My Horse Riding! Pengalaman Equestrian Berkuda di Jakarta

Hari ini seru banget soalnya bisa nyobain hobi baru, berkuda. Didaerah selatan Jakarta, ada satu sekolah berkuda, ‘Trijaya Equestrian Center’, yang bisa didatengin untuk nyobain kegiatan Equestrian berkuda di Jakarta.

Tadinya gue pikir berkuda itu cuma hobi main-main bersama kuda aja, tapi ternyata berkuda itu campuran kecintaan akan kuda plus olahraga yang bisa menghasilkan keringat super banyak hanya dalam satu sesinya (45 menit). Jangan bayangin kayak naik kuda di Bromo atau kebun binatang ya..ini bener-bener ‘sekolah berkuda’.

Pak Teddy, salah satu instruktur yang ada disana ngajarin berkuda dengan cara yang unik. Kita naik diatas kuda -kuda gue si kuda coklat cantik bernama “Cleopatra”-, terus dikasi tali panjang yang dipegang Pak Teddy. Latihan dilakukan hanya dengan berputar-putar di sekitar Pak Teddy aja, tapi sambil belajar banyak.

can you see me?
can you see me?

 

Yang pertama pastinya belajar duduk dengan benar (badan harus tegap tapi relaks, persis seperti putri-putri raja gitu), belajar hitungan jalannya kaki kuda, belajar penempatan tangan dan kaki yang benar diatas kuda, belajar berdiri dan duduk (naik turun) diatas kuda sambil mengikuti hitungan yang ada, dan belajar melepas tangan supaya bisa seimbang duduk diatas kuda tanpa tergantung kepada kekang. Cukup menantang, dan OMG keringetan parahhh!! Berasa habis lari diatas treadmill. Sambil ngelakuin semua kegiatan ini, ada kaca-kaca ukuran raksasa disetiap sudut supaya kita bisa ngeliat postur kita bener atau salah. Gue sih seneng banget dikasi kaca segede gitu. Woohhoo.

Equestrian berkuda di jakarta

Ada beberapa hal aja yang perlu diinget sepanjang berkuda. Sebelum memulai, jangan pernah berdiri di belakang kuda supaya gak ditendang! Terus, usahakan untuk tenang sepanjang berkuda karena kuda bisa mencium kepanikan. Kalo lo panik, kuda bisa sepuluh kali lebih panik dan menggila. Hiyy….

Equestrian berkuda di jakarta
the horse’s eye and my reflection

 

Sehabis berkuda, gue belajar mandiin kuda, ngasih makan kuda –langsung dari tangan gue ke mulut kuda  – , makein sadel dan kekang kuda dengan bener, dan in my case, pastinya ngobrol banyak ama kuda-kuda disitu. Hehehehe…gue gak peduli dianggap gila..kalo menurut gue sih kalo mereka diajak ngobrol mereka ngerti kok…keliatan dari matanya waktu ngeliatin kita balik. 😀

Well, untuk bisa ikut kegiatan Equestrian berkuda di sini, smua orang bisa kok. Kalo lo kaya, beli sendiri deh kudanya.. Harganya sekitaran 60 juta yang paling murah. Tapi menurut loh? Gak mungkin lah ya beli kuda sendiri. Pake kuda yang ada disitu aja. Mereka ada segala jenis kuda dari lokal Sumbawa sampe kuda import Eropa yang gede-gede buanget. Smua rata-rata udah jinak dan bisa dipake latian. Untuk jadi member, bisa bayar 3,5 juta pertahun dan sekali datang tetep harus bayar lagi Rp.200 ribu per sesi latian (inget, ini ditulis di tahun 2013 yaa). Kalau nggak mau jadi member juga bisa, tapi agak sedikit lebih mahal bayarnya per sekali latian, yaitu sekitar Rp. 350 ribu per sesi latian.

Equestrian berkuda di Jakarta
horses LOVE me!

 

Equestrian berkuda di Jakarta

Equestrian berkuda di Jakarta

Untuk kostum, lo cukup pakai atasan apa aja (jangan kebaya juga sih..pake kaos oblong aja biar gampang), trus pake leggings kalo bisa, soalnya bakal dipinjemin boots selutut yang kalo lo gak pake leggings (ato celana super ketat buat cowok), asli susah banget itu boots buat dipake. Topi atau helm khusus berkuda juga dipinjemin kok, biar aman dan gaya.

Okay, sgitu dulu cerita Equestrian berkuda di Jakarta dari gue. Jangan lupa follow blog gue, tinggalin comments dibawah dan Selamat berkuda!!!

OYA, kalau mau tau lebih, FOLLOW ME!

write down your email and I will give you free updates about this and many more

 

need a therapy? ride a horse!

olivelatuputty.com @shiningliv

(7) Comments

  1. Khan says:

    Kak Nomor whatsapp nya apa yaa…

  2. abdilah says:

    alamat lengkap na dmn thu ka??? klo ada contact na biar gampang,thanx kk

    1. halo Dielah thank u for reading.. setau aku di jalan Montong 23 Jiganjur Jagakarsa Jaksel , phone +62 21 78880176 semoga membantu:)

  3. Reyhan says:

    keren banget liv

    1. heheeh thank u Reyhan!:) seru banget memang olahraga ini

  4. ibba says:

    kereeen banget. photonya juga..

    1. thank uuu so much:)

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!

FOLLOW OLIVE'S TRAVEL BLOG  

free travel stories & ideas, directly to your email

 

Success! Please open your EMAIL and click "CONFIRM FOLLOW"

There was an error while trying to send your request. Please try again.

You have subscribed. An email will be sent for you to CONFIRM. Thank You