Buka Jastip Pertama Kali di Hongkong. Nagih atau Kapok?

“Di satu momen gue duduk kecapekan dengan smua barang belanjaan gue lempar aja di samping gue. Sampe lupa makan bahkan.

Buset dah gini amat cari duit.”

 


 

Pada suatu hari seorang teman dekat nawarin apakah gue bersedia gabung di grup watsap dia, yang isinya BUKA PO LIVE SHOPPING dan JASTIP di Bangkok Thailand. Gue sebenernya lagi males belanja. Tapi karena ada satu buah bedak yang memang pengen gue titip beli dari Bangkok, maka gabunglah gue ke grup watsap tersebut. Temen gue ini sama beberapa teman dia lagi ada acara di Bangkok dan mereka nawarin berbagai jenis barang yang mereka lihat di Bangkok di grup tersebut. Kalo kita mau beli tinggal bilang. Seru juga ternyata. Gue ujung-ujungnya beli sebuah celana, sebuah eye liner dan si bedak yang emang dari awal gue titip tersebut.

Hm, sebuah ide muncul di kepala gue. 

Gue kan bulan depannya mau ke Hongkong nemenin suami. Dan gue udah beberapa kali ke Hongkong sebelumnya jadi udah pernah jalan-jalan sebagai turis kesana sini. Kerja ngemci di Hongkong pun pernah.

Daripada manyun sendirian di Hongkong pas suami sibuk, mending gue buka PO and Jastip beginian juga aja kali ya di sana… Apalagi suami dan teman suami yang berangkat bareng gue tuh nggak ada rencana bawa barang banyak. Jadi kayaknya bagasi mereka bisa gue taro barang-barang titipan. Sounded like a good idea, so I acted upon it.

Gue bikin sebuah grup watsap dan menawarkan teman-teman untuk join. Gue udah mikir nggak mau nawarin orang nggak kenal dan maunya hanya maksimal 75 orang. Nggak mau kebanyakan takut ribet, soalnya gue sendirian kan belanjanya. Gue pikir cukuplah sehari dari beberapa hari disana yang akan gue dedikasikan untuk nyobain ala-ala buka jastip pertama kali di Hongkong ini.

welcome to HK

 

Sampai di Hongkong, gue langsung muter-muter sana sini dan mulai menemukan banyak barang menarik yang bisa ditawarin untuk buka PO. Dari masker, kosmetik, makanan, baju, sepatu dan tas. Gue juga langsung menargetkan satu mall saja untuk gue ubek-ubek, sehingga nggak perlu pindah sana-sini.

Mekanisme kerjanya ialah gue akan post barang-barang yang gue liat dengan harga yang sudah gue ambil untung sewajarnya orang jualan, lalu teman-teman bisa pesen dan beli. Setelah terkumpul pesanan, gue akan beliin. Mereka bisa bayar before/after barang sampai Jakarta.

Dan lalu dimulailah si Open PO live shopping alias jastip tersebut. 

Hongkong at night.. selalu serame ini (sebelum covid pastinya)

 

Awalnya seru banget, karena teman-teman banyak yang respon dan belanja. Gue semangat banget. Tapi setelah beberapa waktu gue dijalani, mulai lah gue sadar bahwa ini nggak semudah yang gue bayangkan. Ini RIBET BANGET sodara-sodara! Apalagi untuk gue yang baru pertama kali melakukannya, tanpa pengalaman apapun. Modal nekad dan sok tau doang. Wkwkwkwkwk

– Pertama, gue tuh belanja sendirian. Kebayang musti bawa barang pesanan puluhan orang. Berat bok barang-barang tuhh!  

– Karena belanjaan banyak, gue otomatis tenteng koper besar yang kalo digeret kemana-kemana susah dan lagi-lagi, BERAT! Gue akhirnya menjadi mbak-mbak yang sering gue temuin di Platinum Mall Bangkok atau di Myeongdong Seoul Korea. Mbak-mbak pembawa koper besar sambil belanja. I was one of them in Hongkong. Huaaaaaa 

– Walau sudah dibilang jangan ada yang cancel, tetep ada aja loh yang cancel belanjaannya. Dan ada yang gue udah keburu beli…..HIKS

– Barang ada yang habis. Jadinya gue niatin cari di tempat lain barang yang sama. Pusing keliling-keliling mencari.

– Nunggu respon beberapa orang suka lemot di watsap. Model beda dikit mau gak? Jadinya pesen satu atau dua? Akibatnya gue ngabisin waktu lamaaaaaaaaa banget untuk konfirmasi.

Harga di Hongkong tuh nggak kayak di Bangkok atau Cina yang bisa super duper murah. Di Hongkong mereka buka harga awal udah sangat mahal karena harga sewa toko mereka yang emang tinggi. Jadi untuk nawar sampe dapat harga pas tuh bener-bener perjuangan tingkat dewa. Mana penjualnya banyak yang jutek banget kayak gak butuh duit. Asli kalo gue  bukan anak baek, udah gue ajak duel tampar-tamparan kali di luar tuh mbak-mbak. Songong bet!

Gue padahal beberapa kali dibantu nawar pake Bahasa Cina Hokian sama TKI yang kebetulan ketemu di sana. Tapi tetep aja jatoh harganya nggak bisa semurah di Bangkok atau Cina.

– Ada barang yang di foto aja nggak boleh! Padahal barangnya keren dan gue yakin bakal banyak yang suka. Tapi ya apa daya nggak boleh di foto, ya ujungnya nggak bisa gue tawarin ke pembeli. Curi foto juga nggak bisa karena mata enciknya mengawasi setiap gerak gerik gue sambil melotot. Gak bisa curi foto barang sedetik. Ini penjual Hongkong emang jarang ada yang ramah.

– Ada aja barang yang belinya kelebihan karena ke-error-an diri sendiri. Ampun deh..ini barang extra pesenan siapa yak?

– Ada temen yang banyak pertanyaan banget dan harus diladenin karena ya temen-temen sendiri. “Itu yakin panjangnya segitu?, bahannya yakin nggak dingin?, tanyain dong itu bahan aslinya dari apa, rendanya aslinya keren nggak?, ada warna item nggak?, ukuran lebih kecil dari XS ada nggak??”. Oh teman-temanku tercinta.. mungkin gue kalo jadi pembeli bisa aja se banyak mau nya kayak kalian sih. Wajar sih emang. So, I understand kok. Ini lagi cerita aja… no offense to anyone ya hehehhe

– Ada toko yang mendadak ganti mbak yang jaga. Akibatnya harganya beda. Gue tawar ke harga sebelumnya, dia nggak mau! Beda orang beda harga katanya. Nah loh, gue udah keburu kasih harga ke pembeli dan banyak yang mau barang tersebut. Sebelnyaaaaaa

– Lagi lagi karena human error, gue kasih harga satu barang ke pembeli dengan harga asli, tanpa ambil untung sama sekali. (Gue soalnya kan gak kasih harga jastip per item) WEKS! Salah sendiri sih.. tapi ya BT aja jadinya. Huhuhu 

– Karena banyak teman yang mau bayar setelah barang terkirim, gue nalangin cukup banyak pembelian. Gesek terus….

– Butuh konsentrasi pas lagi beli dan energi untuk jalan kesana-sini. Di satu momen gue duduk kecapekan dengan smua barang belanjaan gue lempar aja di samping gue. Sampe lupa makan bahkan. Buset dah gini amat cari duit. Mau seru-seruan kok malah jadi ngerepotin diri sendiri yak. Hahahah

– Gue sampe minta suami dateng bantuin angkat barang gara-gara lelah sendirian. Padahal dia juga capek baru balik dari menghadiri seminar seharian. Makasih ya sayangku…. dia dateng bawa temennya yang cukup syok liat banyaknya barang belanjaan gue. Syok sebentar, abis itu gue suruh bantuin angkat barang jugak. Hehehe maap dan makasi ya temennya suamiku yang baik (namanya nggak usah di mention di sini ya). Belakangan baru tau kalo temennya Suami tuh seorang GM di sebuah company besar – eh gue suruh bawa-bawa belanjaan padahal baru kenalan juga waktu itu. Hehehehe sungkem lagi ya Bang.. maap.

– Ada teman baik yang nitip beli barang untuk anaknya diluar PO live shopping. Karena emang gue dengan senang hati mau bantuin beliin, gue musti cari barangnya ke daerah lain. Eh jauh banget ternyata dan udah gitu pake nyasar berjam-jam. Ampun deh! Hahahaha (one more time, ini cerita doang ya.. gue iklas kok bantu beliin waktu itu hehehe).

– Ternyata satu hari doang belanja tuh nggak cukup karena satu dan lain hal. Gue jadinya ngabisin dua hari full untuk shopping. Padahal niat awal cuma sehari. Fiuh

– Gue ikut belanja buat diri sendiri karena tergoda iman oleh banyaknya barang yang keren. So, belanjaan jadi tambah numpuk. I can’t help it. Barangnya lucu-lucuuuu!!

– Gue blom terlatih untuk milih barang mana yang paling worth it untuk dijual. Akibatnya, gue kebanyakan nawarin berbagai jenis barang nggak penting yang ukurannya cukup gede. Yang beli juga banyak, dan guepun makin makin kewalahan….

– Karena sibuk packing di hari terakhir, gue sampai berangkat ke airport beda waktu sama suami dan hampir banget ketinggalan pesawat balik Jakarta naik Cathay Pasific. Cuma beda beberapa menit, counter check in nyaris tutup. I was the last one there. Gue hampir di tolak – mbak counternya sampe harus nelpon lama kedalam untuk mengusahakan gue bisa check in. Puji Tuhan keburu. Seriously, thank YOU GOD. Kebayang kalo ampe beneran ketinggalan pesawat, secara gue sempet punya reputasi “olive si sering ketinggalan pesawat”. 

– Gue ke airport dalam keadaan keringetan abis karena bawa segambreng barang – padahal setengahnya udah dititip untuk dibawa suami. Boro-boro terlihat cantik modis terus bisa selfie. Kuyup blesek yang ada. Bukan cuma di airport, selama di Hongkong kali ini emang lebih banyak kucelnya ketimbang cakepnya karena hektik belanja. Jadinya males foto diri sendiri. Mungkin cuma ada satu foto berisi muka gue selama belanja.

buka jastip di hongkong
hm, this is me, in HK, buka jastip pertama kali

 

buka jastip di hongkong

Oh gini toh rasanya. 

Sampe Jakarta keribetan belum berkurang karena musti nagihin bayaran dan catat alamat pengiriman, packing, lalu kirim. Harap sekali lagi diingat bahwa gue gak ada pengalaman apapun sebelumnya. Jadi kebayang ribet and syoknya nya gue menghadapi semua ini.

Ada untung gak Liv? O pasti. Cukup banyak kok. Tapi kelelahan dan “gila” nya kayaknya kurang sepadan deh. Mungkin kalo gue udah biasa dan terlatih, atau mungkin kalo gue ada bala bantuan dan nggak sendiri, mungkin ini bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Tapi untuk sekarang, cukup ah nyobain sekali ini aja. Mending gue terusin jadi penyanyi dan MC plus istri rumah tangga aja dulu untuk sekarang.  

buka jastip di hongkong

So, gimana nih Liv kesimpulan akhir dari buka jastip pertama kali di Hongkong. Nagih atau Kapok?

Nagih? jelas enggak ya hahahah. Kapok? MaybeTry do it again? Hm, I don’t know. I must be persuaded badly to ever wanna try it again. Untuk sekarang, I think the answer is a BIG NO. Hahahaha

Okay sekian dulu cerita percobaan buka Jastip pertama kali di Hongkong ala gue. Untuk pengalaman, bolehlah. Menarik untuk di ingat dan diceritakan, that I have been there and done that. Untuk kalian yang memang kerjaannya ini dan sudah terlatih, lalu untung besar bahkan bisa atau pernah hidup dari sini, salut untuk kalian. Keep it up and ajarin dong ke gue kapan-kapan cara yang benernya gimana. Hehehe

Untuk kalian yang mau dapetin cerita dan tips travel lainnya, silahkan di follow blog gue ya… gratis dan nggak akan spam kok. Gue akan update 1-3 kali dalam satu bulan biasanya.

Follow me with your email!

write your email here.

Teman-teman yang udah selesai baca, silahkan tinggalin komentar kalian dibawah ya Guysthank you !

Efforts and the mistakes that go with it sometimes, are needed in life

olivelatuputty.com/blog – @shiningliv

(6) Comments

  1. Karina says:

    permah nemenin temen di bangkok buka po repot sis! repotnya pas balik indonya

    1. Hi Karina… thank u udah baca ya.. wah kebayang sih kalo bantuin temen pasti sama aja ribetnya.. bener banget Karina, di Indo musti kerja lembur! hehehe

  2. Sheila says:

    Olive si penuh pengorbanan lah hahaha u r d best!

    1. Sheeee… hehehehe thank u so much ya udah ninggalin jejak di blog gue.. iya nih pengorbanan demi chuan! heheheh well I learnt my lesson:)

  3. Wulan says:

    mangkanya aku tdk pernah mau diajak buka jastip sama keluarga sendiri mba sdh tau akan repot

    1. hi mba Wulan.. thank u udah baca ya… iya mba repotnya memang bikin trauma hahahaha

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You