Bisa Ngapain Aja di Kota Labuan Bajo

Labuan Bajo!

Tempat ini adalah pilihan dadakan buat kita berdua untuk ngerayain anniversary 3 tahun menikah. Tadinya bingung nggak tau musti kemana. Tapi di jadwal kita sudah tau bahwa beberapa hari berikutnya kita ada acara di Bali. Jadi cari yang deket-deket Bali deh. Pilihan jatuh ke dua tempat – terbang ke Lombok atau ke Labuan Bajo?

And we know we will always choose the place we have never been before. Always. So, karena Lombok udah pernahLabuan Bajo it is. Mau berlayar pake kapal ceritanya biar kekinian! Hahaha

Gue cukup panik mencari tiket pesawat dan paket tur untuk bisa keliling Kepulauan Komodo. First of all, baru ngeh kalau tiket Bali-Labuan Bajo tuh mahal. Kirain semurah ke Lombok. Ternyata nggak sama sekali. Ugh. Setelah itu buka blog orang-orang, buka instagram, buka facebook, telfon dan kirim pesan ke nomor-nomor tur travel yang ada. Baru tau juga kalau rata-rata mereka udah full booked. Kalaupun ada yang bisa, harganya nggak bersahabat. Kita maunya sewa kapal cuma bedua soalnya. Nggak mau berbagi kapal sama puluhan orang lain yang kita nggak kenal. Kan anniversary-an…gak mau rame-rame ya kaaannn. Untung ada satu nomor yang merespon positif dengan harga masuk akal.

Langsung DEAL!

Maka suatu pagi terbanglah kita dari Bali ke Labuan Bajo. Dari atas pesawat udah excited banget rasanya memasuki wilayah Kepulauan Komodo. Pulau-pulaunya dari atas berbentuk ajaib, kayak lagi di dunia lain – di jaman dinosaurus! Apalagi di musim panas ini warnanya berubah coklat. Eksotis! Uhuy!

Kita rencana berlayar dan menginap di kapal (live on board) besokan harinya. Jadi kita punya satu hari full di Labuan Bajo dan setengah hari sesudah pulang melaut beberapa hari kemudian.

Nah pertanyaannya, Bisa ngapain aja di Kota Labuan Bajo?

Kotanya nggak gede jadi kita segera sewa motor seharian seharga Rp.75 ribu / hari untuk keliling. Kita buka peta dan berangkat ke GUA BATU CERMIN yang disebut-sebut sebagai wisata singkat di Labuan Bajo.

Sampai disana, cukup sepi, cuma ada beberapa motor doang. Bayar seorang 10 ribu, kita masuk ditemani seorang guide lokal yang bayarannya sukarela aja katanya.

Bisa ngapain aja di kota labuan bajo

Husband checking out the situation

Gue agak males tadinya pake guide segala. Kayak apaan aja. Bisa kali jalan sendiri. Tapi pas kita masuk kedalam, beruntung juga sik pake guide soalnya dia bawain senter untuk bantu menerangi jalan yang gelap gulita, nunjukin jalan, dan cerita banyak soal gua ini. Kita juga dibekali helm untuk keamanan karena banyak batu tajam diatas kepala sepanjang gua. Didalam kita ketemu dua orang bule tanpa guide yang nyasar di gua. Musti ati-ati memang. Katanya bahkan ada yang pernah nyasar sampe beberapa hari didalam. Nah!

Didalam gua gelap ini banyak stalagnit bagus yang menyerupai berbagai bentuk – ada yang berbentuk patung wanita sedang berdoa kalo diliat dari jauh. Kalo diliat sekilas sih kayak penampakan hantu – apalagi gelap gini suasananya. Hahahaha

Can u see the “penampakan”?

Oya, kata guide kita, di Labuan Bajo ada juga sebuah gua berisi ratusan ular! Dia bisa nganter kesana kalau kita mau. Tadinya kita excited mau kesana, tapi kok setelah dipikir lagi, males amat ya ketemu ular. Kalo digigit gimana? Liburan aja belom udah di gigit. Hahahha.. lagian dia bilang ke kita ular nya kebanyakan bukan ular beneran tapi ular mistis jadi-jadian. Makin males dah. Eh btw di Gua Cermin kan katanya gak ada ular kan ya…tapi dua orang bule nyasar yang kita temuin, ngeliat gumpalan kulit bekas ular ganti kulit disalah satu sudut gua – gede pula sejenis piton. Aish! 

Oke lanjut!

Dengan motor sewaan, kita bisa muterin Labuan Bajo kesana sini. Pilih sendiri spot nongkrong nya. Kita ke daerah belakang airport, dan naik ke sebuah bukit. Gue udah ngincer bukit ini dari jauh karena ada sebuah pohon cantik di atasnya.

Maklum gue suka manjat pohon.

Jadi begitu sampe di atas bukit, gue pun nangkring lama di atas pohon menikmati pemandangan sekitar. Sore yang menyenangkan. Gue foto selfie sebanyak-banyaknya dari atas pohon ya ampun. Kapan lagi bisa selfie sepuasnya dari atas pohon di Labuan bajo ya kan. Cahaya matahari nya juga bagus banget apalagi. Tanpa make up pun cuek. Dari pose ngeliat kamera sampe foto pura-pura difotoin orang lain gue jabanin semua.😛 Gue pajang sini sebagian foto-fotonya, mo’on maap ya… hehehehe

Oya dari sini kita juga bisa ngeliat pesawat yang baru datang atau mau berangkat, lewat terbang persis di depan mata. At some point, pesawat akan lewat sejajar mata ama kita. Keren tauk! 

Selain bukit yang ini, kita ke bukit lain yang lebih mainstream tempat penduduk dan turis ngeliat matahari terbenam. Musti parkir dan mendaki dikit ke atas lalu bisa nyantai di atas. It’s really nice tapi banyak orang. Gue kurang begitu suka kalo terlalu rame. Sukanya yang sepi-sepi aja… eh tapi waktu kita kesini cahaya mataharinya semakin bagus, lebih ok dari waktu gue di atas pohon tadi. Saking bagusnya rerumputan keliatan kayak terbuat dari emas. Oh harus foto-foto lagi deh. 

BLING!

Look at this golden view made by God

Di Labuan Bajo tuh ada satu jalan utama, Jalan Soekarno Hatta, tempat banyak resto, penyewaan alat snorkeling/diving dan hotel. Gue nginep juga deket sini dan nyewa motor juga disini. Dari sekian banyak rumah makan yang ada di sepanjang jalan, gue nyobain beberapa resto yang menurut gue menarik -dan setelah dicoba, sangat recommended.

#Treetop – nama resto pertama yang kita suka dengan variasi menu yang cukup luas.

#La Cucina – resto mungil cantik dengan menu Italian Food. Makanannya cukup otentik dan enak.

Di dua tempat ini pemandangannya beneran cakep. Duduk, makan, diem, menikmati, sambil tarik nafas mensyukuri hidup.

Omong-omong soal pemandangan, ada satu restoran tempat ngeliat sunset yang ngetop di Labuan Bajo, namanya Paradise Bar. Kita pun memutuskan kesini untuk menanti momen sunset yang sebenarnya. Di sini orang pada mesen bir, (kalao gue mesennya jus mangga😬), dan duduk melihat matahari terbenam with all its glory. Kebetulan waktu kita dateng, sunsetnya lagi cantik-cantiknya.

Warna oranye kemerahan pekat memenuhi langit… luar biasa beautiful!! Seneng banget ketemu tempat dengan sunset seindah ini. Kalau malam, ini salah satu tempat para bule kumpul sambil dengerin live music katanya. Very nice.

Menanti… sebentar lagi matahari turun

Ada apa di kota labuan bajo

Look how gorgeous it is omg!

Oh satu lagi tempat yang harus gue mention. Ini adalah spot makan WAJIB di Labuan Bajo. Yes, wajib. Kalau ke Bajo ya harus makan disini. Namanya ialah Kampung Ujung.

Ada belasan warung makan seafood berjejer di pinggir pantai dan menawarkan aneka seafood segar langsung dari laut. Pilih, masak sesuai pesanan, hajar. Enakkk lohhh, apalagi sambel nya. Mbak-mbak nya jago nyambel semua. Kita dua kali makan disini dan sama sekali nggak kecewa. We loved it! Selain menu seafood, menu ayam goreng lalapannya juga juara. MUST ORDER.

Di sebrang tempat makan ini ada satu swalayan yang dari luar biasa aja, tapi setelah masuk isinya lengkap banget! Gak usah takut ketinggalan barang saat liburan kesini karena swalayan ini jualan apapun yang kita butuhkan. Dari es krim sampe ukulele dan papan catur, semua ada. Gue harus tulis tentang swalayan ini karena takjub aja betapa lengkapnya isinya. Ha!

Gue juga nyobain JALAN KAKI kesana sini, enggak melulu pake motor sewaan. Lumayaannnn karena jalanannya banyak yang berbukit-bukit. Itung-itung bakar kalori dari banyaknya makanan yang gue telen di Labuan Bajo. At some point, gue dan suami sempet ambil jalan pintas dari daerah airport jalan kaki masuk masuk ke perumahan warga, naik turun tangga kecil dan ternyata tembus ke jalan utama. Prestasi tersendiri untuk kaki kita! Tapi jangan takut kalo malas jalan atau nyewa motor, ada juga ojek dan angkot di sini. 

And one more, kita nyempetin masuk Gereja disini. Bertepatan dengan hari Minggu, gue dan suami pun ibadah di gereja lokal. Walau mayoritas Muslim, di Labuan Bajo ada gereja yang cukup besar dan ada di jalan yang mudah di temuin juga. Selalu menyenangkan pergi ke Gereja di tempat baru. Afterall, walau lagi liburan, always remember to go to Church!

Next of course kita berdua berangkat Live on Board ke Kepulauan Komodo! It’s super fun, dan ceritanya menyusul di blog. Mangkanya di follow ya blog nya pakai email (scroll kebawah). Hehehehe✌🏼

Some photos dari Kepulauan Komodo:

Okay guys, tinggalin komen nya dibawah ya, kalau ada yang mau di komen-in atau ditanya. Yang belum follow blog gue, please follow my blog via email ya guys. I love writing and hopefully you love reading.

SILAHKAH FOLLOW MY BLOG sekarang. Thanks Guys 

It's easy!

write your email here.

Finding a place with good sunset is like finding gold   – olivelatuputty.com/blog – @shiningliv

12 comments to Bisa Ngapain Aja di Kota Labuan Bajo

  • rizkaedmanda  says:

    labuan bajo salah satu wishlist aku nih

    • Olive  says:

      hi Rizka.. makasi udan mampir blog aku.. iya nih sama kemaren masuk wishlist aku mangkanya seneng banget bisa finally kesana..hope soon for u yaa

  • laras  says:

    olive aku mau kesini tahun depan akan aku catet yah semua tempat yang kamu kunjungi suka banget jagan berentu menulis ya olive

    • Olive  says:

      yess!!please do… thanks for reading Laras.. I appreciate it. have fun di Bajo ya…

  • agus ismail  says:

    Mbak,foto2nya cantik2 dan cekatan sekali milih tempat yg mesti di kunjungi. I love Labuan Bajo..

    • Olive  says:

      halo Agus, thanks so much for your kind comment.. yes Labuan Bajo is love lovable isn’t it?

  • rahmawati s  says:

    mbak, masi nyimpen konrtak nomor travelnya nggak?

    • Olive  says:

      halo Rahmawati.. thanks for reading.. aku coba cek suamiku ya.. i will email u once i get it:)

  • rita  says:

    foto-fotonya bagus banget ya liv keren

    • Olive  says:

      thank u so much Rite.. emang tempat nya cantik banget…

  • Fitri  says:

    Goals bisa ke komodo sama psangan sayangnya saya masih sendiri kak doain ya bisa kr komodo sama pasangan juga kayak kk

    • Olive  says:

      amin.. ke Komodo rame2 juga pasti seru banget kok:) but yes hopefully soon bisa kesana sama pasangan ya Fitri:)

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.