OMAH KAYU Batu Malang, the Original Tree House

omahkayu1

Seneng banget deh bisa ke Batu Malang lagi, ngunjungin mertua sekaligus liburan bentar. Nah mumpung lagi disini, gue sengaja mampir ke satu tempat yang sempet muncul di instagram banyak orang,

namanya: Omah Kayu Batu Malang.

Tempat ini tadinya gue pikir cuma kayak satu pondok kecil untuk ngaso di tengah hutan. Bener gue pikir cuma satu pondok aja. Ternyata begitu sampe sana, pondoknya ada banyak, sekitar 6 atau 7 buah, dan semuanya bisa dipake untuk menginap. Yang bikin menarik, semua pondok yang ada disini berbentuk rumah pohon yang super original, kayak yang biasa dibangun bapak-bapak orang bule untuk anak mereka di belakang rumah. And in this case, ‘belakang rumah’nya ialah pepohonan lebat di atas gunung.

I heard about this place many times and see it in many people’s instagrams. Now is my chance to visit and see it live. Omah Kayu, is a tree house Inn consists of 6 small original tree houses located at the top of Mount Banyak – Batu Malang East Java.

Jalan kaki masuk wilayah Omah Kayu, pendatang yang nggak nginep dan niatnya cuma untuk duduk-duduk dan foto aja (kayak gue) 😀 , disuruh bayar 5 ribu doang per orang. Murah bener yah. Kata mereka, silahkan masuk, tapi kalau pondok lagi ada penyewanya (akan ada tulisannya di depan pondok) ya harap jangan diganggu. Kalau nggak ada penyewa, setiap pondok bebas untuk dipakai nongkrong sepuasnya  (bagian depan doang tapinya ya – pintu kamar tetap di kunci).  Gue perhatiin di setiap pondok ada peraturan tertulis tentang jumlah orang maksimal plus peringatan untuk nggak make telepon genggam kalo lagi hujan karena bisa jadi kesamber petir.

Though it’s basically an inn, it’s okay to enter even if you don’t have a plan to spend a night here. They are allowing people to just take photos or hang out for hours, and they charge only for less than a dollar per person. If  a tree house is booked, they will put a ‘no disturb’ sign at the entrance. There are several other signs found here, such as how many people maximum allowed at each tree house, and other safety warnings.

omahkayu2

Processed with VSCOcam with kk1 preset

omah kayu batu malang

omahkayu18

omahkayu10

omahkayu13

i can spend hours and hours here….

Siang ini Omah Kayu nggak gitu rame, thank goodness. Gue bisa bebas duduk sambil menikmati pemandangan kota Batu dari atas dengan udara cerah tanpa kabut. Gunung Panderman keliatan jelas di sebrang sana! Asli, seger banget deh rasanya mata dan pikiran. Belom ditambah angin sepoi-sepoi……..Ini memang tempat sempurna untuk ngelamun atau tidur siang.

Today Omah Kayu is not crowded. It’s a good news. I can choose my spot freely while enjoying the spectacular sight of Batu City. The sky is blue and clear. I can see Panderman Maountain right in front of me. I close my eyes and I can feel the wind softly blowing against my cheek. Hm. I can get used to this.

Diliat dari pondasinya, kayaknya sih rumah kayu disini cukup kokoh sehingga nggak perlu parno bakal roboh atau jatuh. Rasanya lumayan jejeg dan cukup aman kok. Ada sih satu dua kayu yang agak goyang dikit… jadi ya musti hati-hati aja. Memang tempat ini kalau menurut gue bukan untuk kunjungan keluarga sama anak kecil ya, soalnya jalan masuknya juga agak naik turun dan ada bagian curamnya. Tempat ini lebih pas untuk orang dewasa yang lagi mau ngabisin waktu sama teman atau berduaan sama pasangan ataauuu paling pas untuk menyendiri cari inspirasi.

This place does not offer plenty of space but it’s enough for a few people to hang out. It’s more perfect for just two adults in my opinion. I seriously don’t suggest  family with kids to be here cause the path is uneven so people can slip – and some woods at the tree house are wobbly, though I believe the basic construction itself is quite solid.

omahkayu5

omahkayu6

omahkayu7

this is me, enjoying me time at Omah Kayu.

omahkayu8

omahkayu9

Btw gue sempet ngintip nih ke dalam kamarnya. Dalemnya sangat minimalis, cuma kasur plus beberapa perangkat kecil. Hm, ini sih untuk diinepin nanggung banget kalau menurut gue. Plus kebayang aja kalau malam anginnya pasti kenceng dan dinginnya bisa ampun-ampunan, walaupun pemandangan pasti oke. Gue denger semalem nginep sini harganya Rp.350 ribu. Tadinya gue sempet tuh ada niatan untuk bobo semalam dua malam sini, tapi karena pas liat sendiri agak kurang meyakinkan kenyamanannya – suami pun nggak setuju, jadinya batal deh. Lagian rumah kita 15 menit doang dari sini, gaya banget pake nginep-nginep segala. 😀

They charge USD35 per night to stay here. At noon this place is pleasant, but I am not convinced that it will be as cozy at night – judging by the room size, the cold wind, the facility, etc. So me and hubby decide not to book it.

omahkayu11

omahkayu12

omahkayu14

ini interior – exteror Omah Kayu

omahkayu15

pertanyaan banyak orang tiap liat foto ini: “nggak takut jatoh, Liv?”

omahkayu16

omahkayu17

Gue dan suami pulang setelah ngabisin beberapa jam disini. Tapiiii, malemnya kita balik lagi dengan agenda berbeda yaitu ngeliat pemandangan dari posisi persis di sebelah wilayah Omah Kayu, yaitu di puncak Gunung Banyak. Malem-malem, dingin-dingin, peluk-pelukan, dan menikmati kota Batu Malang dari atas – versi malam cerah berbintang. Oya, satu lagi: malem ini pas lagi ada fenomena “Bintang Betlehem” – dimana ada dua planet (Venus dan Jupiter) yang mengalami konjungsi, dekat banget, sehingga tampak sebagai satu bintang besar yang bersinar terang di angkasa. Oh my, ini CANTIK BANGET! ASLI.

We decide to go home and return at night to a slightly different spot – right next to Omah Kayu. Check out the view from up here, guys! Isn’t it great? Love it!

omahkayu19

FOLLOW blog ini yuk!

tinggal tulis alamat email...it's super easy and it's FREE

Udah pernah kesini? atau mau kesini? komentarnya tinggalin di bawah ya guys//for comments,please leave them below.. thank u everyone!:)

 

Some things can only be understood when you’re up in a tree house -olivelatuputty.com/blog -@shiningliv

 

 

 

 

 

4 comments to OMAH KAYU Batu Malang, the Original Tree House

  • jessica  says:

    punya no contact pengelolanya kah mba?

    • Olive  says:

      hi thanks for reading.. sayangnya aku gak punya nomor pengelolanya:( waktu kesana emang niat nongkrong aja bukan nginep.. jadi nomornya nggak aku simpan.. sori belom bisa bantu ya… anyway, have fun in BATU Malang!

  • raka  says:

    bagus juga malang yak

    • Olive  says:

      iya dong…wajib ke Malang:)

Post Your Comment