A walk in the fish town, Volendam!

Every Indonesian will usually visit Volendam if they go to Holland. It’s a small town, thirty minutes away by bus from Amsterdam (bus number 116 or 118 from outside Central Station). As an Indonesian, of course I took time to visit as well. My first impression of this town was that it was really adorable. It looked like a fake town, like a setting in a movie or something. 😀 Luckily it’s winter, so it wasn’t nearly as busy as I’m sure it gets in the middle of summer.

Denger-denger sih hampir semua orang Indo yang ke Belanda pasti sempet-sempetin mampir ke kota ini. Volendam namanya. Karena pengen tau kenapa, gue sebagai orang Indo juga menyempatkan diri hadir ke Volendam. Dari Amsterdam deket banget, cuma setengah jam naik bus umum (yang nomor 116 atau 118, naiknya dari bagian belakang stasiun kereta pusat Amsterdam). Begitu sampai, kesan pertama langsung suka. Soalnya kotanya kayak kota bohongan, kayak kota buatan untuk tempat tinggal Barbie.Hehehe. Untung lagi musim dingin, jadi nggak terlalu rame seperti yang biasanya kata orang-orang.

volendam

welcome to VOLENDAM

First place to hang out here for me of course was the fish store. As a fishing town, Volendam is famous for the fish. Fresh delicious fish!! Me likeeeyyyyy!! I ordered a portion of raw fresh Herring Fish, served with pickles and chopped onion. YUM~~ and I added a portion of deep fried cod (kibbeling in Dutch Language) served with mayo for 9 euro. Super YUM!

Tempat pertama yang didatengin pastinya toko jual ikan. PENTING dan WAJIB. Kenapa? soalnya sebutan Volendam ialah kota ikan, jadi ikannya kudu dicoba ya kan. Apalagi gue pecinta ikan. Di Bandung yang jauh dari laut aja gue selalu cari ikan buat dimakan, apalagi disini. Gue mesen 1 porsi menu terfavorit yaitu ikan haring MENTAH ((ikan haring mentah tapi enak banggeettt!) yang disajiin sama acar dan bawang bombay, dan satu porsi ikan kod goreng disajiin sama mayo. Total Rp.115.000. Rasanya? JUARA umum! Enak banget. Kalau harganya agak lebih murah, mungkin gue udah borong plus bungkus kali.

volendam

RAW fish has never tasted this GOOD before

Next stop was the photo shop. It’s the place to rent traditional Dutch costumes and being taken a photograph of. Indonesians who have been to the Netherlands usually have a photo or more of a whole family dressed in traditional Dutch costumes. Well those photos are mostly taken here in Volendam. It’s famous for it. Out of so many photo shops, I just chose the first one I found. I recognized a photo of Ronaldo, the football star, and a photo of an Indonesian socialite Maya Rumantir on the walls. Hm. The owner dressed me up with the traditional clothing (by the way, the locals in Volendam sometimes still use this outfit on daily basis), complete with Tulips flower and wooden shoes, and took some photos of me. I had to pay 20 euro and she gave me a printed copy of the photo (10R size) – (there’s a choice for one big photo printed or two small ones). Yeay! I finally have one to hang on my wall. 😀

Perberhentian selanjutnya ialah kios foto. Kenapa? Karena, kalau kita ke rumah keluarga Indonesia yang sudah pernah ke Belanda, selalu aja ada foto keluarga pakai baju nasional Belanda, kan?. Nah, mereka biasanya foto di Volendam. Mumpung lagi disini, WAJIB dan PENTING juga berarti untuk difoto ya kan? Untuk Rp. 250.000, gue didandanin pake baju tradisional lengkap dengan bunga tulip dan sepatu kayu, dan difoto beberapa kali. Hasilnya langsung dicetak dan dikasih ke kita, tinggal pilih mau yang besar satu, atau kecil tapi dapet 2. Gue pilih yang 10R satu aja. Untuk info, ada beberapa foto orang Indonesia yang dipajang di kios foto yang gue datengin ini (salah satunya mbak Maya Rumantir). Pasti deh, orang Indo adalah salah satu klien terbanyak mereka. Moga-moga foto gue juga bisa kepajang disitu.. amin..HA!

a lady dressing a costumer

volendam

okay, this is an over excited face of mine

Next, I wandered the streets, and checked out the shops and restaurants near the harbour. Shopping for souvenirs can be done here. I asked for a map of the town, and it was given to me freely by one of the shops. The people were really friendly. I passed by the cute houses, the backstreet of the old town, and a few of the traditional Dutch bridges.

Selanjutnya gue jalan-jalan aja keliling kotanya yang emang nggak begitu besar. Masuk mall, nyebrangin jembatan-jembatan kunonya, ke pelabuhan pinggir laut, mampir toko-toko oleh-oleh, dll. Orang-orang disini sangat ramah! Gue dikasih peta gratis oleh salah satu toko supaya bisa maksimal mengenal Volendam. Sambil makan cemilan, jalan sana jalan sini.

Finally, I went to the windmill as my one last stop before going back to Amsterdam. It is located outside the town center and still reachable by foot. But it was a windy and drizzly day, so I preferred to take a bus to get there. The Dutch built the windmills for industrial purposes and there are about one thousand of them in the Netherlands. This one in Volendam is one of it, and it is quite big and pretty. Some photos of me with this most famous Dutch icon is a must. oh Windmill, smiiillleee ☺

Ada satu tempat terakhir yang WAJIB dan PENTING didatengin, hanya untuk kepentingan difoto karena norak, yaitu kincir anginnya. Kenapa? Ya karena kalau ke Belanda, yang ikonik kan kincir anginnya. Jadi musti ada snapshotnya ya kan. Di Belanda memang banyak kincir angin. Ada lebih dari seribu buah kincir angin tersebar di seluruh negara. Mumpung nemu satu nih di Volendam yang cukup besar dan bagus buat di foto, jadi gue bela-belain mampir sebelum cabut. Sayangnya waktu gue sampe, kincir anginnya lagi tutup. Tapi ya masih bisa foto di depannya. Detik-detik berikutnya, langit mulai gelap dan hujan rintik mulai makin deras, jadi saatnya gue untuk naik bis balik ke Amsterdam. Daahh Volendam!

me and the windmill

please leave your comments and kindly subscribe to my blog, guys! thank you:)

true confession: i will go wherever there’s fish. -olivelatuputty.com -@shiningliv

Post Your Comment