Celebrating Songkran, PERANG AIR massal di Bangkok

Gue mendarat di Bangkok tanggal 15 April 2013, PAS banget hari terakhir Songkran. Tau nggak artinya apa? Artinya, waktunya untuk water festival alias pesta tembak-tembakan pake pistol air se-kota Bangkok! Cihuy!

Sebenarnya Songkran sendiri adalah perayaan Tahun Baru Thailand. Tapi cara merayakannya beda dengan yang lain. Songkran adalah satu-satunya perayaan Tahun Baru sebuah negara dengan cara yang paling gokil, yaitu PERANG AIR! Saling menyirami satu sama lain pake air, sebanyak-banyaknya, seharian penuh, dimanapun di setiap sudut kota. BASAAHHH!!

Sebenernya Songran bukan cuma dirayain di Thailand aja, tapi juga di Burma, Laos, Kamboja dan Yunnan Cina. Tradisi awalnya ialah menggunakan air sebagai ‘pembersih’ untuk masuk ke tahun yang baru. Air juga dulunya disiram dengan sopan ke satu sama lain sebagai lambang. Tapi seiringnya waktu, cara sopan udah mulai ditinggalin, dan yang ada sekarang ialah siram-siraman air dengan bebas, plus menoreh kapur putih di pipi orang lain.

Songkran biasanya dirayain 3 hari lamanya, tanggal 13-15 April. Tapi banyak wilayah yang merayakannya lebih dari 3 hari. Dan kata beberapa teman yang tinggal di Thailand, mereka sering kabur ke pantai untuk perang air di tepi pantai. Asik banget ya.

Di tengah perayaan Songkran, hampir TIDAK MUNGKIN nggak kena cipratan air kalau lagi di Bangkok, kecuali kita mengunci diri di rumah. Semua orang, tua muda, dari segala profesi, dimanapun, bakal bawah pistol air. Sebagian bahkan ada yang nangkring di pinggir jalan bawa ember penuh air dan menyirami siapapun yang lewat. Gue naik BTS (skytrain) dan di dalam BTS pun lantainya sampai becek berat karena semua yang keluar masuk dalam keadaan basah kuyup! Seru abis. Pokoknya kalau turis yang nggak tau ada Songkran, dan kebetulan ada di Bangkok pas Songkran, pasti SHOCK deh.

jualan pistol air sepanjang jalan…

water fight!

captured inside BTS, a doraemon water jug

Biasanya, orang Thailand asli nggak bakal nyirem air langsung ke muka. Rata-rata nyirem ke badan. Tapi kalau turis, mereka nggak perduli. Siremnya langsung ke muka!!! Dan pastinya kita nggak ada yang boleh protes. Harus terima aja disiremin sampai basah kuyup dan kedingingan. Kalau pistol air kita keabisan air, banyak yang kasih atau jual air di pinggir jalan untuk re-fill. Jangan lupa juga pake baju tipis, clana pendek, dan kacamata air. Tiga lokasi di Bangkok yang paling seru untuk perang air ialah di daerah Siam, Silom dan Khao Shan Road (pusat bakpackers).

kehebohan Songkran -at Silom Area Bangkok

Jujur ya, beneran gak puas nih cuma kebagian setengah hari doang di hari terakhir Songkran. Tahun depan musti kesini lagi untuk 3 hari penuh Songkran. Pemerintah Thailand sendiri menjadikan Songkran Festival sebagai hari libur nasional, jadi semua orang bisa bebas terlibat pesta.  Denger-denger Songkran paling terkenal di kota Chiang Mai karena airnya disemprot oleh gajah-gajah yang ikut keliling kota. Wow. Penasaran ya. Songkran di pinggir pantai di Phuket juga pasti seru. Tahun depan yuk!

 please leave your comments and kindly subscribe to my blog, guys! thank you:)

 

let’s be flexible with water! -olivelatuputty.com -@shiningliv

Tags:  ,

One comment to Celebrating Songkran, PERANG AIR massal di Bangkok

  • Ekprasong  says:

    Rental mobil toyota commuter + driver di kota bangkok atau pattaya, untuk info hubungi Mr Eko +66819250901 atau pin bb 7432ef44

Post Your Comment