Sea Games 2015, live from Singapore

seagames

Tumben nih gue nge post sesuatu yang masih anget banget. Ditulis hanya beberapa hari setelah pulang. Biasanya butuh waktu lama karena males nulisss :D…abisnya kalo nggak ditulis sekarang keburu basi! Jadi gini ceritanya…gue dan suami kemaren pergi Singapore karena ada keperluan, dan pas Singapore-nya lagi jadi tuan rumah SEA GAMES 2015 yang ke 28. Pas karena kita berdua are sport junkies. Langsung deh atur jadwal nyempetin nonton beberapa pertandingan yang ada. Pastinya nyari cabang olahraga yang kita suka ya, dan yang lagi bertanding musti tim Indonesia. Yakalii kita nyorakin tim Timor Leste atao Myanmar.

BASKET putri, Indonesia VS Vietnam

Ini penting nih, soalnya tim basket kita biasanya yang dibelain dan diomongin cuma tim cowok-nya doang karena mereka tinggi-tinggi dan beberapa ada yang ganteng. Sementara tim cewek-nya sering terlupakan.

seagames2

Nah, manajer tim cewek basket ini kebetulan adalah teman gue. Di grup watts-app dia udah ngingetin berkali-kali untuk dukung timnas basket kita. Pas banget nih, jadwal gue pas kosong di pertandingan yang satu ini.

Temen gue kirim pesen: ‘wah, beruntung kaliannnn! gue ada tiket gratis nganggur dua biji buat kalian berdua! ayo dateng, gue tunggu jam 12 di OCBC Arena, keluar Stadium MRT ya…’

seagames3

hubby, me, and Augie, the Indonesian basketball team’s manager

Makasih banyak Gi! Kita berdua girang banget dapet tiket gratisan dan emang niat mau nyorakin timnas basket putri kita. Kapan lagi ya kan? Dari gedung gor yang cukup gede, pendukung Indonesia cuma seuprit di pojokan. Paling nggak nyampe 20 orang, itupun sebagian besar atlet basket ASPAC yang sengaja dateng. Krik krik.. tapi gapapa, kita harus tetap semangat! Pertandingan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan termasuk Indonesia Raya, dan gue pun merinding disko… oh my, nyaris nangis. Emang cengeng parah nih. Tapi aura pertandingan berasa banget soalnya, untuk bela negara pula. Terharu rasanya. Semangat TIM INDONESIA!!!!!!!

seagames5

seagames4

seagames14

seagames6

timeout!

seagames7

the dancers

seagames8

the coach

seagames9

ini pemain Vietnam nomor 0 jantan abes!!!!

seagames10

my snapshot with NILA, the Mascot!

seagames11

Nggak sia-sia dukungan kita, karena kita menang loh: 71:26;  Ternyata pemain basket putri kita walau 75% bentuknya mini-mini, tapi mainnya cukup meyakinkan! so proud of them

Hasil Akhir: Kita dapet PERAK! bangga banget! Terakhir basket putri kita dapet perak Sea Games ialah di tahun 1991, yang artinya udah 24 tahun yang lalu. This is the time to shine!

seagames12

seagames13

pose with the SILVER MEDAL! congrats team! this photo sent by Augie

SEPAKBOLA, Indonesia vs Singapore

Ini pertandingan yang paling ditunggu-tunggu sama supporter Indo karena kita kan lagi di sanksi sama FIFA dan tim U23 ini adalah satu-satunya yang dapat ijin bertanding dari FIFA. Untuk tim tuan rumah Singapore ini pertandingan yang penting karena mereka harus menang untuk lolos ke Semi Final. Dari awal kita udah pesimis abis… bukan sama timnas kita nya tapi sama kesempatan untuk dapetin tiket. Kan dijual Online ya semua tiket Sea Games.. tapi hari pertama penjualan langsung ada tulisan SOLD OUT untuk pertandingan yang satu ini. hiks.

Kisah epik perjuangan dapetin tiket.

Cerita ini walau singkat tapi sengaja gue kasih judul khusus karena gila banget perjuangan kita untuk bisa dapetin tiketnya. Jadi sebelum kita tau bahwa tiketnya Sold Out, suami gue udah usaha kanan kiri ke semua temen-temennya yang adalah para pemain timnasnya sendiri, dokter timnas, dan beberapa orang dalem menpora – yang nota bene biasanya selalu dapet jatah lebih tiket pertandingan. Tapi jawaban nya serupa semua: ‘wah untuk yang kali ini nggak dapet man, susah nih, di ambilin orang kedutaan plus katanya emang untuk suporter Indonesia cuma dikasih tempat dikit.. tapi akan kita coba kroscek lagi yaa…’ (Ada harapan tapi belum pasti)

Begitu tau tiketnya sold out sejak dari awal, kitapun ke lokasi pertandingan di Stadion Jalan Besar Singapore untuk cari loket manualnya. Kita dateng siang sementara loket baru buka jam6 sore dan menurut satpam yang ada disitu, kalo di online sudah sold out, berarti di loketpun soldout. Ga ada bedanya. (Harapan tipis)

seagames15

Jam 6 sore TENG kita udah nongkrong di depan loket, -niat gillaaa-, dan bener kata si satpam, tiket habis bis bis. Temen-temen yang usahain tiket pun belum ada kabar baik. Maka kita pun coba cari calo. Kata si satpam, di Singapore nyaris nggak ada calo, tapi kadang orang Indonesia ada yang nekad jadi calo. Katanya: ‘mereka biasa nongkrong di pojokan sambil ngerokok dan celingukan’. (Ada harapan, tapi tergantung Mr. Calo)

Dua jam berlalu…. setengah jam lagi pertandingan dimulai, dan NGGAK ADA penampakan calo! huaaaaaaa! Padahal kita udah bikin eye contact sama beberapa mas-mas yang kita pikir calo, tapi ternyata mereka sesama orang Indonesia yang juga lagi sama-sama cari calo. Kita pikir dia calo, mungkin dia pikir kita calo juga. Hahahhaa. Kita liat semua supporter Singapore udah dateng berbondong-bondong menuhin Stadion, dan musik didalam stadion udah heboh banget. Kita cuma bisa ngeliatin dari luar sambil gigit jari. Sedih pol.

Kita mulai tanya si satpam. Ini pake bahasa Inggris ya: ‘Mas, gimana kek bantuin kita bisa masuk… bisa nggak.. gimana aja deh mas caranya….nonton dari pinggiran deh nggak perlu duduk…’ *kedip kedip mata* tapi cara ini biasanya hanya berhasil di Indonesia. Di luar negri kita malah dipelototin atau dianggap becandaan yang lucu. Si satpam yang satu ini ngakak. (nggak ada harapan)

10 menit lagi pertandingan mau mulai, kita mulai keki. Karena jelas banget keliatan dari luar kalo stadionnya NGGAK FULL. Banyak yang kosong kursinya. Ini Sold Out tapi kok banyak yang kosong? Kita buka hape dan nyalain youtube karena disiarin live via youtube. Di layar keliatan masih banyak kursi kosong, plus hanya sedikit keliatan supporter Indonesia. Isi stadion 90% supporter Singapore, which is wajar, karena mereka tuan rumah. Hujan mulai turun cukup deras, dan supporter Indonesia di luar stadion mulai tambah banyak, semua mengeluh karena nggak bisa dapet tiket dan semua mulai mikir untuk manjat pohon dan nonton dari atas pohon aja – kalo di Indo sih bisa.. kalo di Singapore ya paling dipenjara 3 bulan. Hahahaha. (Harapan mulai sirna total)

Di tempat kita berdiri ada mbak-mbak orang Indonesia, dari bentuknya kayaknya seorang TKW, mulai ngeluarin ipad, dan muter youtube live, dan naro ipadnya di satu meja deket situ. Orang-orang mulai kumpul dan nonton rame-rame di layar mini ipad-nya si mbak. Kita berdua juga ikut nonton. Ini ironis banget karena stadion-nya persis di sebelah kita. Kita bisa denger ributnya, liat lampunya, rasain cipratan ujannya, tapi nonton pake layar kecil. Temen-temen yang janji mau kasih kabarpun semua datang dengan kabar buruk. Emang nggak ada tiket ekstra. Dan pertandingan pun dimulai. Prittttt. (Harapan selesai).

seagames16

Sambil pada nonton ipad dan ngedumel kenapa masih ada banyak kursi kosong didalam, tiba-tiba gue di colek si satpam yang tadi, dan dia bilang: ‘Itu, loketnya buka lagi, mereka ngejual 50 tiket ekstra! Sekarang! Buruan!’ (Harapan tiba-tiba balik 100%)

Suami gue langsung gerak cepat bersama si Mbak dan beberapa orang Indo lain ke loket. Si satpam baik banget deh, kita jadi yang pertama ngantri dan kita pun dapet tiket esktra seharga SGD 11. WOOHHOOOO! Di tengah ujan, kita jalan ke pintu masuk. Mereka nanya: ‘Supporter Indo apa Singapore?’. Ternyata pintu masuknya beda, dan ternyata emang supporter Indo cuma dapet jatah satu petak tempat duduk doang di pojok kanan belakang stadion. Waktu kita lagi sibuk nanya arah, si mbak yang tadi tiba-tiba jerit-jerit karena tiket yang dia pegang di copet orang!!!!!! Kasian banget deh, dia panik dan bingung dan nangis. Kita sempet ketahan bentar nggak jadi masuk karena mau nolongin dia tapi nggak tau caranya karena loket udah tutup lagi.

Si mbak panik dan lari kearah loket, dan kita pun akhirnya bisa masuk ke dalam stadion. Kasian si mbak tadi. Tapi ya mau gimana lagi coba? Begitu mau masuk, kita ditahan, dan mereka bilang kursinya udah FULL, nggak bisa duduk lagi. Whaaaattt? Mereka bilang yang masih kosong adalah arena grand stand (ini adalah area yang pake atap, nggak kena ujan, tapi tiketnya lebih mahal atau khusus undangan, dan untuk kasus kali ini, khusus untuk supporter Singapore). Karena bukan salah kita, panitia dengan baik hati nganter kita berdua ke wilayah grand stand, dan ngijinin kita duduk di antara supporter Singapore, tanpa keujanan. AH, Puji Tuhan. Walau sudah 25 menit berlalu, kita akhirnya bisa masuk juga, duduk nyaman di grand stand sambil makan es krim dan nonton pertandingan live, plus akhirnya kita menang 0-1 lawan tuan rumah!!!!

seagames17

this is the TICKET, that is so hard to get!

seagames19

seagames18

seagames20

me, amongst the SG crowd

seagames21

yes, supporter Indonesia ternyata cuma dapet jatah sekotak ini aja diantara stadion yang gede.

seagames22

Waktu Indonesia cetak goal kita agak kagok untuk teriak kesenengan karena ratusan orang sekeliling semua adalah supporter lawan. Pas lawan dapat kartu merah juga kita agak awkward mau nyorakin, takut di rajam massa. HA! and btw, Begitu pertandingan selesai, gue dan suami sempet ketemu lagi dan tos-tosan sama satpam yang tadi 🙂 he’s a good guy.

seagames23

seagames24

full time. 0-1

seagames25

seagames28

ini yang perlu banget di apresiasi dari tim Singapore – pas tau mereka kalah dan nggak lanjut ke Semi Final, pemainnya tetap di lapangan dan keliling sambil tepuk tangan, bilang terimakasih ke semua supporter Singapore – yang juga tetap di tempat dan ngga berenti kasih tepuk tangan dan nyanyi buat tim mereka…. this is so great to watch!

Hasil Akhir: Agak menyedihkan, karena besokannya di Semi Final kita dibantai Thailand 5-0 dan dalam usaha memperebutkan perunggu kita juga dibantai Vietnam 5-0. HIKS. Pulang tanpa medali.

TENNIS, Indonesia vs Thailand

Satu lagi cabang olahraga yang gue incar ialah tennis. Dan kebetulan bisa dapet kesempatan liat tennis Semi Final ganda campuran Indonesia. Dapet gratis lagi tiketnya. Jadi di tengah hujan nih (Singapore memang lagi sering hujan di bulan Juni ini), gue niat jalan kaki dari Stadium MRT ke Kallang Tennis Center, tempat pertandinganya digelar. Begitu sampai, gue di kasih tag berwarna kuning dan dikasih kabar buruk. ‘Pertandingan akan dimulai pas hujan berenti’ katanya. Gue liat di langit masih menduuuungggg banget dan hujan masih turun. Hm.

seagames26

seagames27

waiting…waiting…

seagames29

crew berbaju biru ngeringin lapangan….work hard…

Gue duduk manis kurang lebih satu jam setengah menunggu pertandingan dimulai. Hujan berenti, dan anak-anak pengering lantai mulai keluar mengeringkan lapangan sampai kering banget. Dan guess what.. 5 menit kemudian hujan lagi! 🙁 Gue pun menyerah. Capek nunggu. Mending shopping kali ya, secara Singapore lagi GREAT SALE di seluruh penjuru kota. 50-70% discounts all over town. Belakangan gue baru tau kalo ujan memang nggak berenti sampai malam, dan pertandingannya diundur ke besok sorenya.

Hasil Akhir:  Tim Indo kalah lawan Thailand 2-0 di pertandingan yang tadinya mau gue tonton. Tapi mereka pulang tetap bawa medali perunggu karena menang lawan pasangan Thailand lainnya.

Pertandingan lain yang gue pengen liat ialah renang dan gymnastik, tapi semuanya sudah Sold Out di online. Jadi cukuplah pengalaman hadir di Sea Games 2015 ini.  Sukses terus untuk atlet-atlet Indonesia. Smoga di Sea Games 2 tahun mendatang bisa lebih baik dari peringkat 5. Salam Olahraga! 😀

seagames30

please leave your comments below ya guys.. and don’t forget to subscribe:) thank u:)

 

 

You owe it to yourself to be the best you can possible be, in SPORT and in lifeolivelatuputty.com – @shiningliv

Subscribe to Blog via Email

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

4 comments to Sea Games 2015, live from Singapore

  • Elisabeth  says:

    Wahhhh thank you ut laporan Sea Gamesnya kereeen sis !!! You are the real journalist !! I am waiting for the next report heheheh…bless you !!

    • Olive  says:

      hahahha thanks for reading non! Laporan berikutnya menyusul ya… maunya sih segera live report dari New Delhi! hehehe

  • Jenni Sirait  says:

    Hahaha!! Lucu bgt Kak critanya.. seruuu..

    • Olive  says:

      @jenni heheheh iya Jenn… emang seru kisah berburu tiketnya:D thanks for reading dear:*

Post Your Comment