Good Food, Makan-makan di Bangkok!

makanbangkok

Beberapa kali ke Bangkok, gue dapet info dari kanan kiri untuk nyobain makanan ini dan itu. Gue juga nyobain makanan sendiri disana sini. Setelah dilahap semua, gue akhirnya sepakat ama diri sendiri untuk menobatkan 5 tempat makan ini sebagai tempat makan favorit di Bangkok.

1. Ikan Panggang GaramSalt Grilled Fish

Waktu habis belanja di Platinum Pratunam Bangkok dan mau balik naik BTS, gue jalan menuju mall gede yang namanya Central World, tepat di sebelah Platinum. Dalam perjalanan itulah gue menemukan di pinggir jalan sebelah kanan ada beberapa tempat makan tenda yang menjual aneka seafood, termasuk sejenis ikan yang bentuknya agak aneh buat gue. Ikan nya gede, lagi dipanggang gitu sama mereka, tapi warnanya PUTIH karena dilumurin penuh sama garam. Ini tempat makan rameee banget ama orang lokal. Beberapa tenda sampe nggak muat nampung pengunjung. Hm, ini tanda bahwa makanannya enak! Gue memilih salah satu tenda yang paling rame dan nyempil disitu. Kebetulan gue lagi sendirian, jadi dapet tempat deh.

Gue mesen ikan garam yang memang sangat menarik perhatian gue, dan beberapa menu lain yaitu Papaya Salad dan Leher Babi Panggang. Mereka juga secara gratis nyediain sayur-sayuran mentah, alias lalapan dengan porsi gede diatas meja.

Pas ikan garam nya datang, kulit yang penuh garam diiris dan dibuka di depan kita, jadi yang kita makan hanya daging ikannya saja yang kelihatan sangat lembut, harum, masih panas, dan sangat mengundang. Rasanya? ENAK banget. Apalagi di cocol di sambal khusus nya. Gue ngabisin satu ekor ikan sendirian!! Salad pepaya campur kepiting yang ditumbuk di depan gue pun sangat segar dan enak. Sedangkan leher babi yang gue pesen, luar biasa rasanya. Baru sekarang nyobain leher babi dan ternyata begini sedap. Harganya? Total semuanya 210 Baht atau Rp. 72.500. Kenyaaaang.

makanbangkok

all these things, for me alone :p

makanbangkok

the salt grilled fish

2. Wonton NoodlesMie Pangsit

Gue turun di BTS Thong Lor, jalan 2 menit dari situ dan sampai di satu jalan bernama Sukhumvit Soi 38 yang penuh penjual makanan pinggir jalan. Disini terdapat beberapa penjual makanan yang sangat terkenal di Bangkok. Salah satunya yang jadi favorit ialah sebuah gerobak mie pangsit. Sebagai info, disini banyak banget yang jual mie pangsit, jadi jangan sampai ketuker yaa. Tempat mie yang ngetop ini dikelola oleh kakak beradik dan katanya mereka sudah dagang turun temurun selama 40 tahun. Mereka juga ngaku sebagai yang pertama jual mie pangsit di Soi 38.

Begitu gue yakin bahwa gue menemukan gerobak yang tepat (nggak ada namanya soalnya), gue memesan semangkok mie pangsit kering tapi tetep dapat kuah terpisah, seharga 50 Baht atau Rp.17.500 aja. Dalam waktu sangat singkat, mangkok mie-nya sudah tersaji di depan muka gue. Mie-nya nggak terlalu banyak memang, tapi diatasnya ditaro banyak daging babi, daging kepiting, pangsit basah, dan taburan sayur plus daun bawang. Gue tambahin bubuk cabe, cabe potong, tuangin kuah dikit, dan hajar. Wah, fix nih, ini salah satu mie pangsit paling enak yang pernah gue coba. Serius.

makanbangkok

meet the brothers who sell the yummy wonton noodles

bangkokfood

makanbangkok

my noodles and super excited me

Btw nggak usah takut jorok makan pinggir jalan disini, karena pas gue ngintip cara mereka nyuci piring, jauh lebih bersih kok caranya dibandingin abang-abang tukang nasi goreng pinggir jalan di Jakarta. Haha!

update Juli 2016:  Soi 38 resmi ditutup oleh pemerintah karena permasalah lahan. Jadi semua tempat makan favorit disini sudah pindah bahkan banyak yang tutup selamanya dan ganti usaha. Goodbye Soi 38, thank you for your delicious meals!

3. Soul Food Mahanakorn Restaurant

Di Bangkok, ada satu resto yang sangat ngetop di kalangan expat atau bule terletak di Sukhumvit Soi 55 atau yang lebih dikenal dengan Soi Thong Lor. Namanya ialah Soul Food Restaurant. Gue bareng temen-temen kesana untuk nyobain makanannya. Ini tempat terkenal pasti karena alasan yang jelas ya kan. Jadi supaya nggak penasaran, kita nyobain hampir semua dari menu yang ada!!!!

makanbangkok

Ada ‘Yam Makrua Yao’ (salad), ‘Crispy Southern Style Samosas’ (sejenis pastel a la India), ‘Sai Ooah Sausages’ (beberapa pilihan sosis asal Chiang Mai), “Nahm Tok Moo’ (hidangan daging babi panggang), ‘Chan Kao Chicken Wings’ (sayap ayam), Yam Makrua Yao’ (terong bumbu), dan banyak masakan lainnya. Kalap memang. Tiap kali makanan yang kita pesan dateng, semuanya sangat memuaskan. Tapi kalo harus di urutin, favorit gue ialah ‘Sticky Tamarind Rib’ (iga panggang bumbu), dan yang menurut gue paling biasa aja ialah sosis-nya.

bangkokfood

samosas

bangkokfood

Sticky Tamarind Rib

bangkokfood

Kita juga nyobain beberapa jenis minuman yang mereka punya. Hasilnya? Bon-nya jadi malah banget! Haha! Padahal seporsi makanan rata-rata seharga 150 Baht atau sekitar Rp.50.000-an, tapi gara-gara kita menggila makan minumnya, bonnya mencapai 4500 Baht atau kurang lebih RP.1,5 juta rupiah untuk 5 orang. Wakwaw.

Menurut gue, tempat ini amat sangat menyenangkan untuk makan enak sambil nongkrong ama temen-temen. Yang dateng rata-rata bule tapi lebih ke professional muda gitu. Jadi untuk hidangan makanan Thailand yang berkelas, wajib mampir kesini. Soul food banget!

4. Mango Sticky Rice – Ketan Mangga

Ditulisan gue yang lain –> (silahkan di klik) “10 Things I Did in Bangkok”, gue nulis tentang betapa cintanya gue dengan kuliner yang satu ini. Habis nya cuma bisa dicobain di Bangkok doang. Jadi selalu ngangenin… (halah! 😀 ) Di Jakarta, susah banget nemunya. Kalaupun ada, rasa ketannya pasti lain. Kalau pun rasa ketannya mirip, MANGGAnya pasti benar-benar lain! Mangga harum manis yang matang sekalipun, cita rasanya tuh sangat berbeda dengan cita rasa mangga Bangkok.

Anyway, ada dua tempat ketan mangga paling enak se-Bangkok! (ini katanya orang lokal ya…). Yang pertama berada di jalan yang sama tempat Soul Food Restaurant berada yaitu di Soi Thong Lor, dan yang kedua di Soi 38 persis berhadapan dengan gerobak Mie Pangsit yang dibahas di nomor 2. Jadi sekali lewat, bisa langsung dapet 2 tempat enak sekaligus. Yang berada di Soi Thong Lor, bentuknya seperti warung kecil yang dipenuhi buah mangga disana sini. Mereka menjual ketan mangga uenak seharga 100 Baht atau Rp.33.000 seporsi. Ketannya 3 warna, putih hitam dan hijau sehingga beda dari yang biasanya hanya warna putih biasa. Porsinya juga otomatis lebih banyak dari yang biasa dijual di tempat lain. Wajib coba.

makanbangkok

the one on Soi Thong Lor

makanbangkok

Mango sticky rice – Soi Thong Lor

Yang di Soi 38, tempatnya hanya di gerobak sederhana aja, tapi yang dijual mantep banget. Ada adik kakak yang setia menjual ketan mangga disini, setiap hari dari jam 8 malam sampai jam 2 pagi. Gue bisa tau karena pernah dateng jam 8 pas mereka baru buka, dan gue juga pernah dateng jam 2 pagi waktu mereka mau beres-beres tutup. Rasa ketan dan santan yang gurih, bercampur mangga super manis plus butiran ‘kacang hijau kering’ crunchy yang dicampur jadi satu, menimbulkan sensasi rasa yang bisa gue sebut sebagai my personal favorite. Harganya lebih murah, yaitu 60 Baht atau Rp.21.000. Tiap kali berkunjung ke Bangkok, rasanya nggak afdol kalau nggak mampir kesini.

makanbangkok

the one on Soi 38

makanbangkok

super yuummmyyy mango sticky rice – Soi 38 Bangkok

5. WTF Café and Gallery

Ini adalah tempat ngopi dan nongkrong yang berada di 7 Sukhumvit Soi 51. Rata-rata anak-anak muda dan expat di Bangkok suka untuk nongkrong di tempat yang lokasinya agak susah ditemukan ini. Letaknya nggak di pinggir jalan, tapi harus masuk-masuk ke dalam jalan kecil gitu. Tempatnya juga nggak hingar bingar dan nggak gede. Mungil bahkan. Untuk Bangkok yang semuanya serba heboh, ini tempat terbilang unik jadinya.

makanbangkok

the look of WTF, I didn’t take photos there, so this photo is taken from AsiaWeb

WTF sendiri bukan singkatan dari ‘What the F***’, tapi singkatan dari Wonderful Thai Friendship. Hehehe. Gue kesini waktu itu bareng ama teman-teman dan nikmatin banget untuk bisa ngopi dan makan ala tapas disini (Tapas adalah makanan pembuka khas Spanyol, terdiri dari berbagai jenis makanan yang datang dalam porsi-porsi kecil). Makanan dan minumannya enak-enak dengan harga makanan tapasnya berkisar dari 70-260 Baht atau sekitar Rp.25-90 ribu-an. Selain tempatnya asik, disini gue juga bisa liat banyak karya seni keren kayak lukisan, hasil fotografi dan poster-poster klasik yang bikin suasananya makin menarik. Di lantai 2-nya bahkan sering di pakai untuk pameran seni gituh. Seru ya… Jadi kalau bingung mau ngobrol yang nyaman dimana di Bangkok, menurut gue sih langsung kesini aja. Awas jangan nyasar tapinya.

Udah gue kasih tau sementara 5 tempat favorit gue, dan mungkin bakal gue tambah lagi daftar tempatnya besok-besok. Gimana, mau nyoba juga? Jangan lupa tinggalin komentar ya guys! thank u:)

If you want updates on traveling to BANGKOK, FOLLOW me NOW!

write down your email and I will give you free updates and many more

update Juli 2016:  Sukhumvit Soi 38 (list nomor 2 dan 4) sudah resmi ditutup oleh pemerintah karena permasalah lahan. Jadi semua tempat makan favorit disini sudah pindah bahkan banyak yang tutup selamanya dan ganti usaha. Goodbye Soi 38, thank you for your delicious meals!

 

You don’t need a silver fork to eat good food -Paul Prudhomme @olivelatuputty.com @shiningliv

Tags:  , ,

16 comments to Good Food, Makan-makan di Bangkok!

  • adeline  says:

    penasaran banget ama ikan garamnya. itu nama rumah makannya apa dan lokasinya dimana ya?? thanksss

    • Olive  says:

      halo adeline.. thank u udah berkunjung ke blogku.. lokasi udah aku tulis di tulisannya.. please do read.. nama resto kayaknya pake bahasa thailand jadi nggak ngerti hehehe happy traveling!

  • lia  says:

    hai, kalau yang mango sticky rice di soi 38 apakah tau pindah ke mana? thx

    • Olive  says:

      hi Lia.. thank u for reading… aku belom ke Bangkok lagi, jadi belom bisa confirm pindahnya kemana.. kalau kesana duluan and nemu, please let me know also ya.. hehehe thank u

  • Andre  says:

    Hi… aku nginep di Baiyoke sky, makanan yang enak dekat sini apa ya. Thank you

    • Olive  says:

      halo Andre, sayangnya saya nggak pernah nginep di situ jadi nggak punya jawabannya:) have fun in Thailand ya! semoga nemu tempat makan enak2 disana!

  • Adrian  says:

    Ketan Mangga di soi 38 itu asli ketan mangga paling enak yg pernah gw cobain di bangkok. Dan itu jg ga sengaja krn gw nginep di hostel di soi 38. Da best ever. Dan murah. Dan banyak. Beda sama yg beli di mall. Sayangnya makanan2 di soi 38 udah tutup yah…

    • Olive  says:

      da best right?? hehehehe iya sayangnya udah tutup. Thank u Adrian for reading!

  • elrika  says:

    liv makan-makan di singapore dong yang enak dimana? thanks

    • Olive  says:

      halo thank u for reading! banyak kok di Singapore yang enak.. aku udah nulis beberapa di blog, nanti akan di tambah lagi lain waktu:)

  • putra  says:

    thanks info kulinernya .minggu depan ke to bangkok wisata kuliner .mohon info lagi dong makanan yg enak mantap

    • Olive  says:

      thank u for reading:) good food everywhere in Bangkok! enjoy your trip ya!

  • Anonymous  says:

    Olive tolong info donk… kita akan nginep di Novotel platinum dan mauuu banget pergi makan ke no.1 (ikan bakar) dan no.2 (mie pangsit dan mango sticky rice), gimana caranya kesana dan utk makan malam saja kah adanya? Thanks

    • Olive  says:

      halo, sorry baru buka blog lagi, semoga belom telat kasi jawaban… kalau nginep di novotel tinggal jalan ke nomor 1 dan tinggal naik bts ke Thong Lor untuk yang nomor 2. pas turun bts tinggal cari soi 38. Dua-duanya buka hanya malam aja. have fun in Bangkok!

  • Hendra Winata  says:

    Br tau itu leher babi panggang.. Wkt itu makan,tp ga tau namanya,, ga ngerti. Haha..Kok km bs ngerti?

    • Olive  says:

      hahaha..waktu itu sih udah ada terjemahan plus foto di menu nya:D

Post Your Comment