jalan-jalan ke Pulau Penang – tahun baru 2015

penang

Dimana ya tempat nggak jauh dari Jakarta yang belum pernah (dan pengen banget) kita datengin? Jawabannya PENANG, Malaysia!

Jadi di akhir tahun 2014 gue memutuskan untuk terbang ke Penang bareng suami tercinta. Terbang ke Penang selama 2 jam 20 menit pake Air Asia agak lumayan deg2an karena hanya berjarak 2 hari dari jatuhnya penerbangan Air Asia QZ8501 Sby-SG (may they rest in peace). PLUS, kita berdua awalnya ketinggalan pesawat karena Terminal 3 MACET TOTAL hari itu. Ujung2nya kita berdua terbang besok paginya dengan membeli tiket baru. BAH!!!! Banyak rencana yg batal juga jadinya, termasuk janjian ama beberapa temen di Penang. Okay, enough complaining. 

Yang gue tau, orang2 rata-rata kesini untuk berobat karena Penang terkenal banget dengan fasilitas medisnya yang oke, berkelas dengan harga jauh lebih murah dari Singapore. Mangkanya kita satu pesawat ama beberapa ibu2 tua berkursi roda. Temen2 juga banyak kesini untuk wisata kuliner karena makanannya enak2. Dan gue kesini, simply untuk berlibur dan menjajaki tempat baru.

penang8

set,ready to fly.

penang2

the hills area

Kesan pertama begitu sampai Penang ialah ADEM. Mungkin karena dikelilingin bukit-bukit hijau. Kesan kedua, bersih. Kesan ketiga, langsung pengen muter-muter! Nah, untuk bisa keliling Penang sampai puas, kita memilih untuk naik bus HOP ON HOP OFF, bus tingkat pariwisata di Penang. Dengan bayar 45 Ringgit (Rp.160 ribuan) per orang, kita punya hak 24 jam untuk muterin Penang pake bus ini (jam operasinya dari jam9 pagi sampai 8 malem). Dia bakal berhenti di semua lokasi wisata, dan kita tinggal naik turun aja. Bus ini lewat setiap 20-30 menit. Very handy! Kita berdua langsung duduk paling atas dan paling depan di bus ini, biar jelas semua pemandangan. Hehehe. Penang terdiri atas 3 bagian utama (menurut gue sih ya setelah muter2) yaitu wilayah pegunungan, wilayah pantai dan wilayah kota. My favorite part, the mountains!

penang 10

me, relaxing on the bus

penang3

one of HOP ON HOP OFF areas – Hard Rock Hotel Batu Ferringhi

Di bagian pegunungan, bintangnya ialah PENANG HILL/Bukit Bendera yang cantik banget pemandangannya. Sangat mengingatkan gue pada salah satu tempat wisata yg namanya Victroria Peak di Hongkong. Naiknya musti pake kereta dan dari atas keliatan deh seluruh pulau Penang. Di bagian pantai, bintangnya ialah BATU FERRINGHI, lokasi wisata pantai yang punya batu-batu besar, berpasir putih kecoklatan, hotel-hotel mewah, resto2 seafood ,pasar malam, dll. Mirip kayak di daerah Pantai Cenang di Pulang Langkawi – kalo yang udah pernah kesana pasti tau maksud gue. Dan di bagian kota, bintangnya pastinya ya Georgetown si ibukota yang sangat fotogenik dengan rumah-rumah tua dan gedung-gedung klasik menarik, lengkap dengan MURAL – lukisan dinding yg tersebar di seluruh kota sebagai salah satu daya tarik turis, dan makanan enak dimana-mana. Lengkap sudah.

photo 4

what the beach look like in Penang

peennang

a sight near Penang Hill

penang11

me posing with one of most famous MURALS in Georgetown

Long story short, sampai juga di moment malam tahun baru. Pesta utama tahun baru di Penang yang tadinya dipromoin bakal super meriah ternyata last minute dibatalin untuk menghargai bencana banjir bandang yang sedang terjadi di banyak wilayah di Malaysia.

Jadinya mereka bikin charity party dengan nyediain panggung musik di wilayah pinggir laut di ESPLANADE Penang dengan hiburan musisi2 lokal. (but sorry to say ya, gue bener2 nggak suka sama musik mereka… oh help me God.. Bayangin deh, masak lagu tahun barunya yg di nyanyiin ama bandnya ialah lagu lama Amy Search ‘Andai dipisaahhhh laut dan pantaiiiii….tak akann goyahhh ’ sambil jerit2 gitu.. ampuuun deh, mereka belum move on juga dari tahun 1990 an!! . 😅

Gue dan suami harus nyiptain kebahagiaan sendiri dengan having our own BUBBLE PARTY. Kebetulan banyak orang yg bawa pistol balon air, dan kita pun beli pistol yang sama, jadi sibuk main balon air deh. Pesta kembang api juga ujung-ujungnya dibatalin ama pemerintah. Tapi kita tetep bisa liat kembang api sih dari daerah Gurney, walau artinya kembang apinya nggak persis di atas kepala kita. It was beautiful enough to be enjoyed from across the beach tho.. (fyi, Gurney adalah tempat ngetop di Penang dimana ada mall, pantai dan makanan pinggir jalan yang rame pengunjung banget, model esplanade-nya Singapore gitu kali ya..). Untungnya sebelom ke acara di Esplanade, kita udah sempet ke pesta ulang tahun temen duluan, orang Brazil yang tinggal di Penang. Good music, good Brazillian food including bbq, good friends, good ambience, and good times right by the pool. So, it’s all good!

penang9

a cup of coffee at one corner in GURNEY PLAZA mall

penang 7

Gurney beach, pas lagi surut..

penang 5

Penang Skyline AFTER the new year’s FIREWORKS 2015

penang12

me and the ambience in Esplanade Penang, with the white Town Hall behind me

penang 7

US with our BUBBLES, new year 2015

Waktu berjalan, dan jam12 tepat pun tiba. HAPPY NEW YEAR 2015 from PENANG Malaysia. We believe in a new year full of miracles, goodness, blessings, and lots of fun. Dan Penang, walau perayaan tahun baru loe agak kurang meyakinkan, gue jujur suka banget dengan suasana keseluruhan pulau yang ada. Gue juga baru tau nih kalau ternyata di Penang tuh ada acara marathon yang pelarinya musti nyebrangin jembatan Penang Second Bridge, jembatan di Penang yang merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara sekarang (tahun 2015 – panjang jembatan 24 km). Ada juga festival jazz tahunan tiap bulan Desember disini. Ada festival makan duren di bulan Juli, festival Georgetown di bulan Agustus, dan festival2 tahunan seru lainnya. Jadi bisa dijamin kita pasti bakal balik lagi. See u soon!

 

 for comments, please leave them below guys and don’t forget to follow… thank you:)

FOLLOW the BLOG now!

if you like this blog, tinggal masukin alamat email, dan dapetin update cerita travel gue for FREE

 

Oprah once said : Cheers to a new year and another chance for us to get it right olivelatuputty.com @shiningliv

 

Post Your Comment