Icip Kuliner Malaka, di MALAKA

Katanya makanan di Malaka – Malaysia tuh banyak yang enak. Karena itu gue berusaha makan sana sini selama berada di Malaka untuk membuktikan kebenarannya, walau pas gue dateng banyak banget restoran yang tutup akibat bertepatan dengan Hari Raya Imlek. Sedapetnya deh, asal enak!

Here we go:

#CHICKEN RICE BALLS

Chicken Rice Balls atau Bola-bola nasi ayam ini adalah makanan khas di Melaka. Belum ke Melaka kalau belum makan yang satu ini, katanya. 

Alkisah, 60 tahun yang lalu, hiduplah sepasang suami istri di Malaka dalam kesederhanaan. Sang suami yang adalah nelayan, pergi mencari ikan sampai ke lautan Indonesia lalu tertangkap karena melanggar wilayah, dan kemudian dipenjara di Indonesia.

Sang istri kesulitan menghidupi anak-anak mereka dan mulai membuat nasi ayam Hainan dan menjualnya di pelabuhan. Karena langganan makin banyak, dia mulai mencari cara untuk menjual nasi ayam-nya dengan cara yang lebih ringkas tapi menguntungkan. Maka timbul ide untuk membuat bola-bola nasi agar lebih gampang di bawa dan dijual.

Lahirlah the famous Chicken Rice Balls. 

Keluarga penerus suami istri ini masih menjual Chicken Rice Balls sampai sekarang. Sudah banyak saingan tapi. Rasa semua bisa diadu. Waktu disana kemaren gue dan suami juga mencoba di 2 kedai yang berbeda. Yang satu menjual bola-bola nasi lebih kecil, yang satu lagi lebih besar. Sama-sama enak.

Icip kuliner malaka

#AYAM TANDOORI PAK PUTRA

Dengar-dengar Ayam Tandoori yang terletak di Jalan Laksamana ini adalah yang ter-enak se Malaka. So, me and my husband (yang adalah pecinta ayam Tandori), mampir kesini untuk nyobain bener atau nggak-nya.

Begitu sampai, waduh, RAME nya minta ampun. 

Tapi walau rame, pelayanan tetap cepat dan sangat ramah. Kita pastinya memesan ayam tandoori dan salah satu menu lain yang katanya enak, yaitu roti NAAN, plus Manggo Lassi dan seporsi Chicken Wings. Sambil menunggu, gue nongkrongin cara mereka membuat roti dan ayamnya – dengan cara sangat tradisional. Seru ngeliat nya.

Makanan yang datang di meja sama sekali tidak mengecewakan. Ayam nya enak banget!!! Cheese Naan-nya apalagi. Mango lassi sangat segar dan Chicken Wings datang dalam porsi besar. SATISFYING dan highly recommended.

Pantesan rame….

#MAMEE HOUSE

Pada dasarnya ini one stop shop untuk produk Mamee – produk makanan ringan yang salah satunya berupa mie instan, yang sudah merajai Malaysia sejak tahun 80-an. Di Mamee House ini ada berbagai hiburan, salah satunya kita bisa membuat mie instan ala kita sendiri.

Sudah pasti ada restoran disini, dan selalu ramai pengunjung. Gue penasaran untuk mencoba si Mie Goreng Mamee ini dan memesan Mie Goreng Lemak – nasi lemak ala Malaysia biasa, tapi nasi nya diganti dengan Mie Goreng Mamee.

Sayangnya, orang Indonesia macam gue dan suami gak akan mempan dikasih mie instan apapun karena nggak akan ada yang lebih enak dari indomie goreng biasa🤣. Mie instan merk lain jatohnya ya salah aja gitu… Tapi kita makan makanan lain di menunya yang ternyata cukup oke, good enough to be mentioned here.

#JONKER 88

Tempat ini disebut “Museum Cafe” karena pemilik nya punya banyak koleksi barang-barang yang dipamerkan didalam kedai.

Dari koleksi uang lama sampai batu-batuan dan poster. Unik! 

Jonker 88 terletak di Jalan Jonker, jalan paling terkenal di Melaka, tempat spesialis untuk wisata kuliner. Tempat ini sering masuk TV karena ngetop banget. Salah satu menu andalannya adalah CENDOL DURIAN yang katanya seger banget karena menggunakan Gula Malaka.

Waktu gue kesini, cendol durian langsung dipesan, ditemenin semangkok JUMBO BABA LAKSA. Beneran yang datang porsinya jumbo, gede banget! Tapi uenak loh. Wajib coba.

#MILLE CREPE AT NADEJE

Nadeje adalah nama sebuah Cake House di Malaka yang super ngetop. Katanya sih dessert disini enak-enak banget sampe warga lokal rela antri untuk beli. Salah satu dessert yang paling disukai ialah Mille Crepe-nya, kue khas Perancis yang berlapis-lapis gitu. Lapis legit versi Prancis kali ya.. tapi jauh lebih ringan dengan pilihan rasa yang sangat variatif. “Heaven on earth” sedapnya kalau kata orang. 

Gue pastinya kesini juga dong.. nyobain Mille Crepenya yang emang delicious! Nah karena gue ngerayain ulang tahun pas waktu travel ke Malaka, jadi sekalian beli kue ulang tahun disini.

#BIKINI TOPPINGS

Tempat ini menjual khusus homemade ice cream, dengan es krim kelapa sebagai jagoannya. Waktu kita kesini, pas lagi panas-panas nya di luar jadi nikmat banget pas es krim sama air kelapa kita datang ke meja dan diseruput. Aaaahhhhh…. yummmyy

#STREET FOOD

Seperti gue mention di awal, Malaka memang terkenal dengan makanan – apalagi kalau lagi jalan malam di Jonker Street Night Market. Itu street food-nya berlimpah segala jenis. Segala bentuk sate, seafood, dessert, cemilan, makanan tradisional, kue, minuman. Lengkap! Hati-hati kesini karena gak kerasa beli ini beli itu, lama-lama udah keluarin duit beli banyak banget hehehe

Note:

#Selain makanan diatas kalian bisa icip kuliner Malaka lain seperti Asam Pedas, Sate Celup, Masakan Baba Nyonya, Puff Durian dan Pineapple Tart. (Will write about these last dishes on the next chapter ya…)

Happy Eating and Enjoy Malaka!

#Komentar kalian ditunggu dibawah ya guys! Dan untuk bisa dapetin cerita dan info travel gue lainnya langsung ke inbox email kalian, SILAHKAH FOLLOW MY BLOG sekarang. Thanks Guys 

It's easy!

write your email here.

#Watch video in Malaka here


My forever kuliner buddy

Icip kuliner malaka

Imagine your stomach thanking you for yet another new flavor -olivelatuputty.com/blog -@shiningliv

 

 

Tags:  , ,

12 comments to Icip Kuliner Malaka, di MALAKA

  • aryo E  says:

    belom pernah terpikir jalan kemari [adahal sangat dekat dari indonesia ya

    • Olive  says:

      thank u for reading ya Aryo… nah bisa lain kali kesini ya…

  • pramuditya arianto  says:

    sama nasi hainam biasanya sama atau tidak liv

    • Olive  says:

      mirip tapi nggak sama:) thanks for reading!

  • Anonymous  says:

    ih jadi iri lah kemaren cuma sempat singgah ke Terminal Melaka Sentral doang krn kehabisan duit jadinya pulang ke Indo

    • Olive  says:

      wahh smoga next time ada rejeki banyak jadi bisa balik lagi and muterin Malaka ya:)

  • EGI  says:

    Kak mau tanya di melaka kalau hanya 1 hari 1 malam apakah cukup ya dan boleh dibantu kak itinerarynyab kemana saja baiknya ya Kak?

    • Olive  says:

      halo EGI… kalo emang waktunya cuma segitu ya bias di cukup cukupin.. tapi kalo ada lebih ya minimal 2 hari lah biar santai.. itinerary bias lewat email ya:)

  • Frederick Johannes  says:

    My mouth is salivating :9

    • Olive  says:

      nah kan berarti jadi next destination nih brother hehehe

  • Anonymous  says:

    Terakhir saya ke melacca juga makan chicken rice balls kak

    • Olive  says:

      haiii… thanks for reading! iya nih emang unik ya… must try di Melaka

Post Your Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.