Mampir ke Museum Mayat di Bangkok (Museum of Body Part)


Waktu pertama kali gue tau ada museum ini dan cerita ke suami, dia excited banget. Ya iyalah, dia kan kerja di dunia medis, bagian tubuh manusia selalu menjadi ketertarikannya. Nama asli museum ini ialah Museum of Body Part,  tapi gue nyebutnya dengan “museum mayat” aja….soalnya semua display manusia dan organ tubuhnya ASLI MAYAT / tubuh orang mati BENERAN. Tidak ada yang sintetis.

Mereka meng-impor 14 tubuh orang mati dari Jepang, yang memang sengaja mendonasikan tubuh mereka untuk keperluan medis kalau sudah meninggal. Dan mayat-mayat ini di “bagi” atau di “iris” sedemikian rupa.

Kenapa gue sebut di iris? Karena memang ada mayat yang di iris super tipis dari ujung kepala sampai kaki, supaya kita bisa melihat seperti apa bagian tulang, daging dan serat tubuh ketika diiris tipis. Mirip bentuknya kayak daging sapi yang siap di barbeque.

Semua tubuh ini sudah di mummified / dikeringkan supaya bisa di pamerkan untuk pengetahuan medis dan untuk orang-orang yang tertarik untuk tau lebih banyak tentang tubuh manusia – ya kayak gue ini contohnya. 

Kepo aneh😅

Museum ini berlokasi di Universitas Chulalongkorn – Siam Square Bangkok. Kita harus naik ke lantai 9, lalu seorang ibu yang jaga nyuruh kita isi daftar nama dan masukin uang donasi se ikhlas nya. Kita sih kasih uang 100 Baht kemaren. 

Diluar sih masih ketawa-ketawa. Tapi pas masuk pintu, gue langsung merinding (walau nggak lama ya merindingnya hehehe). 

Ya iyalah… secara gak langsung ini kan kayak masuk ke kamar mayat ya kaannn. Suami pake acara iseng sembunyi terus ngagetin gue pula dari balik pintu. Ampun deh!!! 

Mana muka mayatnya serem-serem. Kita bisa ketahuan kira-kira mereka usia berapa, ada yang tua dan muda. Tapi dari mukanya kayaknya banyak yang matinya nggak tenang deh, yakin gue. Serem aja bentuknya. Ruangan nya ada 2 – tidak terlalu besar tapi isinya ya full display tubuh manusia itu tadi. HANYA KITA BERDUA yang berkunjung siang itu. Gak ada orang lain. 

Untung at the end of the day, kita berdua emang bukan penakut. Jadi ‘shock’ awalnya doang abis itu biasa aja.

AC nya yang super dingin berbunyi cukup kenceng, kedengeran kayak bunyi nafas orang tau gak sihhh… 

hah hah hah hah gitu bunyinya… bikin suasana makin serem!! Hahaha

Display nya sendiri sangat menarik. Kita bisa ngeliat berbagai jenis bagian tubuh dari ujung kepala sampai kaki. Lapisan demi lapisan. Dari jaringan kulit luar sampe jaringan pembuluh darah ada semua. Daleman kayak jantung, usus dan semua teman-temannya sudah pasti ada. Ada display pebedaaan juga antara paru-paru perokok dan bukan, bagian tubuh yang kena kanker dan bukan (bedanya jauh banget!!!) – sampai alat reproduksi laki-laki dan perempuan sedetail-detailnya pun hadir. Very educating.

Yang paling menarik ialah ada OTAK manusia asli yang bisa kita angkat pake tangan. Gue kaget juga karena berat ternyata. Berat sekitar 1,5 kg-an lah. Asli geli banget sebenernya….tapi karena penasaran ya gue angkat juga!! Hehehehe Tapi tenaaangg abis itu kita cuci tangan 10 kali kok.. pake tissue basah, pake antis, pake air dan sabun… pokoknya make sure bersih deh. But omg, I touched a real human brain!!! Gross!

Disini suami nyempetin bikin banyak video tentang  jaringan tubuh dan cara kerja otot dll untuk instagram sekaligus-nambah edukasi para followersnya. Sementara gue, ya bantuin meragain, motoin, dan videoin. Well, he’s having quite a good time here.🤔

mampir ke museum mayat di bangkok


Siapa tau ada mahasiswa kedokteran yang mau ke Bangkok pas ngebaca tulisan di blog gue ini, bisa direncanain sekalian untuk mampir kesini. Pasti kalian hepi deh. Kalau kalian turis biasa, gak ada salahnya juga berkunjung, itung-itung wisata sekaligus uji nyali. 😅

Sebelum keluar dari ruangan ini, gue sempetin nutup pintu sambil balik badan dan ngomong “guys, don’t follow me. Stay inside!”.  (Just incase ya kan).

Ada yang berani kesini? I wanna hear your commmet... tinggalin komennya dibawah ya guys. Dan kalau kalian mau dapet info tentang travel ke Bangkok lainnya, langsung follow / subscribe blog gue via email. Thanks Guys 

It's easy!

write your email here.

You say It’s Strange! I say It’s unique! -olivelatuputty.com/blog – @shiningliv

Tags:  ,

3 comments to Mampir ke Museum Mayat di Bangkok (Museum of Body Part)

  • Christian  says:

    Salam kenal Live sy sih berani kalau ada kesempatan ke Bangkok akan mampir ke tempat ini

  • Laras  says:

    Serem amat mba hahaha

  • Utari  says:

    Wow. Agak serem tapi menarik banget

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.