gue datang, pas dimakan memang sesuai reputasinya. Enak! Terutama wonton udangnya. Wonton udang ter enak sepanjang masa. Yes! Nggak boong. Karena porsi bakmie yang gue pesen kecil, jadi nggak begitu kenyang. Gue pun mesen Mango Sticky Rice – makanan penutup khas Thailand yang adalah satu makanan favorit gue pribadi. Tak diduga, Mango Sticky Rice nya juga sangat enak.   

Ini makan malam yang sangat menyenangkan buat gue. Perut kenyang, muka senyum. Kantong juga hepi karena nggak gitu mahal. 

Pengeluaran makan sendiri : Rp. 65 ribu

Alamat : 982 Phetchaburi Road Bangkok (pindah dari alamat lama di Hua Lamphong)  

# SIAM HOUSE CAFE

Di suatu siang, gue mendadak ingin makan di satu tempat tapi dengan banyak pilihan makanan khas Thailand biar bisa makan macem-macem.  Berangkat deh gue dan suami ke Siam House. Tempat makan ini kecil banget, cuma ada meja 4 didalam dan 2 diluar, tapi penuh pengunjung. Beberapa tahun lalu, resto ini sempat jadi primadona resto sejenis di Bangkok – tapi sekarang sudah banyak saingan jadi tidak terlalu ngetop lagi. Eh tapi pelayanan tetap oke, tempat terjaga bersih dan yang pasti makanan nya enak.  

 

Kita mesen 7 jenis makanan berbeda plus 2 buah kelapa muda! Maklum lapar buuuu…  Dari semua pesanan, yang juara dan sangat recommended ada dua, salad bihun daging babi – nya, dan Babi kecap nya. Dagingnya super lembut – lezat banget gue dan suami sampe rebutan ngabisin. Untuk makan siang di Bangkok, it’s PERFECT!

Pengeluaran makan berdua : Rp. 220 ribu

Alamat: 90 Silom Soi 20, Bangrak, Bangkok  

# GO-ANG KAO MUN KAI 

Resto Chicken Rice yang satu ini masuk di resto yang di referensikan didalam Michelin Guide 2018 sebagai resto dengan Chicken Rice paling enak di Bangkok.  Suami sangat suka Chicken Rice, mangkanya dia happy banget gue ajak makan disini. Makanan ini aslinya berasal dari China dan sangat ngetop bahkan menjadi makanan khas Singapore -sehingga yang paling banyak antri di Resto GO-ANG ini ya turis Singapore dan turis China.  

Eh tapi jangan salah, di GO-ANG mereka memasak Chicken Rice ala Thailand atau dalam bahasa Thai, Khao Man Gai. (Versi Thailand tidak terlalu berminyak kalau dibandingkan versi Singapore) Sudah buka lebih dari 40 tahun lalu, resto ini selalu antri. Gue dan suami juga ikut antri kurang lebih 20 menit sebelum dapat kursi disini. Karena resto nya nggak besar-besar amat, kita berdua duduk di gabung ama orang lain. Gapapa deh, yang penting antri nya jadi nggak terlalu lama. Pelayannya yang berseragam pink cukup cekatan mencatat dan mengantar pesanan kita.  

Dua piring Chicken Rice dan seporsi kuah kaldu berisi tulang, leher, dan sayap untuk dicemilin kayaknya cukup untuk kita berdua. Ayamnya gurih dan ENAK!  Tau nggak yang bikin makin endes apa? Semangkok kecil saus hitam yang dicampur sama jahe, jeruk nipis, daun ketumbar, dan cabe rawit (mungkin ada bahan lain juga). Itu pas di taro di atas nasi nya, ahhh bikin lidah bahagia!!!!!  

Pengeluaran makan berdua : Rp. 100 ribu

Alamat: 960-962, Phetchaburi Road, Soi 30, Pratunam, Bangkok  

#PAD THAI TIP SAMAI

Gue nulis terpisah tentang pengalaman makan di Thip Samai – yang adalah salah satu tempat makan paling terkenal di Bangkok. Antrian panjaaaaannnnggg tapi pad thai nya super enak!  

 BACA TULISANNYA tentang Pad Thai Tip Samai (klik) disini. 

Nah yang belum gue ceritain di tulisan lain gue tentang Thip Samai ialah tentang  sebuah resto persis di sebelah nya, yang bernama RAAN JAI FAI. Tempat ini disebut sebagai “Ratu dari semua Bangkok Street Food”. Tahun lalu dia satu-satunya tempat makan di Bangkok yang mendapat 1 bintang dari Michelin, yang artinya sangat sangat sangat enak. Pecinta makanan dari seluruh dunia datang kesini untuk nyobain makan Omelet Kepiting nya yang katanya sangat spektakuler. Kalau gue lihat dari foto dan video nya sih memang terlihat enak.

Yang masak ialah seorang nenek tua legendaris yang memasak memakai kacamata besar – sejenis kacamata yang biasa dipakai orang terbang naik pesawat terbuka tahun 1930-an. Waktu gue lewat, si nenek ini ada lagi semangat masak pake kacamata nya!! Langsung gue foto karena unik banget.

Loh, terus kenapa Olive nggak makan disini? Kan sebelahan ama Thip Samai, tinggal mampir dan pesan.

Kisah nyata, hari itu gue udah seharian keliling Bangkok belanja dan nongkrong dan makan di banyak tempat. Duit di dompet waktu gue selesai makan di Thip Samai sisa sekitar Rp. 200 ribu, itu untuk naik taksi, lanjut MRT pulang ke hotel, plus makan di Raan Jai Fai ini. Gue udah niat banget makan disini. Gue pikir bakal cukup duitnya. TAPI PAS LIAT MENU, believe it or not, harga satu porsi omelet kepiting nya : Rp. 500 ribu!!! 

WAKWAW. Beneran ini. Syok gue. Kayaknya ini adalah street food termahal se-Thailand deh. Omelet doang segitu harganya… ckckck

Ini fotonya gue ambil dari google:  

Langsung ilang selera makan. Gue sempet mikir sih, mau balik lagi nggak ya besok malem bawa duit trus makan sini? But then jawabannya kayaknya nggak dulu deh, mending dipake buat yang lain duitnya. Agak gak rela makan pinggir jalan sendirian bayar segitu. Mungkin kapan-kapan deh kesini pas duit udah bisa metik di pohon. Hehehehe

Eh tapi diliat fotonya memang menggoda banget bentuk si omelet kepitingnya. Minta di beli…..

Kalau kalian udah ada yang pernah makan omelet kepiting disini, please cerita di kolom komen dibawah ya rasanya gimanahhh….  

#HAPPY CHEESE TOAST

Gue penggemar Grilled Cheese, nama keren dari roti keju. Grilled Cheese itu roti panggang yang keju dalemnya kalo digigit ada serat panjang nya yang lengket dan ngelawan. Hehehe ENAK!  

 

Nah, di Bangkok ada satu stall bernama Happy Cheese Toast menjual Grilled Cheese, mereka nyebutnya Cheese Toast dan keju didalamnya warna-warni mirip pelangi. Cakep. (Di Indonesia belum ada ginian nih waktu itu… jadi gue tertarik). Gue langsung berburu stall ini karena lokasinya pindah-pindah, tergantung info di yang bisa didapetin di facebook mereka.  

makan enak di bangkok

makan enak di bangkok


Begitu ketemu disalah satu pasar malam, gue happy banget karena lucu! dan enak! 

Pengeluaran makan sendiri : Rp. 25 ribu  

 

EKSTRA INFO makan enak di Bangkok :

  • Jangan lupa nyobain makanan pinggir jalan yang enak-enak banget dan super murah. Yang pertama kali gue coba kemaren ialah Jackfruit Sticky Rice (ketan nangka). So good!

Yang langganan gue makan setiap kali ke Bangkok ialah Mango Sticky Rice, Durian Sticky Rice, Ikan Garam, jagung serut 3 warna (merah,putih,kuning), olahan Daging Babi berbagai jenis, aneka jenis buah potong, dan juice buah-buahan segar! Love them!


me and my durian sticky rice

makan enak di bangkok

makan enak di Bangkok

  • WAJIB juga minum sepuasnya ‘Thai Tea’ mumpung di Thailand. Langganan gue dan suami ialah stand Thai Tea bernama KAMU. KAMU bisa di temukan di banyak lokasi, terutama stasiun MRT atau BTS.

makan enak di Bangkok

  • Untuk makanan halal, silahkan datang ke Petchaburi Road Soi 7. Banyak tempat makan enak di Bangkok yang halal ngumpul disitu.

Please tinggalin komen kalian dibawah ya! Oya, buat yang sering jalan jalan dan berburu makan enak di Bangkok, kasih tau juga dong info makan enak di Bangkok dimana lagi… Dan kalau mau baca cerita dan info seru di Bangkok lainnya, just follow my blog via email:)

It's easy!

write your email here.

Thank u guys!

ENJOY BANGKOK and SELAMAT BERBURU MAKANAN ENAK di BANGKOK! 

A good meal soothes the soul as it regenerates the body – olivelatuputty.com/blog – @shiningliv

 

Tags:  ,

9 comments to Makan Enak di BANGKOK Yuk!

  • Citra  says:

    Wahhhh makanannya kok enak enak banget ya semuanya langsung mau ke Bangkk rasanya

  • Nurul Sufitri  says:

    Hai mbak Olive cantik apa kabar? Waah, beneran aku terpesona melihat masakan daging sapi dengan kuali yang super besar itu hahaha. Belasan jam ya rebusnya wkwkwkwk 🙂 Enak2 semua kulineran di Bangkok. Nice story.

    • Olive  says:

      hi Mba Nurul.. kabarku baik… iya itu kulineran di Bangkok emang seru banget.. adaaa aja yang aneh-aneh hehehe thanks udah mampir dan baca ya Mba..

  • ANNA  says:

    Kak misalnya di bangkok nginepnya enaknya dimana ya? aku bingung pilih wilayah tinggal ut baxkpacker yang aman tx ya Kak

    • Olive  says:

      hallo ANNA, thanks for reading ya… tempat yang safe untk backpacker di Bangkok kayaknya d Khao San Road deh.. Karena its centernya utk para backpacker. have FUN yaa…

  • Maida  says:

    mb kapan kapan review yNg hallal semua di bangkok mb biar bisa nyobain semua juga di bangkok mb thanks mb oliv

    • Olive  says:

      bleh banget… kapan kapan oku review yang halal ya.. thanks for reading btw:)

  • Nia  says:

    Jalan jalan mulu liv

    • Olive  says:

      pas bisa nih… hehehe

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.