Good Food, Makan-makan di Bangkok!

Makan-makan di Bangkok yuk! Beberapa kali ke Bangkok, gue dapet info dari kanan kiri untuk nyobain makanan ini dan itu. Gue juga nyobain makanan sendiri disana sini. Setelah dilahap semua, gue akhirnya sepakat ama diri sendiri untuk menobatkan 5 tempat makan ini sebagai tempat makan favorit di Bangkok.

Tulisan Baru, UPDATE kuliner BANGKOK (2019) – KLIK DISINI

1. Ikan Panggang Garam – Salt Grilled Fish

Waktu habis belanja di Platinum Pratunam Bangkok dan mau balik naik BTS, gue jalan menuju mall gede yang namanya Central World, tepat di sebelah Platinum. Dalam perjalanan itulah gue menemukan di pinggir jalan sebelah kanan ada beberapa tempat makan tenda yang menjual aneka seafood, termasuk sejenis ikan yang bentuknya agak aneh buat gue. Ikan nya gede, lagi dipanggang gitu sama mereka, tapi warnanya PUTIH karena dilumurin penuh sama garam. Ini tempat makan rameee banget ama orang lokal. Beberapa tenda sampe nggak muat nampung pengunjung. Hm, ini tanda bahwa makanannya enak! Gue memilih salah satu tenda yang paling rame dan nyempil disitu. Kebetulan gue lagi sendirian, jadi dapet tempat deh.

Gue mesen ikan garam yang memang sangat menarik perhatian gue, dan beberapa menu lain yaitu Papaya Salad dan Leher Babi Panggang. Mereka juga secara gratis nyediain sayur-sayuran mentah, alias lalapan dengan porsi gede diatas meja.

Pas ikan garam nya datang, kulit yang penuh garam diiris dan dibuka di depan kita, jadi yang kita makan hanya daging ikannya saja yang kelihatan sangat lembut, harum, masih panas, dan sangat mengundang. Rasanya? ENAK banget. Apalagi di cocol di sambal khusus nya. Gue ngabisin satu ekor ikan sendirian!! Salad pepaya campur kepiting yang ditumbuk di depan gue pun sangat segar dan enak. Sedangkan leher babi yang gue pesen, luar biasa rasanya. Baru sekarang nyobain leher babi dan ternyata begini sedap. Harganya? Total semuanya 210 Baht. Kenyaaaang.

makanbangkok
all these things, for me alone :p

 

makanbangkok
the salt grilled fish

 

2. Wonton Noodles – Mie Pangsit

Gue turun di BTS Thong Lor, jalan 2 menit dari situ dan sampai di satu jalan bernama Sukhumvit Soi 38 yang penuh penjual makanan pinggir jalan. Disini terdapat beberapa penjual makanan yang sangat terkenal di Bangkok. Salah satunya yang jadi favorit ialah sebuah gerobak mie pangsit. Sebagai info, disini banyak banget yang jual mie pangsit, jadi jangan sampai ketuker yaa.

Tempat mie yang ngetop ini dikelola oleh kakak beradik dan katanya mereka sudah dagang turun temurun selama 40 tahun. Mereka juga ngaku sebagai yang pertama jual mie pangsit di Soi 38.

Begitu gue yakin bahwa gue menemukan gerobak yang tepat (nggak ada namanya soalnya), gue memesan semangkok mie pangsit kering tapi tetep dapat kuah terpisah, seharga 50 Baht atau Rp.17.500 aja. Dalam waktu sangat singkat, mangkok mie-nya sudah tersaji di depan muka gue. Mie-nya nggak terlalu banyak memang, tapi diatasnya ditaro banyak daging babi, daging kepiting, pangsit basah, dan taburan sayur plus daun bawang. Gue tambahin bubuk cabe, cabe potong, tuangin kuah dikit, dan hajar. Wah, fix nih, ini salah satu mie pangsit paling enak yang pernah gue coba. Serius.

makanbangkok
meet the brothers who sell the yummy wonton noodles

 

makan-makan di Bangkok

makanbangkok
my noodles and super excited me

 

Btw nggak usah takut jorok makan pinggir jalan disini, karena pas gue ngintip cara mereka nyuci piring, jauh lebih bersih kok caranya dibandingin abang-abang tukang nasi goreng pinggir jalan di Jakarta. Haha!

3. Soul Food Mahanakorn Restaurant

Di Bangkok, ada satu resto yang sangat ngetop di kalangan expat atau bule terletak di Sukhumvit Soi 55 atau yang lebih dikenal dengan Soi Thong Lor. Namanya ialah Soul Food Restaurant. Gue bareng temen-temen kesana untuk nyobain makanannya. Ini tempat terkenal pasti karena alasan yang jelas ya kan. Jadi supaya nggak penasaran, kita nyobain hampir semua dari menu yang ada!!!!

makanbangkok

Ada ‘Yam Makrua Yao’ (salad), ‘Crispy Southern Style Samosas’ (sejenis pastel a la India), ‘Sai Ooah Sausages’ (beberapa pilihan sosis asal Chiang Mai), “Nahm Tok Moo’ (hidangan daging babi panggang), ‘Chan Kao Chicken Wings’ (sayap ayam), Yam Makrua Yao’ (terong bumbu), dan banyak masakan lainnya. Kalap memang. Tiap kali makanan yang kita pesan dateng, semuanya sangat memuaskan.

Tapi kalo harus di urutin, favorit gue ialah ‘Sticky Tamarind Rib’ (iga panggang bumbu), dan yang menurut gue paling biasa aja ialah sosis-nya.

bangkokfood
samosas
makan-makan di Bangkok
Sticky Tamarind Rib

 

bangkokfood
enjoying makan-makan di Bangkok with Friends

 

Kita juga nyobain beberapa jenis minuman yang mereka punya. Hasilnya? Bon-nya jadi malah banget! Haha! Padahal seporsi makanan rata-rata seharga 150 Baht atau sekitar Rp.50.000-an, tapi gara-gara kita menggila makan minumnya, bonnya mencapai 4500 Baht atau kurang lebih Rp .1,5 juta rupiah (menurut kurs waktu itu) untuk 5 orang. Wakwaw.

Menurut gue, tempat ini amat sangat menyenangkan untuk makan-makan enak di Bangkok sambil nongkrong ama temen-temen. Yang dateng rata-rata bule tapi lebih ke professional muda gitu. Jadi untuk hidangan makanan Thailand yang berkelas, wajib mampir kesini. Soul food banget!

4. Mango Sticky Rice – Ketan Mangga

Ditulisan gue yang lain –> (silahkan di klik) “10 Things I Did in Bangkok”, gue nulis tentang betapa cintanya gue dengan kuliner yang satu ini. Habis nya cuma bisa dicobain di Bangkok doang. Jadi selalu ngangenin… (halah! 😀 ) Di Jakarta, kalaupun nemu, rasa ketannya pasti lain. Kalau pun rasa ketannya mirip, MANGGAnya pasti benar-benar lain! Mangga harum manis yang matang sekalipun, cita rasanya tuh sangat berbeda dengan cita rasa mangga Bangkok.

Makan-makan di Bangkok nggak pernah lengkap tanpa menu ini. Anyway, ada dua tempat ketan mangga paling enak se-Bangkok! (ini katanya orang lokal ya…). Yang pertama berada di jalan yang sama tempat Soul Food Restaurant berada yaitu di Soi Thong Lor, dan yang kedua di Soi 38 persis berhadapan dengan gerobak Mie Pangsit yang dibahas di nomor 2. Jadi sekali lewat, bisa langsung dapet 2 tempat enak sekaligus.

Yang berada di Soi Thong Lor, namanya Mae Vaee Mango Sticky Rice, bentuknya seperti warung kecil yang dipenuhi buah mangga disana sini. Mereka menjual ketan mangga uenak banget. Ketannya 3 warna, putih hitam dan hijau sehingga beda dari yang biasanya hanya warna putih biasa. Porsinya juga otomatis lebih banyak dari yang biasa dijual di tempat lain. Wajib coba.

makan-makan di Bangkok
the one on Soi Thong Lor

 

makan-makan di Bangkok
Mango sticky rice – Soi Thong Lor

 

Yang di Soi 38, tempatnya hanya di gerobak sederhana aja, tapi yang dijual mantep banget. Ada adik kakak yang setia menjual ketan mangga disini, setiap hari dari jam 8 malam sampai jam 2 pagi. Gue bisa tau karena pernah dateng jam 8 pas mereka baru buka, dan gue juga pernah dateng jam 2 pagi waktu mereka mau beres-beres tutup. Rasa ketan dan santan yang gurih, bercampur mangga super manis plus butiran ‘kacang hijau kering’ crunchy yang dicampur jadi satu, menimbulkan sensasi rasa yang bisa gue sebut sebagai my personal favorite. Harganya juga sangat murah.

Tiap kali berkunjung ke Bangkok, rasanya nggak afdol kalau nggak mampir kesini. Terakhir gue kemari, mereka menolak menjual, karena mangga-nya lagi nggak ada yang matang sempurna. Hebat ya sampai nolak pelanggan demi menjaga mutu. Itu pasti rahasia mereka untuk menjaga customer balik lagi terus.

makan-makan di Bangkok
the one on Soi 38

 

makanbangkok
super yuummmyyy mango sticky rice – Soi 38 Bangkok

 

5. WTF Café and Gallery

Ini adalah tempat ngopi dan nongkrong yang berada di 7 Sukhumvit Soi 51. Rata-rata anak-anak muda dan expat di Bangkok suka untuk nongkrong di tempat yang lokasinya agak susah ditemukan ini. Letaknya nggak di pinggir jalan, tapi harus masuk-masuk ke dalam jalan kecil gitu. Tempatnya juga nggak hingar bingar dan nggak gede. Mungil bahkan. Untuk Bangkok yang semuanya serba heboh, ini tempat terbilang unik jadinya.

makan-makan di Bangkok
the look of WTF, I didn’t take photos there, so this photo is taken from AsiaWeb

 

WTF sendiri bukan singkatan dari ‘What the F***’, tapi singkatan dari Wonderful Thai Friendship. Hehehe. Gue kesini waktu itu bareng ama teman-teman dan nikmatin banget untuk bisa ngopi dan makan ala tapas disini (Tapas adalah makanan pembuka khas Spanyol, terdiri dari berbagai jenis makanan yang datang dalam porsi-porsi kecil). Makanan dan minumannya enak-enak dengan harga makanan tapasnya berkisar dari 70-260 Baht.

Selain tempatnya asik, disini gue juga bisa liat banyak karya seni keren kayak lukisan, hasil fotografi dan poster-poster klasik yang bikin suasananya makin menarik. Di lantai 2-nya bahkan sering di pakai untuk pameran seni gituh. Seru ya… Jadi kalau bingung mau ngobrol yang nyaman dimana di Bangkok, menurut gue sih langsung kesini aja. Awas jangan nyasar tapinya.

Udah gue kasih tau sementara 5 tempat favorit gue untuk makan-makan di Bangkok, dan mungkin bakal gue tambah lagi daftar tempatnya besok-besok. Gimana, mau nyoba juga? Jangan lupa tinggalin komentar ya guys! thank u:)

makan-makan di Bangkok

UPDATE: 2019 – TULISAN MAKAN ENAK DI BANGKOK VERSI 2019 KLIK DISINI

If you want updates on traveling to BANGKOK, FOLLOW me NOW!

write down your email and I will give you free updates and many more

#update Bangkok Food: Pad Thai terenak di Bangkok, klik disini

#update 2018:  Sukhumvit Soi 38 (list nomor 2 dan 4) sempat ditutup oleh pemerintah karena permasalah lahan. Jadi tempat makan favorit disini banyak yang pindah bahkan banyak yang tutup selamanya dan ganti usaha. Ada yang masih bertahan dan berjualan. SIlahkan dicek sendiri ke lokasi untuk mengetahui apakah list nomor 2 dan 4 masih berjualan di tempat yang sama. Thank u!

 

You don’t need a silver fork to eat good food -Paul Prudhomme @olivelatuputty.com @shiningliv

(24) Comments

  1. Anonymous says:

    Halo mau tany itu wonton noodles jual dari jam berapa sampai jam berapa ya? Tq

    1. halo… thanks for reading.. kayaknya sih se abis nya ya.. sekitar jam 12 atau 1 pagi

  2. Anonymous says:

    Hallo olive.. Mau nanya yg ikan garam itu abangnya yg pake sedotan di telinga bukan yah? Soalnya ada bbrp seafood jg dekat sana.. Trims

  3. Hallo Olive, sy mau ke bkk maret depan, kalo makanan yg halal apa favorite nya?

    1. halo Septi.. makanan Hallal di Bangkok gampang ditemuin kok kalo masuk mal besar kayak MBK atau Siam Paragon.. kalo mau yang street food ada semua di Petchaburi soi 7… selamat jalan jalan ya.. thank u for reading:)

    2. Anggi says:

      Hallo septi maret tanggal brp?kbetulan sy ber2 sama teman tgl 18-21 ini mau ke bangkok

  4. saputra says:

    boleh tanya makan babi panggang kecil bangkok ada di mana

    1. sorry… i just realized i got this comment.. maaf ya nggak kebales…

  5. adeline says:

    penasaran banget ama ikan garamnya. itu nama rumah makannya apa dan lokasinya dimana ya?? thanksss

    1. halo adeline.. thank u udah berkunjung ke blogku.. lokasi udah aku tulis di tulisannya.. please do read.. nama resto kayaknya pake bahasa thailand jadi nggak ngerti hehehe happy traveling!

  6. lia says:

    hai, kalau yang mango sticky rice di soi 38 apakah tau pindah ke mana? thx

    1. hi Lia.. thank u for reading… aku belom ke Bangkok lagi, jadi belom bisa confirm pindahnya kemana.. kalau kesana duluan and nemu, please let me know also ya.. hehehe thank u

  7. Andre says:

    Hi… aku nginep di Baiyoke sky, makanan yang enak dekat sini apa ya. Thank you

    1. halo Andre, sayangnya saya nggak pernah nginep di situ jadi nggak punya jawabannya:) have fun in Thailand ya! semoga nemu tempat makan enak2 disana!

  8. Ketan Mangga di soi 38 itu asli ketan mangga paling enak yg pernah gw cobain di bangkok. Dan itu jg ga sengaja krn gw nginep di hostel di soi 38. Da best ever. Dan murah. Dan banyak. Beda sama yg beli di mall. Sayangnya makanan2 di soi 38 udah tutup yah…

    1. da best right?? hehehehe iya sayangnya udah tutup. Thank u Adrian for reading!

  9. elrika says:

    liv makan-makan di singapore dong yang enak dimana? thanks

    1. halo thank u for reading! banyak kok di Singapore yang enak.. aku udah nulis beberapa di blog, nanti akan di tambah lagi lain waktu:)

  10. putra says:

    thanks info kulinernya .minggu depan ke to bangkok wisata kuliner .mohon info lagi dong makanan yg enak mantap

    1. thank u for reading:) good food everywhere in Bangkok! enjoy your trip ya!

  11. Anonymous says:

    Olive tolong info donk… kita akan nginep di Novotel platinum dan mauuu banget pergi makan ke no.1 (ikan bakar) dan no.2 (mie pangsit dan mango sticky rice), gimana caranya kesana dan utk makan malam saja kah adanya? Thanks

    1. halo, sorry baru buka blog lagi, semoga belom telat kasi jawaban… kalau nginep di novotel tinggal jalan ke nomor 1 dan tinggal naik bts ke Thong Lor untuk yang nomor 2. pas turun bts tinggal cari soi 38. Dua-duanya buka hanya malam aja. have fun in Bangkok!

  12. Hendra Winata says:

    Br tau itu leher babi panggang.. Wkt itu makan,tp ga tau namanya,, ga ngerti. Haha..Kok km bs ngerti?

    1. hahaha..waktu itu sih udah ada terjemahan plus foto di menu nya:D

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You