Rusun Cup 2015 – Dari Rusun untuk Sepak Bola Indonesia

rusuncup

Kalian tau nggak kalau di Jakarta sekarang lagi digelar RUSUN CUP 2015? Sebuah pertandingan olahraga sepakbola antar Rusun (RUMAH SUSUN) se Jakarta? Yap, ditengah kondisi sepak bola Indonesia yang bahasa korannya ‘sedang carut marut’, semangat dan cinta terhadap sepakbola di Indonesia nggak boleh dikubur, justru harus dibangkitkan.

Kalau sebuah kompetisi sepakbola digelar untuk orang dewasa, rasanya terlalu mainstream. Kompetisi untuk anak-anak kecil lebih mainstream lagi. Jadi paling pas kalau digelar untuk usia ‘terlupakan di Indonesia’ yaitu U-16. Anak remaja usia tanggung 14-16 tahun ini secara kenyataan adalah usia yang paling jarang dibina di Indonesia. Biasanya kalau banyak uang dan super niat, mereka akan bergabung di SSB. Tapi kalau mereka adalah anak rusun di Jakarta? Ya paling mentok jadi fans sebuah klub sepak bola tertentu, dan nggak heran ketika ada yang terjaring polisi karena ikut pengrusakan waktu 2 klub besar bertanding di GBK beberapa waktu lalu.

rusun

suasana salah satu babak penyisihan di Lapangan Taman Sari Jakarta Barat

Anak- anak yang dari hati memang cinta sepak bola ini harus diberi wadah untuk mengapresiasi diri! Apalagi kalau mereka punya bakat untuk bermain bola. Mereka harus dikasih kesempatan! A chance to prove themselves. Sometimes that one chance is the only thing they need.

Dari situlah lahir RUSUN CUP 2015. Ada 18 Rusun di Jakarta yang menyatakan bersedia ikut. Jangan bayangin Rusun sebagai Apartemen subsidi yang tetap dihuni orang-orang bermobil ya. Rusun yang dilibatkan adalah benar-benar Rusunawa yang ditempati penduduk miskin di Jakarta. Ahok, Gubernur DKI Jakarta plus Jajaran Pemda DKI mendukung penuh. Uni Papua, sebuah yayasan sepak bola non profit juga turun tangan dengan mengirim orang-orang terbaiknya. Footballicious, sebuah EO Sport dan Promotor olahraga di Jakarta yang juga penggagas acara ini terlibat penuh mengurus semuanya, dibantu oleh EO Adamantis. GrabBike, sebuah perusahaan transportasi bersedia menjadi sponsor utama. Dan gue? Gue berpartisipasi kecil dengan jadi MC press con acara ini beberapa waktu lalu. Senang bisa terlibat acara positif seperti ini di Jakarta.

rusun

rusun

this is me with Ibu Kiki from GrabBike (left) and Ibu Ika, Kepala Dinas Perumahan DKI Jakarta (right) at the presscon

rusun

interview with Bepe (left) and the whole team/panitia posing together (right)

rusun

Pak Gubernur, hadir di acara pembukaan – (all 6 photos by Footballicious)

Kenapa ini positif?

-Ya karena baru sekarang event sejenis ini digelar.

-Kebayang kan, anak-anak ini rentan banget menjadi preman,pemakai narkoba, atau perusuh di Jakarta. Kalau energi mereka dialihkan ke olahraga, maka kualitas hidup mereka bisa lebih baik.

-Untuk Rusun Cup 2015, anak-anak ini bukan cuma disuruh kompetisi. Tapi sebelumnya mereka dilatih taktik dan cara bermain yang baik, dikasih kesempatan untuk show off bakat pribadi, dan dikasih pendidikan karakter atau ‘character building workshop’ untuk mengisi otak mereka dengan hal-hal positif tentang bagaimana menjadi anak muda yang kreatif, berguna, punya daya juang, punya mental juara, mental sukses dan berani bermimpi besar.

Hadiahnya apa Liv? Banyak yang kasih pertanyaan itu kalau gue cerita tentang Rusun Cup. Hm, nggak main-main nih, siapapun tim yang juara akan dikirim beberapa hari untuk bertanding melawan tim sepakbola junior di salah satu negara yang terkenal dengan sepakbolanya di Eropa. Ini gue yakin untuk 99% bahkan 100% anak-anak ini akan jadi pengalaman pertama keluar negri yang tak terlupakan. Hey, ternyata olahraga dan prestasi bisa bawa gue berkompetisi ke luar negri ya? Much better than doing nothing at home right?

rusun

rusun

Suasana salah satu babak penyisihan di Pondok Bambu

Selain itu, siapapun dari anak Rusun ini yang terpilih sebagai MVP (most valuable player), akan disekolahkan dengan beasiswa penuh plus transportasi pulang pergi oleh GrabBike – dengan catatan: harus mempertahankan prestasi baik di sekolah. Wah, bagus banget itu!

Waktu presscon, gue sempet ngobrol sama Mas Bepe, ikon sepak bola Indonesia, yang ikut hadir dan jadi salah satu nara sumber. Salah satu tujuan terbesar dari anak-anak ini yang harus penting dicapai menurut dia ialah menjadi pemain sepakbola (entah itu akhirnya hanya menjadi hobi atau profesional) yang CERDAS. Pendidikan akan selalu ditekankan menjadi yang nomor satu. Pemain sepak bola Indonesia tuh harus pintar, soalnya di lapangan bukan cuma kejar dan tendang bola tapi harus ada juga taktik dan akal, yang hanya bisa diimplementasikan sempurna kalau si pemain terbiasa berfikir kritis alias pintar karena belajar di sekolah. Setuju!

rusun

Suasana salah satu babak penyisihan di Pondok Bambu

Terus ada ribet-ribetnya gitu nggak Liv? Seorang teman lain nanya. Oh ya banyak ribetnya: Ada orang tua yang minta uang dulu ke panitia dan kalau tidak dikasih tidak akan ijinkan anaknya bermain. Ada rusun yang dikuasi banyak preman sehingga mempersulit dengan ini dan itu yang tidak masuk akal. Dan masih seputar preman – ada panitia yang bahkan sukses dipalak beberapa kali ketika lagi mengurus acara ini di rusun tertentu. Eh tapi lebih baik kita fokus ke yang baik yah ketimbang kendalanya. Toh niatan acara ini juga baik. Kendala akan selalu ada akan selalu menjadi batu pijakan yang baik.

rusun

Suasana salah satu babak penyisihan di Cakung

Beberapa hari lagi Final Rusun Cup 2015 bakal digelar di Jakarta. (info lebih, cek twitter @jktfootballfest dan www.jakartafootballfestival.com) Mau datang? Boleh. Acaranya di GOR Sumantri Kuningan 8 November 2015. Siapa saja boleh hadir kok, termasuk gue. Nggak sabar memetik buah dari acara ini suatu hari nanti didepan sana. Mungkin nanti dari sini akan lahir the next Bepe, or maybe even the next Ronaldo. (ps: Nama-nama beberapa peserta ternyata ada yang sudah cukup mewakili mimpi dan cita-cita tinggi loh. Ada yang namanya Zola, Zidane dan Figo!)

Jangan kuatir, acara ini bukan sekali doang lalu hilang kok. Rencananya setiap tahun akan digelar jadi terus ada follow up rutin dibawah bendera “Jakata Football Festival”. Dinas perumahan juga sudah janji bakal membangun sarana olahraga yang memadai di setiap Rusun di Jakarta untuk anak-anak ini bisa terus bermain dan berlatih.

rusun

ini suasana seleksi di Rusun KarangAnyar

Salah satu cerita yang paling berkesan buat gue ketika seorang anak Rusunawa Karang Anyar mendekati seorang panitia seleksi:

“Saya boleh ikut nggak Kak seleksinya?.

“Boleh dong” jawab si Kakak.

“Tapi kaki saya bengkok satu kak. Lari saya agak pincang jadinya” tambahnya dengan wajah sedih.

Si Kakak terdiam sebentar. “Jangan kuatir, sepakbola kan permainan. Semua bisa ikut main termasuk kamu. Boleh tetap ikut seleksi selama masih punya kemauan. Kalau pun gagal toh yang penting sudah berani dan mau ikut mencoba dan ikut senang!”.

Anak itupun tersenyum lebar sambil menulis namanya di lembar pendaftaran.

I am so excited for this. I am supporting this. And hopefully you are too✌😀

Gimana pendapat kalian tentang RUSUN CUP? Penting nggak sih? Tulis komentarnya dibawah ya!

Oya, ada 2 giveaways untuk 2 orang pembaca blog ini yang beruntung. Gue akan kasih 2 Kaos Rusun Cup 2015. (giveaway berlaku sampai 8 November 2015).

Caranya gampang:

  1. Follow *Blog ini sekarang. Tinggal masukin email kalian dibawah ini:

    follow sekarang yah!

    it's super easy and it's free

  2. Habis follow, tunggu email konfirmasi di email kalian, dan klik “confirm follow” di email itu.
  3. Kalau sudah follow blog, Tinggalin comment di tulisan ini (paling bawah)
  4. Semoga beruntung!

*ini adalah blog pribadi yang didominasi tentang traveling, bukan blog tentang sepakbola. Tulisan ini adalah opini pribadi tentang acara ini

Giveaway CLOSED 08/11/15. Pemenang Kaos will receive a confirmation email from me. Thank u!

Photos update:

rusuncup

suasana perayaan kemenangan – FINAL Rusun Cup 2015

rusuncup

an opportunity – photo with Ahok!

rusun cup

me, my hubby and our dear friends – celebrating success of Rusun Cup by watching football together after the long day

 

Competition is a blessing. It’s a motivation to improve ourselves! – olivelatuputty.com/blog  – @shiningliv

Tags:  ,

14 comments to Rusun Cup 2015 – Dari Rusun untuk Sepak Bola Indonesia

  • Elisabeth Latuputty  says:

    Wawwww……….acaranya kereen. Proud of Indonesia people who still cares about other. Yeaaaaahhhhh……..!!!!

    • Olive  says:

      hei sis! thanks for supporting!:)

  • Erik ramaputra  says:

    Sebuah acara yang menarik terutama dengan dukungan orang no.1 di jakarta…terlepas dari kendala non-teknis berupa palakan preman, mari kita berharap sepakbola indonesia bisa maju di kaki mereka…semoga turnamen ini tidak menjadi ajang sok jago dan terpupuk semangat fair play…

    Sukses buat panita dan olive selaku MC

    • Olive  says:

      yes!, thanks so much untuk supportnya mas Erik! 🙂

  • irene  says:

    Ruar….biasa…go Rusun Cup 2015, mau kaos nya donk hehehehehe….kaos bola bukan? buat Joe and Zach ;O

    • Olive  says:

      YES!! makasi sudah comment Ne:) you are officially a candidate to possibly getting the t-shirt! hehehe

  • Sisco  says:

    Idea yg luar biasa! Harus disupport abis!

    • Olive  says:

      yes setuju kak:) thank u for reading kak Sisco!:)

  • matias  says:

    Acaranya luar biasa… salut untuk perhatian dari Bapak Gubernur terhadap kelangsungan acara ini.. ini menjadi awal yg bagus buat pembinaan usia dini sepakbola indonesia

    • Olive  says:

      setuju!!!:)

  • Yuni  says:

    rusun cup sangat bagus buat anak-anak tdk mampu apalagi bisa sampai ke eropa dn beasiswA

    • Olive  says:

      iya setuju! thanks for reading and follow Yuni:)

  • icha pasaribu  says:

    saya support acaranya!! Sukses Rusun Cup 2015!!

    • Olive  says:

      yes makasih Icha:)

Post Your Comment