Rekomendasi LENGKAP, 10 + 1 Wisata Kuliner di SiemRiep Kamboja

Wisata Kuliner di SiemRiep

Dari makan BUAYA sampai KALAJENGKING, dan dari BBQ sampai (mungkin) GELATO dan MERICA terenak di dunia. Itulah yang gue temukan dan cobain di Kamboja, khususnya di Siem Riep. Gue pernah tulis beberapa waktu yang lalu tentang pengalaman nyobain makanan khas Khmer di Kamboja. (Kalian bisa baca disini). Di tulisan kali ini, gue akan lebih detail cerita tentang jenis dan nama resto yang gue datengin, plus makanannya. Buat kalian yang belum pernah ke Siem Riep, ini bisa banget jadi rekomendasi Wisata Kuliner di SiemRiep kalo-kalo one day kalian bisa jalan-jalan kesini juga.

Langsung aja yah. Btw, di setiap tempat gue juga kasih Bintang, sesuai dengan rating tempat tersebut menurut gue. Silahkan dibaca dan jangan lupa tinggalin komentarnya nanti ya Gaes! Happy Reading ! 🙂

#MAKANAN KHMER

Yang paling bikin penasaran buat gue ialah seperti apa rasa kuliner asli Kamboja atau biasa disebut dengan makanan Khmer. Gue sebelum ke Kamboja ini, bener-bener nggak pernah nyobain sebelumnya jadi nggak ada gambaran. Mirip Thai Food kah? Mirip Vietnam Food kah? Atau gimana?

Karena itu gue coba makan di beberapa resto yang menjual menu khas Khmer untuk mendapat rasa aslinya. 

1. THE OLD HOUSE⭐️⭐️⭐️

Ini adalah resto pertama yang gue dan suami datengin di Siem Riep. Tempatnya nyaman, cuma muat sekitar 20 pengunjung dan makanannya lumayanlah, gak nampol banget tapi oke. The thing is, gue belom dapetin esensi Khmer food disini.

 

2. KHMER GRILL RESTAURANT⭐️⭐️⭐️⭐️

Based on good ratings di internet, gue dan suami jalan kaki siang bolong cukup jauh dari hotel, bela-belain untuk bisa makan disini. Makanannya enak, cuma untuk harga yang kita bayar, datangnya di porsi yang nggak sebesar bayangan gue. Tapi karena enak, ya resto ini rame terus walau pelit porsi.

Disini pertama kali gue ngerasain MERICA KAMPOT – merica khas Kamboja – salah satu merica terbaik di dunia yang memang enak setengah mati. Habis makan merica terus kaget sendiri kenapa enak banget. Hahahahaha

salah satu makanan Kamboja yang gue coba di wisata kuliner di SiemRiep kali ini

 

3. KHMER KITCHEN⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️

Di resto inilah akhirnya gue bahagia menemukan rasa nikmatnya makanan Khmer yang sejati dan original. YUMMY banget makanan disini, pesen apa aja pasti enak. Bahan dasarnya segar, tanpa MSG, pelayanannya oke dan pemiliknya ialah salah satu pengusaha kuliner perempuan paling sukses di Siem Riep bernama Perk Sophal.

Semua dimulai ketika jaman perang, Perk Sophal yang masih kecil membantu mama nya masak semua resep keluarga didapur tentara Amerika dan pekerja PBB yang datang membantu ke Kamboja. Ketika dia besar dan punya modal, maka dia buka usaha sendiri dan sekarang aktif memotivasi para perempuan Kamboja untuk menjadi pengusaha juga.

Resto ini ada dua cabang, dua-duanya di tempat strategis dan selalu rame pengunjung. Best Khmer Food yang kita makan di Siem Riep ada di Resto ini. MUST VISIT.

In my personal opinion, rasa masakan Khmer ada pengaruh besar dari Vietnam dan Thailand. Tapi mereka ada flavornya sendiri yang membuat perbedaan. Gue sih doyan.

 

#CAMBODIAN BBQ

OH yes, Kamboja punya BBQ juga. Bahkan bisa dibilang, bbq ialah menu utama setiap rumah, warung, resto, dll di negara ini. Selalu adaaaa aja yang lagi manggang daging di pinggir jalan – baik itu seafood (terutama ikan), daging babi, ayam, sapi, kodok, dll.

4. HANSA BBQ⭐️⭐️⭐️

Ini adalah resto BBQ all you can eat ber-budget termurah yang bisa kita temukan di Siem Riep. Hanya 5 dollar saja per orang bebas makan segala jenis daging, sayur, dessert dan lauk lainnya. (Belum termasuk minum). Kayaknya hallal karena gue hanya menemukan seafood, daging sapi dan ayam disini.

Cambodian BBQ lumayan enak kok, musti di coba. Kita dikasih satu tempat untuk manggang daging dan dikasih kuah disekelilingnya untuk rebusan – jadi bareng masaknya di satu tempat. Atasnya panggang, sampingnya rebus.

Ribetnya cuma satu : daging yang lagi dipanggang kadang suka berjatuhan nyemplung ke dalam kuah. Sebel.

Btw, harga 5 Dollar yang gue tulis diatas ialah beneran US Dollar ya. Di Kamboja tuh sampai tahun ini semua transaksi dilakukan dalam USD, mangkanya mahal-mahal jatohnya. Uang lokal ada, tapi hanya dipakai oleh penduduk lokal, dan dipakai ke turis untuk uang kembalian doang.

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep

baru ngeh di foto ini, warna kuahnya kok nggilani gitu ya.. hahahah so not appetizing. pffff – but still a part of our Wisata Kuliner di SiemRiep

 

Next, #RESTORAN BERBASIS NGO UNTUK KEMANUSIAAN

Nah ini PENTING.

Kamboja adalah negara bekas perang saudara yang pernah mengalami pembunuhan massal di era Khmer Merah, dan kemudian mampu bangkit kembali. Sayangnya, kebangkitan tersebut dipimpin oleh pemerintahan yang sangat korup, sehingga kini kondisi rakyatnya masih jauh lebih miskin dari Indonesia. Daya beli masyarakatnya sangat lemah.

Nah, sebagai turis, kalau kita mau ikut berbagi dan membantu mereka, salah satu caranya ialah dengan makan di restoran berbasis NGO (non govermental organization). Tergantung NGO nya bekerja sama dengan apa/siapa, maka uang untuk membayar makanan kita sebagian akan disalurkan untuk membantu orang lain.

Wisata Kuliner di SiemRiep

 

5. MARUM RESTAURANT⭐️⭐️⭐️

Me n my Husband memilih makan disini karena resto berkonsep outdoor ini bekerjasama dengan NGO yang membantu anak-anak jalanan di Kamboja. 

Suasananya menyenangkan, dengan obat nyamuk ditaro dibawah kaki kita supaya gak digigit nyamuk, secara memang lokasi meja kita ada di taman halaman luar. (Pilihan makan di dalam ruangan tetap ada).

Wisata Kuliner di SiemRiep

penampakan obat nyamuk di bawah kaki kita

 

Makanan disini juga terkenal unik dan enak. Kalo menurut gue pribadi, gak ada salahnya makan di restaurant model begini – walau harga agak sedikit lebih mahal – tapi kita tau kemana uang kita akan pergi, yaitu untuk membantu sesama yang membutuhkan. Dalam pengalaman kita ini, ya ngebantu anak-anak jalanan.

Di resto ini kita mencoba makan burger daging buaya dan tumis daging campur semut. Yes, kalian nggak salah baca. 

Mau tau rasanya makan malam dengan menu semut dan buaya? Nanti akan gue ceritain di tulisan gue yang lain ya. 

Lanjut dulu yuk ke destinasi kuliner berikutnya.

Wisata Kuliner di SiemRiep

Suami lagi ngecek burger buaya yang dia pesen

 

Wisata Kuliner di SiemRiep

 

#WARUNG MAKAN ORANG LOKAL

Nah, selama jadi turis di Siem Riep kan kita selalu makan ke restoran. Suatu siang gue dan suami pengen banget makan makanan lokal tapi ala WARTEG, bukan ala resto. Jadi gue meminta supir tuk-tuk langganan kita, Mr. Nakim namanya, untuk membawa kita untuk makan di warteg langganannya. Penasaran soalnya rasa asli makanan rakyat disana kek gimana.

6. WARTEG TANPA NAMA⭐️⭐️⭐️

Berhentilah kita di satu warteg, dimana makanannya masih pada panas baru kelar dimasak! Rata-rata menunya gorengan, grilled, dan kuah-kuahan. Ada sambel lalapnya juga tapi rasa sambelnya beda banget ama kita – baru pertama kali gue nyoba sambel uleg a-la Khmer. Rasanya mirip apa ya… hm, bingung juga gue jelasinnya. 

Enak loh makan di warteg! Dan lebih murah pastinya. Kita udah makan seporsi besar tumis sayur, 2 porsi nasi ayam, 2 porsi babi goreng, ikan goreng, sejenis makaroni keju panggang, minuman dan sambel lalap, cuma 8 USD aja. Kalau di resto, 8 USD bisa cuma dapet 1 atau 2 porsi makanan. Tempat ini rame, warga lokal banyak yang beli terus bungkus bawa pulang. Seneng deh bisa nyoba makan di warteg Khmer.

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep

penampakan makanan warteg Khmer kita – Wisata Kuliner di SiemRiep

 

#RESTAURANT INTERNASIONAL

Karena banyak bule di Siem Riep yang buka usaha restoran, maka cukup banyak resto Italia, Prancis, Meksiko, dll. Tinggal pilih deh mau makanan internasional apa. 

7. MAMMA SHOP RESTAURANT⭐️⭐️⭐️⭐️

Kita milih resto Italia ini karena teman yang tinggal di Siem Riep merekomendasikannya.

“Apa aja yang lo pesen dijamin ok !” Kata dia. Gue yang kebetulan pecinta makanan Italia langsung nurut, cus kesana.

Dan ternyata benar. Semua jenis pasta nya home made, segar bahannya dan super enak. Pemiliknya, orang Italia asli, selalu ada di resto tiap hari, bantu beresin meja dan menjamu para tamu untuk memastikan kalo semua sesuai standar. Gue denger, kalau si owner lagi berhalangan datang, mereka kadang sampe bela-belain tutup restonya. Whoa!

Must try here is Flat Bread nya, dan apapun menu yang mereka tulis dan sarankan di “Today’s Special”. If you like Italian Food, you will love it here!

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep

 

#BEST GELATO IN SIEM RIEP or in the world ?

Okay, sebenernya gue lagi mengurangi makan manis karena ceritanya sebelum berangkat ke Siem Riep gue lagi diet, sodara-sodaraaa! Hehehehe

Diet gagal sih di Siem Riep karena makan mulu. Tapi gue keukeuh menghindari dessert yang manis. Mangkanya waktu temen gue bilang “Liv, mau nyoba gelato ter enak di Siem Riep gak?, gue langsung mau nolak.

Tapi dia lanjut bilang “Mereka ada pilihan gluten free dan vegan Liv. Dan bahannya alami, nggak kemanisan! Cobain deh!” …… dan gue pun meng-iya-kan.

Lemah iman emang nih kalo menyangkut dessert. Huh!

8. GELATO LAB⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️

Gelato Lab nama tempatnya dan Chocolate Gelato dan Choco Sorbet adalah yang disarankan untuk dipesan. Gue ngeyel nyobain rasa lain jugak sih. Tapi pas akhirnya gue coba rasa yang dibilang paling enak, yaitu si coklat itu, gue nyesel keluarin duit untuk rasa lain.

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep

Percayalah Bapak-bapak dan Ibu-ibu, ini sih bukan cuma ter-enak di Siem Riep doang, tapi chocolate sorbet dan gelato nya ialah Gelato dan Sorbet coklat ter-enak yang pernah gue coba dalam hidup ini. GAK LEBAY. HANDS DOWN BEST EVER.

Segala Gelato di Bali sih lewat jauuuhhh! Gelato-gelato yang gue pernah gue coba di negara lain pun, termasuk di Italia sendiri, khusus yang rasa coklat, masih kalah ama yang satu ini. Beneran! Eits, ini pendapat gue pribadi ya.. kalian dilarang protes!!!!

Gue baca review orang-orang di internet, banyak orang Italia asli bahkan yang bilang ini gelato paling enak yang mereka temukan di luar Italia. Hm, gue gak halu dong ya berarti. Beneran enak soalnya. Unforgettable flavor.

Gue bisa menahan diri untuk nggak kalap. Tapi suamiku ketagihan. Dia nambah.. nambah.. dan nambah trus😅 Besoknya kita balik.. balik dan balik lagi kesini. Hahahaha gila!! Lupakan diet. 

Waktu gue mau post tulisan ini, tahun 2020, gue masih ngidam gelato ini. Berharap lagi ada di Siem Riep sore-sore sambil nongkrong disini menikmati setiap gigitan. Ahhhhhh…. Beneran guys, kalo kalian sampe ke Siem Riep, jadikan tempat ini lokasi pertama yang dikunjungi, dan ingat ya, CHOCOLATE SORBET or CHOCOLATE GELATO. Nggak usah aneh-aneh tergoda nyobain rasa lain. Trust me on this one. Okay ?!

Guys, masih kuat baca? Masih ada beberapa lagi nih….gue lanjutin ya. Nanggung kalo udahan.

 

#RESTORAN SEHAT

Lagi-lagi karena banyak expat penganut gaya hidup sehat belakangan ini, maka Cafe/Resto sehat bertema vegetarian, vegan, gluten free, organic, no MSG no dairy no sugar dll mulai booming di Siem Riep. 

9. ARTILLERY CAFE⭐️⭐️⭐️

Kita ke cafe minimalis ini dan mencoba beberapa makanan sehatnya. Ini juga kita tau tempat ini berkat rekomendasi teman yang tinggal di Siem Riep. Enak semua yang kita pesan! Gue seperti biasa, memesan satu smoothie bowl-nya dan sama sekali nggak kecewa – walau masih kalah rasa sih kalo dibanding smoothie bowls di beberapa cafe di Bali.

Btw, rekomendasi tempat smoothie bowls paling enak di Bali menurut gue, bisa kalian baca KLIK DISINI ya.

Kopi di Artillery Cafe ini juga not bad kata suami. Seneng deh bisa menemukan tempat makan makanan sehat tanpa minyak, tanpa gula buatan, tanpa santan dan tanpa MSG. Badan rasanya langsung bilang “thank you.…” Eh tapi, sehabis sok-sok an makan sehat disini, kita pun nge-dessert di Gelato Lab lagi. *sigh* Badan langsung geleng-geleng kepala. 

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep, edisi makanan sehat. Siem Riep rasa Bali. Hehehe

 

#PUB

PUB sangat besar peranannya di Siem Riep. Jalanan paling ngetop di pusat kota aja namanya PUB STREET. Kanan kiri penuh pub menjual segala jenis minuman keras dengan harga miring bahkan terbilang murah karena dimulai seharga 0,5 USD aja! Murah bener.

Gue pribadi gak minum alkohol, tapi suami mau nyobain the famous ANGKOR BEER, jadi gue ikut nongkrong aja mesen VIRGIN MOJITO. Rasa Mojito, tapi tanpa alkohol. My Fave

Ada 2 tempat paling terkenal untuk ngebir atau minum liquor di Siem Riep yaitu ‘ANGKOR WHAT?’ Dan ‘MISS WONG’. Kedua tempat ini selalu rame banget. Minumannya bisa dipesan dan datang di dalam ember loh, bukan dalam gelas lagi.

Kita sendiri memilih tempat lain aja, yaitu:

10. VIVA⭐️⭐️⭐️

Ini adalah sebuah tempat yang letaknya di pojokan jalan besar, pas banget untuk nongkrong, ngobrol dan minum sambil menikmati pemandangan sore – orang lalu lalang di Siem Riep. 

Wisata Kuliner di SiemRiep

 

#MAKANAN EKSTREM

Udah pernah denger dong kalo di Kamboja memang banyak makanan ekstrem untuk uji nyali kita-kita para turis di Kamboja? Kecoak, ular, kalajengking, tarantula, semua di embat. Maka gue pun membulatkan tekad untuk mencoba makanan-makanan aneh itu.

10+1. BUGS CAFE⭐️⭐️⭐️⭐️

Selain resto tempat gue makan semut dan buaya yang udah gue cerita diatas, ada satu tempat khusus untuk makan makanan aneh yang bernama Bugs Cafe – Siem Riep. Mereka menyajikannya dalam bentuk yang sudah ‘dipercantik’ supaya nggak terlalu jijik saat dimakan. Gue mencoba kalajengking, dan teman-temannya disini.

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep

Wisata Kuliner di SiemRiep, termasuk nyobain binatang yang satu ini

 

Eh tapi tulisan gue mulai kepanjangan nih, jadi gue bahas tentang makanan ekstrem ini di tulisan lain ya. Mangkanya silahkan di SUBSCRIBE / FOLLOW blog-nya kakaakk. Gampang ko, cukup tulis email kalian di kolom email dibawah supaya cerita tentang KAMBOJA lainnya bisa langsung masuk ke email kalian. Oya, buat followers baru yang sesama Bloggers, please kasih tau gue ya, jadi bisa gue follow balik blog kalian.

follow me with your email!

write your email here.

Semoga rekomendasi dan cerita Wisata Kuliner di SiemRiep ini bisa membantu kalian yang ada niatan mau ke Kamboja ya. As always, HAVE A HAPPY TUMMY GUYS💛

 

LIVE WELL and TRAVEL WELL are not enough. You must also DINE WELL ! –

olivelatuputty.com/blog – @shiningliv

3 comments to Rekomendasi LENGKAP, 10 + 1 Wisata Kuliner di SiemRiep Kamboja

  • varra  says:

    Mba itu kalajengking rasanya kayak gimana sih?

  • Mama Nabila  says:

    selalu seru tulisannya mba

  • Matias  says:

    One of the best food ever and so cheap.. your writing is always awesome to read .. !

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.