menginap di rumah kapal, Amsterdam

boathouse1

Katanya, belum sah jalan- jalan ke Amsterdam kalau belum tidur di rumah kapal atau houseboat / boathouse. Amsterdam sendiri dikenal sebagai ‘Venice of the North’ karena banyak kanal lengkap dengan rumah-rumah kapalnya yang variatif. Nah, gue dapet cerita dari orang lokal kalo tadinya rumah kapal ada karena orang-orang nggak sanggup rental apartemen yang mahal di Amsterdam. Mereka mulai mengubah kapal mereka jadi tempat tinggal. Ada yang bisa gerak sana sini seperti layaknya kapal, tapi ada juga yang lokasinya paten – nggak pindah kemana-mana.

Mulai dari satu keluarga, dua keluarga, dan nambah terus sampai sekarang ada kurang lebih 2500 rumah kapal di perairan Amsterdam. Dan dari awalnya orang-orang mulai nggak tertarik ama rumah kapal sampai jadi ngetop banget dan bisa dibilang ikonik di Amsterdam. Malahan sekarang harga sewa rumah kapal untuk tempat tinggal permanen udah berubah jadi jauh lebih mahal dari apartemen di kota – karena orang beli prestige-nya dan beli sensasinya.

boathouse2

boathouse3

Sampe di Amsterdam, gue juga ngincer untuk nginep di salah satu hotel boathouse yang ada. Pas dapet yang harganya terjangkau, dan deket banget dari central station, stasiun kereta dan bus pusat di Amsterdam. BOOKED! Keluar dari central station, belok kiri, jalan lurus aja, ngelewatin starbucks, ketemu gedung besar hijau bernama NEMO (science center), terus belok kanan. 20 menitan jalan -lah kurang lebih. Itu langsung sampe wilayah dermaga yang banyak banget kapal biasa maupun rumah-rumah kapal. Nyari alamat kapal juga nggak susah kok, mereka ada kayak papan petunjuk gitu, jadi nggak perlu sampai nyasar segala.

boathouse4

boathouse6

boathouse5

menginap di rumah kapal amsterdam

Check in untuk menginap di rumah kapal amsterdam ini, gue langsung dianter untuk naro barang di kamar. Dari resepsionis turun tangga dan ketemu tuh kamar-kamar berukuran mini, karena emang kapalnya ukuran kecil. Ini kamar kecil amat yaaaaa pikir gue. Pantesan agak murah. Hahaha. Untuk sendiri sampe bedua cukup sih, kalau mau lebih dari berdua musti suit siapa yang kebagian tidur di koridor luar. haha. Di kamar ada jendela bulet ala kapal yang bisa dibuka. Pas gue coba buka, angin dingin langsung menyerbu masuk….brrrr…. tutup lagi ajah. Emang lagi dingin banget di Amsterdam nih. Untung ada fasillitas standar di kamar ini yaitu pemanas. Cuma nyetelnya musti ati-ati, supaya nggak terlalu panas, karena kamarnya kecil jadi nggak nyaman kalo over panasnya.

 

boathouse7

boathouse8

boathouse11

dining area – boathouse hotel

What do I think setelah menginap di rumah kapal Amsterdam?

Untuk nginep semalem dua malam, gue sih suka ya pengalaman tidur di hotel boathouse ini. Unik aja rasanya, pas ngintip di jendela sadar kalau kita lagi bobo di kapal. Fasilitas juga lumayan, ada air panas, ada makan pagi yang super lengkap, bisa titip koper, deket kemana-mana, dan yang paling gue suka nih…. Pemandangannya! Sambil ngopi di lobi pas breakfast bisa liat pemandangan spektakuler di luar kapal. Burung-burung camar berterbangan di atas air, bangunan-bangunan klasik di kejauhan, kapal-kapal lain berlewatan. CUANTIK buanget, asli!

boathouse10

morning VIEW from boathouse

menginap di rumah kapal amsterdam

this is me and the view

boathouse13

night lights around boathouse

boathouse14

me and pemandangan dari boathouse at breakfast

Thank you for the experience, boathouse!

please leave your comments and kindly subscribe to my blog, guys! thank you:)

 

enough with living on land. one must try a boat – olivelatuputty.com @shiningliv

 

6 comments to menginap di rumah kapal, Amsterdam

  • Frutablend  says:

    Itu pemandangan malam harinya ok banget,,

    • Olive  says:

      iyaa cantik banget memang.. thanks for stopping by at my blog!

  • riko panggabean  says:

    tahun depan saya ke belanda juga…nanti minta itinerary nya boleh ya olive

    • Olive  says:

      halo Riko.. thanks for reading// siap, nanti akan dibantu!

  • teddy roslim  says:

    Keren euy

    • Olive  says:

      thank u for reading Teddy

Post Your Comment