Yummy Durian di Singapore

Do u like the stinky fruit, Durian? I do!

Hari ini di Singapore mau makan durian! Dan menurut gue, satu-satunya tempat terbaik untuk menikmati durian di Singapore pastilah di Geylang. Gampang banget cara untuk bisa ke Geylang, tinggal naik MRT dan turun di ‘Aljuneid Station’ –jalur yang warna hijau, satu jalur dengan airport-, lalu jalan kaki 20 menit untuk bisa sampai ke tempat jual duriannya.

Geylang sendiri terbagi atas lorong-lorong yang genap dan ganjil, dan cukup membingungkan sehingga sangat riskan untuk nyasar disini. Satu hal saja yang harus diketahui, Geylang menyimpan sisi gelap Singapore karena merupakan tempat ‘red light district’ atau tempat prostitusi resmi di negara ini. Kalau malam, Geylang akan menjadi 10 kali lebih ramai dari siang hari. Kedai-kedai makanan dan karaoke akan dikunjungi begitu banyak tamu dan kita bakal ketemu dengan para ‘penghuni’ Geylang yaitu mbak-mbak penjaja seks di setiap tikungan lorong-lorong Geylang, terutama lorong genap (2,4,6,…) – katanya sih lorong ganjil bukan tempat prostitusi. Tapi menurut gue lorong ganjil genap sama aja, mereka tersebar dimana-mana. Tiap lorong biasanya ada khasnya. Lorong khusus WTS Cina, lorong khusus WTS India, lorong khusus WTS Thailand, dll.

The thing is, diluar kehancuran moral yang ada, Geylang menawarkan beberapa hal menarik. Pertama, hotel-hotelnya yang terdaftar paling murah di Singapore. Kalau membuka situs-situs yang menawarkan hotel seperti asiarooms.com atau hotels.com, hotel-hotel di Geylang pasti lah yang paling terjangkau, sekitar 40-70 Singapore dollar semalam (Rp. 300 – 600 ribuan permalam); jauh lebih murah ketimbang hotel-hotel lain di Singapore yang minimal 800 ribu- 1 jutaan semalam. Bagi yang cuek sama keadaan sekitar, tinggal di Geylang bisa menjadi pilihan murah meriah, toh seharian jalan-jalan diluar hotel juga. Kedua, makanan yang ditawarkan di Geylang enak-enak banget. Seafood dan Chinese Food nya bisa diadu. Ketiga, kembali ke topik semula, durian paling enak di Singapore adanya disini.

Begitu sampai di tempat durian di Geylang, (ada dua pilihan – ‘Durian Center’ di seberang Lorong 7, dan ‘Wonderful Durian’ di lorong 17) kita tinggal memilih durian mana yang kita mau. Harga sudah terpampang, dan mereka akan memilihkan durian terbaik. Tempat duduknya banyak, jadi tinggal duduk manis saja, menunggu disiapkan. Kalau jelek atau tidak enak, tinggal tukar. Yang menyenangkan, ada banyak pilihan duriannya. Dari yang paling terkenal jenis “Mao Shan Wang”, sampai jenis “Sultan”, jenis “XO” (pahit biasanya), jenis Montong, jenis D11, dan beberapa jenis lainnya. Pengalaman berkali-kali kesana, selalu dapat durian super enak!! Harganya berkisar 8-20 Sing$ per kilogram, dan jam buka 17.00 sampai subuh. Bulan Juni-Agustus (sekarang bulan Juli 2012) adalah musim terbaik untuk penjualan durian di Singapore, tapi tersedia sepanjang tahun kok di Geylang. Kapan aja dateng pasti ada.

Kalau males ke Geylang karena reputasi lokasinya, bisa coba makan durian di daerah Bugis (Queen Street), China Town (didepan People’s Park), atau ke Balestier Road (didepan Tua Pek Kong Temple). Tapi menurut gue, durian di Geylang tetap yang paling oke. Ada info lain nggak, tentang makan durian di Singapore? Tinggalin komentar di bawah ya… thank u:)

Oya, kalau suka sama blog ini, FOLLOW SEKARANG yuk!

write your email and you will get ALOT of info about Singapore and many more! It's super easy and it's FREE

 

i admit, i am a fruit person. olivelatuputty.com @shiningliv

Tags:  ,

4 comments to Yummy Durian di Singapore

  • Elisabeth  says:

    Wahhhh durian mah buah surga….
    …..di india ada ga ya….???

    • Olive  says:

      haha…ada mustinya….nanti cari ya di sana!:)

  • ine  says:

    Good info…..craving for durian right now!!!!!!!

    • Olive  says:

      hahahaha kan ada di sana yang frozen…

Post Your Comment