Kenyang di Balikpapan

balikpapan

Well, I haven’t traveled as much as I want to lately.

Belakangan gue lebih banyak kerja ngerjain album baru, jadi jarang jalan-jalan lagi. Padahal pengeeennnn banget kesana sini seperti biasanya. Anyways, beberapa waktu lalu gue ama temen-temen terbang ke kota Balikpapan buat kerja (skalian plesir hehehe). Udah lama banget nggak ke Balikpapan, gue cukup terkesan ama bandara barunya yang menurut gue keren, gede, dan bersih! Sampe sini, gue langsung bikin agenda berkunjung ke beberapa restaurant di kota ini yang KATANYA wajib di coba. Untuk yang sering ke Balikpapan atau tinggal di Balikpapan, mungkin punya perspektif atau pendapat berbeda.Yang gue tulis disini ialah dari sudut pandang turis yang hanya singgah di Balikpapan dua hari aja.

Nggak banyak sih yang gue datengin, tapi yuk kita bahas satu-satu.

Rumah Makan Kepiting Kenari

balikpapan

Begitu ngomongin Balikpapan, satu kata langsung diomongin semua orang: KEPITING! Katanya kepiting Balikpapan salah satu yang paling enak di Indonesia. Oh really? Let’s try them! Katanya ada 3 resto kepiting yang paling terkenal di kota Balikpapan dan ini adalah salah satunya dan yang paling ‘sepuh’ alias terkenal bertahun-tahun. Menu andalan ialah kepiting lada hitam. Harga sih standar lah untuk kepiting (siapin 250 ribu lebih untuk makan berdua). RASA? Enak tapi ada sesuatu yang kurang kalo menurut gue…kurangnya apa, mesti gue tanya dulu ama lidah gue. Kurang greget aja dan agak ‘anyep’, mungkin efek dipanasin dan bukan segar baru abis dimasak. So gue kasih nilai 7dari 10.

Depot Miki

Kebetulan berlokasi persis sebelahan ama hotel tempat gue tinggal, depot ini RAME PARAH kalo pagi karena emang menyajikan menu khusus sarapan. Siap-siap antri dan rebutan kursi aja ama bapak-bapak kumisan yang lagi pada ngidam untuk bisa ngopi disini.

balikpapan

balikpapan

balikpapan

Dari menu seperti nasi kuning, mie, bubur ayam, bakpao, lontong sayur semua ada disini, cuma ya berdoa aja supaya belom abis pas dipesen. Harganya murah meriah banget, sekitar 20 ribuan seporsi. RASA? Lumayan lah, oke untuk makan pagi. Gue kasih nilai 7,5 dari 10.

Kedai Kopi Mantaw

Yang satu ini berlokasi persis sebelah dari Depot Miki. Saat Depot Miki mulai agak sepi karena makanan udah pada abis, orang-orang katanya ke sini larinya karena persediaan masih banyak. Kedai Mantaw ini menyajikan makanan yang lebih kearah Chinese kuliner kayak mantao, nasi tim dan dim sum. Harga murah meriah, dan RASA? Not bad, sekitar 7 dari 10.

balikpapan

balikpapan

bubur Menado at Kedai Mantaw

Rumah Makan Torani

balikpapan

choices!

Disebut-sebut sebagai resto sea food paling enak untuk makan siang di Balikpapan, mampirlah gue dan teman-teman kesini. Tempatny luasss banget bisa muat ratusan orang. Widih. Makanannya? Ada lalap dan sambal yang bebas ambil (that makes me happy), ada berbagai jenis ikan berjejer siap dipilih dan langsung dimasak (that makes me happy also) dan ada berbagai menu lain yang bisa dibilang cukup lengkap. Jangan lupa juga untuk beli (dan bungkus untuk jadiin oleh-oleh) PEPES Kepitingnya. Enak bangettt dehhh.😜

balikpapan

balikpapan

free lalapan

Disini juga terkenal dengan menu bandeng tanpa duri-nya yang hadir dengan berbagai ukuran sesuai kepengenan kita yang mesen. Harganya lumayan lah, abis 400 ribuan kalo mau makan enak berempat. RASA? I have had better in life, tapi untuk Balikpapan I give it 7,5 out of 10.

Sky Bar

Balikpapan punya Sky Bar? Iya dong. Malem-malem gue kesini pengen liat kayak apa bar rooftop versi Balikpapan. Lokasinya ialah di sebuah hotel tua megah di Balikpapan bernama Gran Senyiur. Masuk situ trus naik deh ke atas. Seperti gue kira, pemandangan disini nggak spektakuler karena memang lampu-lampu malam di Balikpapan nggak sebanyak di Jakarta.

balikpapan

that’s me!

balikpapan

Tapi untuk suasana yang refreshing di malam hari, ngopi malem-malem dan ngemil disini menyenangkan juga. Abis nggak sampe 100 ribu, bisa nikmatin angin laut malam dan sisi lain Balikpapan dari ketinggian. For the ambience, it’s an 8 out of 10.

Rumah Makan Dandito

balikpapan

Well, another kepiting moment for me. Sebelum balik Jakarta, mampirlah gue ke resto kepiting yang satu ini. Gue pesen kepiting beberapa rasa dan ayam goreng dan tumis kangkung. Begitu sampai di meja, kepitingnya gede-gede banget sampe ngagetin dan baunya harum banget! Ah, u better be good, Mr. Crab!

Begitu dimakan, ternyata menurut gue rasa kepiting di Dandito ini jauh lebih enak dari resto kepiting kenari yang gue datengin sebelumnya. Disini lebih seger dan lebih enak maksimal sampe nagih banget rasanya. Kebawa terus di memori~ Gue langsung rekomen ke temen-temen yang nggak ikut makan untuk mampir dan bungkus, bawa ke Jakarta. Harga sih mirip-mirip tapi rasa juara. This one deserves 9 out of 10 for sure!

balikpapan

Kayaknya beberapa waktu ke depan gue akan ke Balikpapan lagi and have another round of culinary treats here. Ada ide harus kemana?

by the way, if you like this blog, FOLLOW me NOW

write your email and you will get ALOT of info on traveling from me FOR FREE

 

one of the delicious things in life is culinary memory – olivelatuputty.com – @shiningliv

Tags:  ,

6 comments to Kenyang di Balikpapan

  • Adi Pranggoro  says:

    Ternyata dandito masih enak ya live?

    • Olive  says:

      Adddiii apa kabar?? iya so far sih masih yang paling enak ya kalo menurut gue hehehe thanks for reading Adi!

  • ine  says:

    aduh….kpn bisa kesana ya makan kepiting, mimpi.com

    • Olive  says:

      nanti kalo ke indo lagi yuk kesana

  • Elisabeth  says:

    Wawww….makanannya keren tuh, jadi pengen ke balikpapan. especially the crab !! yummy

    • Olive  says:

      yummy crab….. betul!!! hehehehe

Post Your Comment